bantuan-ukm-22-1

Bantuan kepada 25 Pelaku UMKM Kuliner Wujud Strategi PLN menggalakkan penggunaan kompor induksi

Strategi PT. Perusahaan Listrik Negara/PLN (Persero) menggalakkan penggunaan kompor induksi dalam rangka mendukung program Pemerintah Pusat yaitu konversi kompor elpiji ke induksi. Masyarakat beralih dari menggunakan kompor gas/elpiji atau kompor minyak tanah ke induksi listrik sebagai upaya mengurangi penggunaan energi berbasis impor serta meningkatkan produktifitas UMKM Kuliner untuk meningkatkan ekonomi masyarakat khususnya di Kabupaten Rote Ndao. Hal itu disampaikan Deri Prasetya Utomo selaku Manager PLN UP3 Kupang saat menyerahkan bantuan kompor induksi kepada 25 pelaku UMKM Kuliner dihadapan Bupati Rote Ndao Paulina Haning-Bulli,SE, didampingi Wakil Bupati Drs.Stefanus M. Saek,SE, M.Si, Sekretaris Daerah, Para asisten dan Para Kepala OPD Lingkup Pemda Kabupaten Rote Ndao, bertempat di Lantai 1 Kantor Bupati Rote Ndao, Senin (08/08/2022).

Lanjut Deri saat mensosialisasikan program ini, menyampaikan pengguna kompor induksi lebih aman karena memasak tanpa menggunakan api, serta memiliki banyak manfaat.

“Kompor induksi ini, lebih mudah, murah, dan juga keren dari pada kompor lainnya serta lebih kekinian. selain itu kompor induksi juga memiliki banyak manfaat dan praktis pemakaiannya, contohnya dari membersihkan saja dari kompor gas membersihkannya agar repot, ada hitam-hitamnya. Kalau kompor induksi sederhana, pertama tentunya matikan listriknya terlebih dahulu. Membersihkannya cukup dengan sabun saja atau mungkin bisa pakai handsanitizer, tisu basah bisa karenakan permukaannya kaca serta ibu-ibu dapat memasak dengan cantik“ jelas Deri.

Dalam sambutannya Bupati Paulina menyampaikan ucapan terimakasih atas bantuan dari PT. PLN (Persero) kepada Pelaku UMKM Kuliner di Rote Ndao serta mendukung Program PLN dalam menggalakan penggunaan Kompor Induksi di Masayarakat.

“Atas nama Pemerintah dan masyarakat Rote Ndao, saya mengucapkan terima kasih kepada PT. PLN (Persero) yang sudah memberikan bantuan kompor induksi kepada 25 pelaku UMKM Kuliner di Rote Ndao, semoga dapat digunakan dengan baik dan bermanfaat untuk mendorong peningkatan UMKM di Kabupaten Rote Ndao. semoga bukan hanya 25 tapi akan bertambah di kemudian hari” harap Bupati Paulina.

Lanjut Bupati Paulina, Pemkab Rote Ndao sangat mendukung sosialisasi yang dilakukan PLN (Persero) dalam penggunaan kompor induksi di masyarakat.

“Kami sangat mendukung program ini, Penggunaan Kompor induksi juga relevan dengan program pemerintah dalam menciptakan langit biru dimana mengurangi asap dan polusi udara. Memang butuh proses untuk membiasakan sesuatu yang baru dimasyarakat tapi saya percaya dengan sosialisasi yang baik dan manfaat yang dirasakan maka seiring dengan waktu masyarakat akan membiasakan diri dengan sesuatu yang baik dalam hidupnya. untuk itu harapan saya, PLN harus terus giat mensosialisasikan dengan baik hal ini sehingga informasi sampai ke masyarakat dengan tepat. Dengan begitu, memudahkan masyarakat untuk menyadari bahwa kompor induksi lebih murah dan efisien dalam menggunakan energi untuk keperluan masak.” tegas Bupati Paulina.

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan Sosialisasi Aplikasi PLN Mobile dan demo masak menggunakan kompor induksi. (Kom-DKISP)