PMT

Pj. Bupati dan Forkompimda Meyerahkan PMT Kepada Penerima Di Tiga Desa/Kelurahan

Pemkab Rote Ndao membuka ruang komunikasi dan kerja sama dengan berbagai pihak yang ingin berkontribusi dalam mendukung pengentasan Stunting. Sektor swasta, salah satu yang turut terlibat dalam upaya bersama ini. Pasca penyerahan secara simbolis dukungan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) oleh PT. Sumber Alfaria Trijaya,Tbk (AlfaMart) Cabang Kupang kepada Pemkab Rote Ndao untuk anak stunting di Kelurahan Mokdale, Desa Oelunggu dan Desa Sanggaoen Kecamatan Lobalain, PMT tersebut mulai disalurkan.

Pj. Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, SH,MA,MH bersama Forkompimda Kabupaten Rote Ndao dan Sekretaris Daerah Kabupaten Rote Ndao Drs. Jonas M. Selly, MM hadir dan secara langsung menyerahkan 1.500 paket PMT dimaksud kepada penerima, sabtu (06/04/2024).

Penyerahan dimulai dari Desa Sanggaeoen, para orang tua yang anaknya beresiko stunting hadir bersama tenaga medis setempat dan menerima PMT yang diserahkan Pj. Bupati Oder Maks Sombu bersama Forkompimda Kabupaten Rote Ndao.

Pj. Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, SH,MA,MH bersama Sekretaris Daerah Kabupaten Rote Ndao Drs. Jonas M. Selly, MM dan Forkompimda Kabupaten Rote Ndao saat penyerahan PMT.
Pj. Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, SH,MA,MH bersama Sekretaris Daerah Kabupaten Rote Ndao Drs. Jonas M. Selly, MM dan Forkompimda Kabupaten Rote Ndao saat penyerahan PMT.

Selanjutnya, Pj. Bupati Oder Maks Sombu dan rombongan bertolak ke Kantor Kelurahan Mokdale. Di sana, Pj. Bupati Oder Maks Sombu bersama Forkompimda dan Sekda Jonas Selly bertemu dan kembali menyerahkan PMT kepada penerima. Penyerahan berikutnya dilakukan di Kantor Desa Oelunggu kepada penerima yang didampingi tenaga medis setempat. Paket PMT yang disalurkan berupa Telur, Susu, Biskuit.

Diacara penyerahan, Pj. Bupati Oder Maks Sombu menyampaikan sejumlah hal terkait komitmen pemerintah baik pusat dan daerah dalam pengentasan stunting. Ia mengatakan, Pemerintah Daerah bersama semua pihak termasuk dari sektor swasta bergandengan tangan dalam upaya penanggulangan stunting di Kabupaten Rote Ndao.

Kolaborasi ini dilakukan sebagai bagian dari komitmen bersama untuk meningkatkan kesehatan khususnya ibu dan anak untuk menyiapkan generasi emas tahun 2045. Pemerintah daerah, kata Pj. Bupati Oder Maks Sombu, akan terus memberikan edukasi agar PMT yang diberikan sampai ke mulut anak dan bermanfaat bagi anak.

“ Masalah stunting pada anak harus diurus sejak dini, terutama pada 1.000 HPK. Karena itu, kita berharap bahwa PMT yang diberikan benar-benar sampai pada mulut anak. Kita sama-sama berdoa agar 3 sampai 6 bulan ke depan, melalui intervensi seperti ini anak-anak bisa keluar dari masalah stunting,” ungkap Pj. Bupati Oder Maks Sombu.

Pj. Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, SH,MA,MH memberikan PMT Biskuit kepada salah satu anak berisiko stunting, dipelukan Sekretaris Daerah Kabupaten Rote Ndao Drs. Jonas M. Selly, MM.
Pj. Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, SH,MA,MH memberikan PMT Biskuit kepada seorang anak, dipelukan Sekretaris Daerah Kabupaten Rote Ndao Drs. Jonas M. Selly, MM.

Pemda Rote Ndao bersama Forkompimda, BUMN, BUMD, Swasta, NGO dan lainnya akan  terus berupaya untuk menyelesaikan permaslaahan stunting di Kabupaten Rote Ndao. Diharapkan penurunan angka stunting di Kabupaten Rote Ndao berada dibawah angka 14 % sebagaimana target yang ditetapkan secara nasional.

“ Kita berharap bahwa target yang ditetapkan oleh pemerintah pusat terkait penurunan angka stunting menjadi 14 %. Tapi kita bertekat dan punya niat bersama Forkompimda dan semua pihak agar angka stunting ini bisa turun dibawah 14 %. Kita bekerja kolaborasi, bersinergi dengan semua pihak, baik BUMN, BUMD, Swasta, NGO dan lainnya. Terima kasih Forkompimda yang sudah bersama-sama dengan kita. Tuhan memberkati kita semua,” tutup Pj. Bupati Oder Maks Sombu.*(Bidkom_DKISP Rote Ndao)

Mudik gratis

Pemkab Rote Ndao Sediakan Layanan Angkutan Lebaran Gratis Tahun 2024

Menjalani liburan panjang Lebaran tahun ini, arus mudik dan arus balik masyarakat dipastikan mengalami peningkatan cukup siginifikan. Karena itu, upaya menjamin kelancaran dan rasa nyaman mendukung arus mudik masyarakat, dilakukan Pemkab Rote Ndao dengan menyediakan Layanan Angkutan Mudik Gratis.

Pj. Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, SH,MA,MH, sabtu (06/04/2024) secara resmi melepas Layanan Angkutan Arus Mudik dan Arus Balik Lebaran Gratis dari Pasar Metina Kelurahan Metina Kecamatan Lobalain. Hadir bersama Pj. Bupati Oder Maks Sombu Forkompimda Kabupaten Rote Ndao, Sekretaris Daerah Kabupaten Rote Ndao Drs. Jonas M. Selly, MM, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Armis Saek,ST,  Kepala Dinas Perhubungan Elias Talomanafe, S.Pd dan pimpinan Perangkat Daerah Pemkab Rote Ndao.

Ceremonial peresmian dan pelepasan Layanan Angkutan Gratis ditandai pengguntingan pita oleh Pj. Bupati Oder Maks Sombu. Layanan mudik gratis ini didukung oleh 2 unit Bus yang disiapkan Pemkab Rote Ndao berkapasitas 19 orang yang akan melayani perjalanan mudik masyarakat.

Pj. Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, SH,MA,MH melakukan pengguntingan pita meresmikan Layanan Angkutan Lebaran Gratis Tahun 2024 di Terminal Metina Kelurahan Metina Kecamatan Lobalain, sabtu (06/04/2024).
Pj. Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, SH,MA,MH melakukan pengguntingan pita meresmikan Layanan Angkutan Lebaran Gratis Tahun 2024 di Terminal Metina Kelurahan Metina Kecamatan Lobalain, sabtu (06/04/2024).

Pj. Bupati Oder Maks Sombu menyampaikan layanan angkutan gratis ini sebagai wujud kepedulian pemerintah daerah terhadap kebutuhan masyarakat, terutama dalam menyambut hari raya dengan penuh sukacita. Ia berharap layanan ini dapat memberikan kesan tersendiri bagi masyarakat dalam menjalani mudik dengan nyaman dan lancar.

Pj. Bupati Oder Maks Sombu juga mengingatkan pentingnya keselamatan selama perjalanan mudik. Ia meminta peserta mudik untuk bersama-sama menjaga keselamatan di jalan raya, patuhi aturan lalu lintas dan peraturan yang berlaku demi keselamatan bersama. Layanan mudik gratis ini telah memperoleh respon positif dari masyarakat, yang akan melakukan mudik selama masa liburan kali ini.

Pj. Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, SH,MA,MH bersama Forkompimda Kabupaten Rote Ndao dan Sekretaris Daerah Drs. Jonas M. Selly, MM saat peremian Layanan Angkutan Lebaran Gratis Tahun 2024.
Pj. Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, SH,MA,MH bersama Forkompimda Kabupaten Rote Ndao dan Sekretaris Daerah Drs. Jonas M. Selly, MM saat peremian Layanan Angkutan Lebaran Gratis Tahun 2024.

Layanan Angkutan Lebaran Gratis akan melayani masyarakat dengan rute; Terminal Metina tujuan Pelabuhan Pantai Baru dan Terminal Metina tujuan Pelabuhan Papela Lecamatan Rote Timur pada tanggal 06 – 07 April 2024 dan 13 – 15 April 2024.

Berikut Rute, Jadwal dan Syarat Penggunaan Layanan Angkutan Lebaran Gratis:

  1. Rute dan Jadwal
  • Terminal Metina – Pelabuhan Pantai Baru dan sebaliknya (Kapal Fery), Kapasitas 19 Orang
  • Terminal Metina – Pelabuhan Papela dan sebaliknya (Bahari Express), Kapasitas 19 Orang.
  1. Syarat Calon Pengguna Jasa
  • Menyerahkan Foro Copy KTP
  • Mengisi Formulir Calon Penumpang
  • Tempat Pendaftaran di Terminal Metina, Pelabuhan Pantai Baru dan Pelabuhan Papela.

*(Bidkom_DKISP Rote Ndao)