lahir pancasila23-1

Peringatan Harla Pancasila 2023, Bergotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global

Peringatan Hari Lahir Pancasila 01 Juni 1945, menjadi moment reflektif untuk terus meneguhkan komitmen dalam mendalami, menghayati dan mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai dasar bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Dengan tema Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global dan sub tema Dengan Semangat Ita Esa Kita Tingkatkan Gotong Royong membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global.

Bupati Rote Ndao Paulina Haning-Bullu,SE memimpin upacara peringatan Hari Lahir (Harla) Pancasila Tingkat Kabupaten Rote Ndao Tahun 2023 yang dipusatkan di lapangan upacara kantor Bupati Rote Ndao, kamis (01/06/23). Turut hadir Forkompimda Kabupaten Rote Ndao, Wakil Bupati Rote Ndao Stefanus M. Saek,SE,M.Si dan pimpinan perangkat daerah Pemkab Rote Ndao.

Bupati Paulina mengatakan jiwa besar para founding fathers Bersama para tokoh agama dan para pejuang kemerdekaan dari seluruh nusantara sehingga kita bisa membangun kesepakatan yang mempersatukan. Kodrat bangsa Indonesia adalah keberagaman. Dari Sabang sampai Merauke penuh dengan keberagaman termasuk di Rote Ndao.

“ Berbagai etnis, berbagai bahsa lokal, adat istiadat dan agama, kepercayaan serta golongan Bersatu membentuk Indoensia. Itulah Bhineka Tunggal Ika, kita Indoensia,” ungkap Bupati Paulina.

Dengan Pancasila, lanjut Bupati Paulina, Indonesia dapat menjadi rujukan masyarakat internasional untuk membangun kehidupan yang damai, adil dan Makmur ditengah kemajemukan dunia. Demikian pula bagi bangsa Indoensia yang dengan hidup rukun dan semangat gotong royong mampu memajukan negeri ini.

Untuk itu, pemahaman dan pengamalan Pancasila harus terus ditingkatkan. Ceramah keagamaan, materi Pendidikan, fokus pemberitaan dan perdebatan di media sosial harus menjadi bagian dalam pendalaman dan pengamalan Pancasila.

Dan sesuai dengan Tema Harla Pancasila Tahun 2023 Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global, Bupati Paulina mengajak semua pihak untuk bahu membahu membangun dan mewujudkan Indonesia dan Kabupaten Rote Ndao yang bertumbuh dan maju.

“ Saya mengajak kita semua yang hadir hari ini untuk menjadi contoh dan teladan dalam aktualisasi nilai-nilai Pancasila serta bergerak aktif untuk memperkokoh nilai-nilai Pancasila dalam mewujudkan cita-cita proklamasi kemerdekaan dan membangun masyarakat Rote Ndao yang bermartabat,” pinta Bupati Paulina.(Bidkom-DKISP)