Merah minimalis Selamat Hari Natal Instagram post (1)

Jadi Terbaik Ketiga di NTT, SPBE Rote Ndao Lampau Rerata Nasional

Pemerintah Kabupaten Rote Ndao kembali menorehkan prestasi ditingkat Provinsi, pasalnya Indeks Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik Rote Ndao pada tahun 2022 menembus angka 2.48 dari sebelumnya angka 1 pada tahun 2021. Hal ini menjadikan Rote Ndao sebagai kabupaten yang menempati urutan ketiga dalam urutan indeks SPBE terbaik yang ada di Provinsi NTT.Secara Nasional Indeks SPBE yang diraih oleh Kabupaten Rote Ndao ini melampaui rata-rata nasional yakni 2.35. Hasil SPBE ini diumumkan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi RI melalui website JDIH Menpanrb  dalam Kepmen Nomor 108 Tahun 2023 Tentang Hasil Pemantauan dan Evaluasi Sistem Pemerintah Daerah Tahun 2022 , Selasa (31/01).

Berdasarkan Laporan Hasil Pemantauan yang telah direlease oleh Kemenpanrb RI ini terdapat 47 Indikator yang dinilai oleh pemerintah pusat. Berdasarkan indikator-indikator inilah maka indeks SPBE dapat dikeluarkan. Berdasarkan Indikator-indikator yang ada Kabupaten Rote Ndao memiliki nilai yang tinggi padaaspek Layanan publik dengan indeks 3.5 sedangkan aspek yang masih perlu dibenahi yakni aspek manajemen SPBE. Secara peningkatan pertumbuhan indeks SPBE, KabupatenRote Ndao menjadi kabupaten dengan pertumbuhan yang paling tinggi hingga angka 1.48.

Angka yang dicapai oleh Kabupaten Rote Ndao pada tahun ini juga melampaui rencana RPJMD daerah yang sebelumnya ditargetkan pada angka 1.5. Hal ini artinya hasil pantauan SPBE tahun 2022 melampau 0.98 angka yang ditargetkan oleh pemerintah daerah.

Kadis Kominfostatper Kabupaten Rote Ndao Paulwil Nggili menyatakan bersyukur dengan hasil baik yang telah di raih oleh Kabupaten Rote Ndao. Ia menuturkan bahwaaspek-aspek yang masih memiliki indeks yang rendah kedepannya akan di perbaiki menjadi lebih baik lagi. Ia pun menargetkan tahun 2023 ini indeks SPBE kabupaten Rote Ndaodapat menembus angka 3.00.

Untuk diketahui urut-urutan indeks SPBE terbaik di NTT pada urutan pertama ada Kabupaten Manggarai Barat dengan indeks SPBE 3.01, lalu disusul oleh Kabupaten TTS
yakni 2.61 dan urutan ketiga yakni Rote Ndao dengan urutan 2.48. (dkisp)