top-40-lakamola-anansio-2018

Pemkab Rote Ndao Raih Penghargaan Top 40 Inovasi Pelayanan Bublik

Setelah melalui beberapa proses seleksi yang transparan dan akuntabel akhirnya melalui Keputusan Menteri PANRB Nomor 636 Tahun 2018  ditetapkanlah  Pemerintah Daerah Kabupaten Rote Ndao sebagai penerima penghargaan Top 40 Inovasi Pelayanan Publik atas prestasinya terhadap inovasi di bidang Pertanian yaitu Gerakan Lakamola Anan Sio. Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla pada acara The International Public Service Forum 2018, yang berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta (7/11/2018).

Bupati Rote Ndao, Drs. Leonard Haning,MM pada kesempatan itu seusai menerima penghargaan Top 40 mengatakan, mengingat daerah kami adalah daerah tadah hujan, dalam satu tahun musim hujan hanya berlangsung selama tiga bulan, maka dengan kondisi seperti ini kami dari Pemda Rote Ndao melakukan terobosan dan melakukan berbagai inovasi dalam upaya mencukupi ketersediaan air yang berasal dari tadah hujan yang berlangsung cukup singkat tersebut untuk kebutuhan pengairan agar hasil panen tetap optimal.

“Inovasi yang kami lakukan yakni mengoptimalkan penggunaan air hujan tersebut dengan membuat embung untuk air hujan agar tidak mengalir ke laut, hingga sekarang ini sudah terbangun sejumlah 483 embung, jadi di setiap desa terdapat tiga atau 4 embung, kegunaannya untuk menampung air hujan tersebut dan nantinya akan dimanfaatkan untuk mengairi padi di sawah,” ucap Bupati.

Berkat kegigihan orang nomor satu di Rote Ndao ini maka angka kemiskinan menjadi lebih sedikit, angka pengangguran juga berkurang dan tingkat kesejahteraan masyarakat menjadi makin bertambah,” jelas bupati.

Di tempat yang sama Plt. Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Rote Ndao, Ir. Untung Harjito menyampaikan syukur kepada Yang Maha Kuasa atas penghargaan yang di berikan kepada masyarakat NTT pada umumnya dan Kabupaten Rote Ndao khususnya.

 “karna kami adalah terobosan bidang berkelanjutan pangan maka pangan itu harus cukup baik dari segi jumlah, mutu dan dapat terjangkau oleh masyarakat, oleh sebab itu keberlanjutan pangan harus di jaga.” ucap Untung Harjito

Hadir pula pada kesempatan tersebut untuk mendampingi Bupati Rote Ndao, Drs. Leonard Haning,MM dalam menerima penghargaan Top 40 adalah ibu Paulina Haning-Bullu,SE dan Stevanus M. Saek,SE,M.Si sebagai Bupati dan Wakil Bupati terpilih  Rote Ndao periode 2019-2024.

Untuk diketahui pula bahwa sebelumnya pada tanggal 19 September 2018 bertempat di Hotel Sangrila Surabaya, Pemkab Rote Ndao telah menerima Top 99 Inovasi Pelayanan Publik bidang Pertanian Gerakan Lakamola Anan Sio. Dan diharapkan nantinya Gerakan Lakamola Anan Sio  bisa masuk dalam penerimaan penghargaan Top 10. (sbn_rotendaokab.go.id)