SUDAH tidak diragukan lagi kepiawaian seorang Vivian Tjungdiawan dalam memainkan alat musik Sasando. Malah karena kehebatannya itu, dia diminta panitia untuk tampil pada Kongres IV PDIP di Hotel Ina Grand Sanur-Denpasar, 8 April lalu.

Vivian pun menyanyikan lagu My Way, sebuah dendang kesukaan presiden ke-5 Indonesia, Megawati Soekarnoputri. Selain My Way, Vivian juga memperdengarkan tembang “Bungan Sandat”. “Yang pasti bahwa Vivian merasa sangat bangga bisa memperkenalkan alat musik Sasando di mata internasional. Saat di Kongres, tidak saja hadir Ibu Mega, namun Presiden Joko Widodo dan ratusan tamu luar negeri. Belum lagi tamu dalam negeri, jumlahnya ribuan. Bagi Vivian, dia bangga memperkenalkan Sasando, alat musik kebanggaan asal Rote-NTT,” ujar Theo Widodo, kepada koran ini, kemarin (10/4).

Untuk diketahui, Theo merupakan pengurus teras Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) yang selama ini ikut memotivasi Vivian untuk tampil dan memperkenalkan Sasando. Dengan jarinya yang lentik memainkan dawai Sasando, ditambah suaranya yang indah, kian meneguhkan performa Vivian sebagai satu-satunya solo terbaik malam itu.

Tak disangkanya, usai pembukaan Kongres malam itu, dia langsung dipanggil Megawati Soekarnoputri untuk bertemu khusus dengannya.

“Sesudah pembukaan Kongres, Vivian dipanggil khusus oleh Ibu Mega dan dalam pertemuan itu. Ibu Mega berterima kasih kepada Pak Frans Lebu Raya selaku gubernur dan juga ketua PDIP NTT yang sudah berkenan menampilkan Vivian pada pentas itu. Menariknya, Sasando adalah alat musik yang sangat diterima malam itu,” tegas Theo Widodo, mengutip informasi Vivian yang dia terima.

Tak cuma itu. Megawati juga berterima kasih kepada Romo Stef Mau, Pr., selaku Kepala sekolah SMA Katolik Giovani Kupang yang sudah mengijinkan Vivian tampil di Bali. “Kita berharap, dengan banyaknya motivasi ini menambah semangat Vivian dan kita semua untuk terus mempromosikan Sasando sebagai alat musik kebanggaan kita. Lebih banyak orang tahu tentang Sasando, justru lebih baik lagi,” kata Theo.

Sebagaimana diberitakan, awal Maret lalu, Vivian dinobatkan menjadi salah seorang pemain alat musik Sasando dalam malam pegelaran seni budaya Tiongkok ‘Embrace China Gathering in Kupang’ yang dihelat di Oriental Resto. Hadir grup kesenian nasional Tiongkok yang tergabung dalam Delegasi “QinQing Zhonghua”. Penampilan gadis bernama lengkap Vivian Evelyn Christine Tjungdiawan itu cukup membuat publik terkesan.

[Timex]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Designed by

best down free | web phu nu so | toc dep 2017