IMG_4569

Pemprov NTT dan Kabupaten/Kota Rakor Penandatanganan NPHD Pemilukada 2024

Jelang Pemilihan Umum Tahun 2024, Pemerintah Provinsi NTT dan Kabupaten/Kota terus melakukan berbagai persiapan termasuk dari sisi regulasi dan anggaran. Dan menindaklanjuti Edaran Menteri Dalam Negeri tentang Percepatan Penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) Pendanaan Kegiatan Pemilukada Tahun 2024, maka Pemprov NTT menggelar Rapat Koordinasi Penandatanganan NPHD Pemilukada Tahun 2024 bersama Pemerintah Kabupaten/Kota dan instansi terkait.

Rakor dilakukan secara virtual diikuti oleh Penjabat (Pj) Gubernur NTT Ayodhia G.L. Kalake, S.H., M.D.C bersama para Bupati dan Penjabat Bupati se-NTT, Penjabat Walikota, Sekretaris Daerah, Badan Keuangan dan Aset, Badan Kesbang Linmas, KPU dan Bawaslu Kabupaten/Kota.

Wakil Bupati Rote Ndao Stefanus M. Saek,SE,M.Si hadir secara virtual bersama Sekretaris Daerah Drs. Jonas M.Selly,MM, pimpinan perangkat daerah Pemkab Rote Ndao serta KPU dan Bawaslu Kabupaten Rote Ndao, kamis (09/11/2023) siang.

Melalui rakor diketahui, Penandatanganan NPHD Pemilukada Tahun 2024 antara Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota se-NTT dan penyelenggara pemilu akan dilaksanakan serentak tanggal 15 November di Kupang.

Wakil Bupati Rote Ndao Stefanus M. Saek,SE,M.Si, Sekretaris Daerah Drs. Jonas M.Selly,MM, pimpinan perangkat daerah Pemkab Rote Ndao serta KPU dan Bawaslu Kabupaten Rote Ndao mengikuti Rapat Koordinasi Pemprov NTT dan Kabupaten/Kota se-NTT tentang Penandatanganan NPHD Pemilukada Tahun 2024, kamis (09/11/2023).
Wakil Bupati Rote Ndao Stefanus M. Saek,SE,M.Si, Sekretaris Daerah Drs. Jonas M. Selly,MM, pimpinan perangkat daerah Pemkab Rote Ndao serta KPU dan Bawaslu Kabupaten Rote Ndao mengikuti Rapat Koordinasi Pemprov NTT dan Kabupaten/Kota se-NTT tentang Penandatanganan NPHD Pemilukada Tahun 2024, kamis (09/11/2023).

Pj. Gubernur NTT Ayodhia G.L. Kalake menyampaikan apresiasi atas kehadiran para Bupati dan Penjabat Bupati se-NTT, Penjabat Walikota bersama jajaran serta instansi terkait dalam rakor ini. Rakor antara lain membahas terkait persiapan pelaksanaan pemilu dan pemilukada tahun 2024, khususnya Penandatanganan NPHD Pemilukada Tahun 2024.

Ia mengatakan, Pemilukada Serentak Tahun 2024 di 22 Kabupaten/Kota yang mencakup 315 Kecamatan dan 3.442 Desa/Kelurahan memerlukan kesiapan teknis infrastruktur sehigga pemilu dan pilkada dapat terselenggara dengan baik.

“ Intinya kita harus siap. Kami harapkan tentunya seluruh Kabupaten/Kota juga termasuk Pemprov NTT memperhatikan ini sehingga proses Pemilu dan Pemilukada dapat berjalan dengan baik, lancar dan sukses,” ungkapnya

“ Demikian pula harapan untuk kolaborasi antara pemerintah daerah Kabupaten/Kota dan KPU dan Bawaslu serta TNI dan Polri dalam menjaga stabilitas keamanan di wilayah masing-masing,” tambah Pj. Gubernur NTT Ayodhia G.L. Kalake.

Dikatakannya, pentingnya kesiapan dalam menjaga stabilitas di daerah demi terlaksananya pemilu dan pemilukada secara tertib, lancar, aman dan damai.*(Bidkom-DKISP RN)