Pacuan Kuda

Kejuaraan Pacuan Kuda Kapolres Cup I Ditutup, Pj. Bupati Rote Ndao: Berdampak Melestarikan Budaya dan UMKM

Kejuaaraan Pacuan Kuda Kapolres Rote Ndao Cup I Tahun 2024 resmi berakhir. Grand Final sekaligus Penutupan kejuaraan ini berlangsung di Lapangan Pacuan Kuda Olifa Mok Desa Tesabela Kecamatan Pantai Baru, minggu (10/06/2024). Penjabat Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, SH,MA,MH hadir bersama Forkompimda Kabupaten Rote Ndao dan menutup resmi kejuaraan yang diikuti 85 Kuda Pacu tersebut.

86 Kuda Pacu yang terlibat dalam kejuaraan terbagi dalam 6 kelas masing-masing Kelas A (11 Kuda Pacu), Kelas B (10 Kuda Pacu), Kelas C (20 Kuda Pacu), Kelas D (13 Kuda Pacu), Kelas E (21 Kuda Pacu) dan Kelas E.E (17 Kuda Pacu).

Kelas A dijuarai Kuda Pacu Mega Bintang, Kelas B dijuarai Kuda Pacu Vandame, Kelas C oleh Kuda Pacu Pegasus, Kelas D oleh Kuda Pacu Siomeda, Kelas E oleh Kuda Pacu Destrayer dan Kelas E.E dijuarai oleh Kuda Pacu Putra Djawara.

Pj. Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, SH,MA,MH dan Forkompimda bersama peserta Kejuaraan Pacuan Kuda Kapolres Cup I Tahun 2024 usai penyerahan hadiah
Pj. Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, SH,MA,MH dan Forkompimda bersama peserta Kejuaraan Pacuan Kuda Kapolres Cup I Tahun 2024 usai penyerahan hadiah

Para juara mendapat Piagam dan Uang Pembinaan sebesar Rp. 7.500.000 untuk Juara I, Rp. 5.000.000 untuk Juara II, Rp. 3.500.000 Juara III dan Rp. 2.000.000 untuk Juara IV.

Pj. Bupati Oder Maks Sombu menyampaikan apresiasi kepada Polres Rote Ndao dan Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (Pordasi) Kabupaten Rote Ndao atas diselenggarakannya Kejuaraan Pacuan Kuda Kapolres Cup I Tahun 2024 yang cukup bergengsi ini.

Apresiasi dan selamat juga disampaikannya kepada semua pesrta yang telah ambil bagian dalam kejuaraan kali ini. Ia menyampaikan selamat kepada para juara seraya memberikan motivasi kepada  yang belum menang agar tetap semangat dan lebih giat berlatih untuk kejuaraan yang akan datang.

Pj. Bupati Oder Maks Sombu mengatakan, Kejuaraan Pacuan Kuda Kapolres Cup I telah ikut andil dalam melestrikan nilai budaya daerah dan memberikn dampak lain pada perekonomian masyarakat karena ada keterlibatan UMKM selama kejuaraan ini digelar.

Peserta Pacuan Kuda Kapolres Rote Ndao Cup I Tahun 2024 saat beraksi.
Peserta Pacuan Kuda Kapolres Rote Ndao Cup I Tahun 2024 saat beraksi.

Sementara itu, Kapolres Rote Ndao menjelaskan, Kejuaraan Pacuan Kuda Kapolres Cup I Tahun 2024 ini diselenggarakan dalam rangka memeriahkan HUT Bhayangkara ke-78. Karena itu, Ia memberikan apresiasi dan terima kasih kepada Pemerintah Daerah yang telah mendukung penyelenggaraan kegiatan ini.

Apresiasi juga kepada juga kepada Pordasi Kabupaten Rote Ndao dan seluruh Panitia yang telah terlibat dalam mendukung kegiatan ini. Kapolres Mardiono mengamini dengan berlangsungnya pacuan kuda ini dapat melestarikan kebudayaan masyarakat dan mendukung UMKM. Ia juga menyampaikan selamat selamat kepada para pemenang dan memotivasi peserta yang kalah untuk terus semangat dan giat berlatih*(Bidkom_DKISP Rote Ndao/Prokopim)