WhatsApp Image 2022-11-27 at 17.21.37

Semarak HKN ke 58, Penghargaan Diberikan Untuk Sekolah dan Puskesmas Terbaik

Pemkab Rote Ndao memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 58 Tingkat Kabupaten Rote Ndao tahun ini dengan hikmat dan meriah, sabtu (26/11/22). Mengangkat tema “Bangkit Indonesiaku, Sehat Negeriku” puncak perayaannya diisi dengan rangkaian kegiatan Jalan Santai, Kampanye Kawasan Tanpa Rokok, Pemeriksaan Kesehatan Gratis, Lomba Senam 5 Langkah Cuci Tangan dan pembagian doorprize.

Bupati Rote Ndao Paulina Haning-Bullu, SE meniup lilin peringatan HKN dan memberikan penghargaan kepada sejumlah sekolah dan puskesmas terbaik dalam penerapan Kawasan Tanpa Rokok, capaian Universal Child Immunization (UCI) dan Sistem Kewaspadaan Dini Respon Terbaik tahun 2022. Bupati Paulina didampingi Asisten Pemerintahan dan Kesra Ir. Untung Harjito, Asisten Administrasi Umum Jermi Haning, Ph.D, Kepala Dinas Kesehatan dr. Nelly Feby Riwu dan pimpinan OPD lingkup Pemkab Rote Ndao.

Kegiatan Jalan Santai dimulai pukul 06.00 pagi, mengambil titik start di RSUD Ba’a melintasi rute Tutukarlain, Mokdale, Nusaklain dan finis di halaman Auditorium Ti’i Langga. Peserta Jalan Santai berasal dari RSUD Ba’a, Puskesmas se-kabupaten Rote Ndao dan perwakilan OPD. Peserta Jalan Santai membawa kantung plastik untuk diisikan sampah yang ditemukan sepanjang rute dan dikumpulkan pada truk sampah. Sampai di halaman Auditorium Ti’i Langga peserta melakukan senam sehat bersama.

 

Dipuncak acara, Bupati Paulina meniup lilin HUT ke 58 Hari Kesehatan Nasional yang dilanjutkan dengan pemotongan Kue Tumpeng usai menyampaikan arahan. Ia kembali menekankan peran bersama untuk menekan angka stunting di daerah ini.

“ Bagaimana kita bisa menekan angka stunting yang ada. Kami berterima kasih kepada para tenga kesehatan, RSUD, Dinas Kesehatan juga para kepala puskesmas. Harus lebih berperan lagi supaya angka stunting ini bisa kita turunkan dan seusai dengan permintaan dari Pak Gubernur bahwa harus diturunkan menjadi 10 persen,” ungkap Bupati Paulina.

Kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan doorprize kepada peserta yang telah memiliki kupon. Bupati Paulina menarik undian untuk 10 orang pertama penerima doorprize. Berurutan, ada 10 doorprize lagi yang disiapkan panitia yang penarikan undiannya dilakukan Asisten Pemerintahan dan Kesra Ir. Untung Harjito dan Asisten Administrasi Umum Jermi Haning,Ph.D. 10 doorprize berikutnya penarikan undian oleh Kabag Organisasi Paul Ngilu dan Sekretaris Kebudayaan dan Pariwisata Bertha Bessie. Sedangkan 10 doorprize lainnya diundi masing-masing oleh Kepala Puskesmas Ba’a dan Feapopi.

Bupati Paulina juga memberikan Piagam Penghargaan kepada sekolah yang telah mengimplementasikan Peraturan Daerah Kabupaten Rote Ndao Nomor 11 tahun 2014 tentang Kawasan Tanpa Rokok. Masing-masing TK Paulus Busalangga, TK Darma Wanita Busalangga, TK Lelakapa Meoain, TK Petra Lidamanu, SD GMIT Ingguinak, PAUD Bethania Tunganamo, TK Imanuel Olafulihaa, SD Inpres Ufalen, TK Tongkat Harun Tesabela, PAUD Benih Bangsa, TK Patricia Pilasue, SMA Kristen Indonesia Sejahtera dan SD Negeri Baubafan.

Piagam Penghargaan juga diberikan kepada Puskesmas dengan capaian Universal Child Immunization (UCI) tertinggi periode januari sampai September 2022 yakni Puskesmas Korbafo, Puskesmas Feapopi, Puskesmas Ba’a, Puskesmas Delha, Puskesmas Ndao, Puskesmas Oele dan Puskesmas Busalangga.

Sementara untuk Puskesmas dengan Pelaporan Sistem Kewaspadaan Dini Respon Terbaik periode januari sampai oktober 2022, Piagam Penghargaan diberikan kepada Puskesmas Ba’a, Puskesmas Batutua, Puskesmas Busalangga, Puskesmas Delha dan Puskesmas Sotimori.

Acara meriah lain adalah Lomba Senam 5 Langkah Cuci Tangan yang diikuti sejumlah Puskesmas. Keluar sebagai juara Harapan 3 diraih tim senam RSUD Ba’a, juara Harapan 2 diraih tim senam Puskesmas Delha, harapan 1 oleh Puskesmas Sonimanu. Sementara juara 3 diraih oleh Puskesmas Ba’a, juara 2 Puskesmas Busalangga dan sebagai jawara 1 diraih oleh tim Puskesmas Batutua B.

Bersamaan dengan itu, diselenggarakan pula pemeriksaan kesehatan kepada peserta dan masyarakat umum. Pemeriksaan kesehatan meliputi cek gula darah, kolesterol dan vaksinasi Covid 19 yang dilakukan secara gratis.(Bidkom-DKISP)