Merdeka belajar

Ketika Kabupaten Rote Ndao Meraih Tiga Penghargaan Anugerah Merdeka Belajar 2024 Kemendikbudristek

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbusristek) menggelar Anugerah Merdeka Belajar Tahun 2024, bertempat di Plenary Hall Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jumat (05/07/2024) malam.  Sebuah penghargaan dan apresiasi yang diberikan kepada pemerintah daerah yang berkomitmen dan membuat aksi nyata dalam melakukan peningkatan kualitas pendidikan.

Menariknya, Kabupaten Rote Ndao berhasil meraih penghargaan pada 3 kategori dalam Anugerah Merdeka Belajar tahun 2024. Kabupaten Rote Ndao meraih penghargaan untuk kategori Transformasi Pembelajaran, Transformasi Pengelolaan Pendidikan dan Transformasi Anggaran Pendidikan.

Penghargaan diterima Sekretaris Daerah Kabupaten Rote Ndao Drs. Jonas M. Selly, MM didampingi Kepala dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (PKO) Yosep Pandie, S.Pd. Momen Anugerah Merdeka Belajar ini, berbagai capaian implementasi gerakan Merdeka Belajar oleh Pemerintah Daerah di seluruh Indonesia mendapatkan pengakuan dan apresiasi.

Sekretaris Daerah Kabupaten Rote Ndao Drs. Jonas M. Selly, MM menerima Penghargaan 3 Kategori Anugerah Merdeka Belajar Tahun 2024 dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbusristek).
Sekretaris Daerah Kabupaten Rote Ndao Drs. Jonas M. Selly, MM saat menerima Penghargaan 3 Kategori Anugerah Merdeka Belajar Tahun 2024 dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbusristek). (foto:Youtube Kemendikbudristek).

Balai Penjamin Mutu Pendidikan (BPMP) Kemendikbudristek Provinsi NTT memberikan selamat, apresiasi dan bangga atas capaian tersebut. Koordinator Wilayah V BPMP Provinsi NTT Wahid Aman mengatakan, lewat prestasi membanggakan ini, perhatian kian tertuju kepada Pemda Rote Ndao.

“ Sukses buat Pemda Kabupaten Rote Ndao, khususnya Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga yang menerima 3 Kategori penghargaan dari Kemdikbudristek. Atas prestasi ini, semua masyarakat Rote Ndao dan masyarakat NTT tentu menaruh perhatian kepada Pemda Rote Ndao atas 3 kategori penghargaan yang cukup membanggakan ini,” ungkapnya.

BPMP Provinsi NTT, katanya, menaruh rasa bangga dan terima kasih kepada Penjabat Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, SH,MA,MH, Sekretaris Daerah Drs. Jonas M. Selly, MM, Kepala Dinas PKO Yosep Pandie,S.Pd dan semua elemen di Kabupaten Rote Ndao, lewat kerja sama yang terbangun secara baik selama ini guna meningkatkan mutu pendidikan di Bumi Ita Esa, Negeri terselatan NKRI.

“ Kami BPMP NTT bangga dan berterimakasih atas kerjasama yangg kita bangun selama ini guna meningkatkan mutu pendididkan di bumi Ita Esa, Negeri terselatan NKRI. Terimakasih kepada Bapak Pj. Bupati, Bapak Sekda, Bapak Kadis PKO dan seluruh elemen se-Kabupaten Rote Ndao yangg telah bekerjasama dalam mendukung program pendididkan khusunya di Kabupaten Rote Ndao,” ungkap Koordinator Wilayah V BPMP Provinsi NTT Wahid Aman.

BMPM NTT, jelas Wahid Aman, terus mendukung Pemda Rote Ndao dan berharap agar prestasi yang diraih terus dipertahankan dan ditingkatkan di waktu yang akan datang.

Sekretaris Daerah Jonas M. Selly bersama Kepala Dinas PKO Yosep Pandie disela kegiatan Malam Anugerah Merdeka Belajar Thun 2024 yang diselenggarakan di Plenary Hall Jakarta Convention Center (JCC) Senayan-Jakarta.
Sekretaris Daerah Jonas M. Selly bersama Kepala Dinas PKO Yosep Pandie disela kegiatan Malam Anugerah Merdeka Belajar Thun 2024 yang diselenggarakan di Plenary Hall JCC Senayan-Jakarta.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Jonas M. Selly dimalam Anugerah Merdeka Belajar 2024 mengungkapkan, 3 penghargaan Merdeka Belajar tahun 2024 dari Kemendiksbudristek adalah hasil kerja keras bersama seluruh elemen masyarakat, pemerintah dan tenaga pendidik dan kependidikan di Kabupaten Rote Ndao.

Sekda Jonas M. Selly menyatakan rasa syukur dan terima kasih kepada seluruh pihak khususnya Dinas PKO dan jajaran yang telah bekerja keras dalam mewujudkan visi pendidikan yang berkualitas di Kabupaten Rote Ndao seraya berkomitmen mempertahankan dan meningkatkan kualitas pendidikan demi masa depan anak-anak yang lebih baik.

Senada, Kepala Dinas PKO Kabupaten Rote Ndao Yosep Pandie mengatakan, pelaksanaan program Merdeka Belajar yang berjalan baik di Kabupaten Rote Ndao dilakukan dalam rangka untuk mencapai generasi emas pada masa yang akan dating dan dinilai berhasil olej Kemendikbudristek.

Penghargaan yang diraih tersebut, jelasnya, berkenaan dengan berbagai upaya yang telah dilakukan Pemkab Rote Ndao dalam rangka pemenuhan layanan sarana dan prasarana pendidikan di daerah serta yang terutama adalah penyediaan dan peningkatan kualitas SDM pendidikan baik pendidik maupun tenaga kependidikan.

Diketahui, Kemendikbudristek melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah (Ditjen PAUD Dikdasmen) menyelenggarakan Anugerah Merdeka Belajar Tahun 2024. Ini adalah kali kedua kegiatan berskala nasional ini digelar dan Kabupaten Rote Ndao berhasil meraih Penghargaan 3 Kategori yakni Transformasi Pembelajaran, Transformasi Pengelolaan Pendidikan dan Transformasi Anggaran Pendidikan.*(Bidkom_DKISP Rote Ndao/PKO)