rekor muri 02

Kabupaten Rote Ndao Pecahkan Rekor Dunia Upacara Bendera dengan Peserta Berkuda Berbusana Adat Terbanyak

Dimoment Hari Pahlawan Nasional ke 78 Tahun 2023, Pemerintah Kabupaten Rote Ndao berhasil memecahkan rekor dunia Upacara Bendera dengan Peserta Berkuda Mengenakan Busana Adat Terbanyak. Atas capaian ini, Pemkab Rote Ndao menerima Piagam Penghargaan yang diberikan Museum Rekor Indonesia (Muri), jumat (10/11/2023) di Lapangan Oeoko Desa Modosinal Kecamatan Rote Barat Laut Kabupaten Rote Ndao dalam upacara Peringatan Hari Pahlawan ke 78 Tahun 2023.

Piagam Muri ini diterima Wakil Bupati Rote Ndao Stefanus M. Saek,SE,M.Si, yang hadir bersama jajaran Pemkab Rote Ndao. Penyerahan Piagam Muri juga disaksikan Kapolres Rote Ndao AKBP Mardiono,S.ST,M.K.P bersama tokoh masyarakat, tokoh adat serta para peserta upacara. Kegiatan juga diikuti Para Penunggang Kuda Hus Lengkap dengan pakaian adat Rote

Wabup Stef saat menerima penghargaan tampak mengenakan jas tenun motif Rote Ndao serta mengenakan topi Ti’i Langga. Peserta upacara sontak memberikan aplaus saat Wabup Stef menerima secara langsung apresiasi yang diberikan Museum Rekor Indonesia ini kepada Pemkab Rote Ndao.

Piagam ini menjadi bukti Kabupaten Rote Ndao berhasil memecahkan Rekor Dunia Indonesia dengan kegiatan Upacara Bendera dengan Peserta Berkuda mengenakan Busana Adat Terbanyak.

Pemerintah Kabupaten Rote Ndao memeahkan rekor dunia Upacara Bendera dengan Peserta Berkuda menggunakan Busana Adat Terbanyak dan menerima Piagam dari Museum Rekor Indonesia (Muri) di moment Hari Pahlawan Nasional ke 78 Tahun 2023. Tampak pasukan berkuda mengenakan atribut lengkap, jumat (10/11/2023) di lapangan Oeoko Desa Modosinal Kecamatan Rote Barat Laut.
Pemerintah Kabupaten Rote Ndao memeahkan rekor dunia Upacara Bendera dengan Peserta Berkuda menggunakan Busana Adat Terbanyak dan menerima Piagam dari Museum Rekor Indonesia (Muri) di moment Hari Pahlawan Nasional ke 78 Tahun 2023. Tampak pasukan berkuda mengenakan atribut lengkap, jumat (10/11/2023) di lapangan Oeoko Desa Modosinal Kecamatan Rote Barat Laut.

Pasukan berkuda dari berbagai wilayah di Kabupaten Rote Ndao berkumpul dalam sebuah parade yang menakjubkan. Mereka mengenakan seragam yang khas, dilengkapi dengan peralatan berkuda yang menarik dan bernuasa adat Rote. Parade ini tidak hanya memukau karena jumlahnya yang fantastis, tetapi juga karena keindahan dan nilai kebudayaan yang ditampilkan.

Parade berkuda ini juga selain para peserta menampilkan keahlian dan keterampilan mereka dalam berkuda, juga menjadi wujud kebersamaan dan semangat persatuan yang tinggi yang mengikat warganya. Atraksi berkuda ini nampak memukau penonton yang hadir dan berhasil mendapatkan pengakuan resmi dari Museum Rekor Indonesia lewat pemberin Piagam Penghargaan.

Wabup Stef manyampaikan apresiasi dan terima kasih atas penghargaan yang diberikan Museum Rekor Indonesia kepada Kabupaten Rote Ndao. Wabup Stef menyatakan kebanggaannya terhadap pencapaian ini serta mengapresiasi semua pihak yang terlibat dan berkontribusi dalam kegiatan akbar ini.

Parade berkuda ini juga dilihat sebagai wujud kekayaan budaya dan tradisi daerah yang patut dilestarikan. Karena itu, keberhasilan mencetak rekor MURI ini menjadi prestasi bersama yang menjadi kebanggan tersendiri bagi Kabupaten Rote Ndao.

Pada kegiatan acara hiburan adat masyarakat terlihat Kapolres Rote Ndao turut ambil bagian dengan memeragakan tarian Foti dan Lendo sebagai bentuk penghargaan kepada leluhur masyarakat Kabupaten Rote Ndao dan para peserta yang hadir memeriahkan acara. *(Bidkom-DKISP RN)

IMG_4577

Peringatan Hari Pahlawan 2023, Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa

Hari ini segenap bangsa Indonesia memperingati Hari Pahlawan Nasional yang ke 78. Peringatan Hari Pahlawan Nasional Tingka Kabupaten Rote Ndao digelar dalam upacara pengibaran bendera di lapangan upacara kantor Bupati Rote Ndao, jumat (10/11/2023). Dandim 1627/Rote Ndao Kolonel Inf. Alber Inkiriwang bertindak selaku Inspektur Upacara.

Usai upacara pengibaran bendera, rangkaian peringatan Hari Pahlawan dilanjutkan dengan kegiatan Tabur Bunga di Dermaga Syahbandar Ba’a. Dihadiri Wakil Bupati Rote Ndao Stefanus M. Saek,SE,M.Si, Sekretaris Daerah Drs. Jonas M. Selly, MM, Forkompimda Kabupaten Rote Ndao, para Asisten dan pimpinan perangkat daerah Pemkab Rote Ndao.

Peringatan Hari Pahlawan kali ini juga mengangkat tema “ Semangat Pahlawan Untuk Masa Depan Bangsa Dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan “.

Dandim 1627/Rote Ndao Kolonel Inf. Alber Inkiriwang selaku Inspektur Upacara saat menyampaikan sambutan Menteri Sosial RI Dr. (H.C.) Ir. Tri Rismaharini, M.T dalam amanat inspektur upacara mengatakan Hari Pahlawan sebagai hari penuh Sejarah dan makna bagi kehidupan berbangsa dan bernegara.

Tema Hari Pahlawan, ungkapnya, diangkat melalui perenungan yang mendalam untuk menjawab ancaman penjajahan modern yang kian nyata. Hal ini mengingat posisi Indoensia sebagai pasar yang besar dengan sumber daya alam melimpah.

“ Inilah tantangan yang sesungguhnya bagi generasi penerus untuk mengelola kekayaan alam dan potensi penduduk Indonesia bagi kejayaan bangsa dan negara,” sebut Kolonel Inf. Alber Inkiriwang menyampaikan sambutan Menteri Sosial Tri Rismaharini.

Dandim 1627/Rote Ndao Kolonel Inf. Alber Inkiriwang selaku Inspektur Upacara Peringatan Hari Pahlawan Nasional ke 78 Tahun 2023 Tingkat Kabupaten Rote Ndao bersama Wakil Bupati Rote Ndao Stefanus M. Saek,SE,M.Si, Sekretaris Daerah Drs, Jonas M. Selly,MM dan Forkompimda Kabupaten Rote Ndao seusai upacara, jumat (10/11/2023).
Dandim 1627/Rote Ndao Kolonel Inf. Alber Inkiriwang selaku Inspektur Upacara Peringatan Hari Pahlawan Nasional ke 78 Tahun 2023 Tingkat Kabupaten Rote Ndao bersama Wakil Bupati Rote Ndao Stefanus M. Saek,SE,M.Si, Sekretaris Daerah Drs, Jonas M. Selly,MM dan Forkompimda Kabupaten Rote Ndao seusai upacara, jumat (10/11/2023).

Ancaman dan tantangan tersebut akan ditaklukan berbekal semangat yang dicontohkan oleh para pejuang 10 November 1945. Sebab para pahlawan bangsa yang telah mengajarkan tentang nilai-nilai perjuangan yang jika diikuti niscaya membawa jejak kemenangan.

Pahlawan adalah orang yang menonjol karena keberanian dan kebenarannya dalam membela kebenaran serta mengutamakan kepentingan bangsa dan negara diatas kepentingan pribadi atau kelompok. Sehingga sebesar apapun ancaman dan tantangan akan dihadapi bersama dengan tangan yang mengepal dan semangat yang menggelora.

“ Semangat yang berasal dari pahlawan bangsa tahun 1945, semangat yang membawa kita menolak kalah dan menyerah pada keadaan, menyatukan kita dalam upaya mewujudkan kehidupan kebangsaan yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur serta memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa untuk mewujudkan masa depan yang lebih baik,” ungkap Kolonel Inf. Alber Inkiriwang.

Karena itu, lanjutnya, lewat kebersamaan membangun usaha dan ekonomi kerakyatan yang akan menjadikan Indonesia tumbuh menjadi negara yang semakin maju dan Sejahtera.

“ Selamat Hari Pahlawan 2023. Marilah kita panjatkan Do’a bagi para pahlawan yang telah gugur mendahului kita,” tutup Kolonel Inf. Alber Inkiriwang.*(Bidkom-DKISP RN)