Deputi Inovasi Pengelolaan Pengetahuan KN-PID Kemendesa PDTT, Ismail Zainuri, mewakili tim Misi Supervisi PID 2019 pada kegiatan Bursa Inovasi Desa mengatakan bahwa dari 430 kabupaten seluruh Indonesia akan melakukan seleksi, mana kabupaten yang terpilih secara nasional untuk menjadi lokasi kunjungan lintas kementerian, kemudian word bank untuk pelaksanaan bursa inovasi. Khusus untuk wilayah timur Indonesia kita tunjuk wilayah Nusa Tenggara Timur di Kabupaten Rote Ndao, karena memang kabupaten ini salah satunya terdapat banyak sekali desa-desa yang melakukan replikasi itu artinya desa-desa ini memilih kegiatan-kegiatan inovatif yaitu dana desanya digunakan untuk kegiatan inovatif.
Salah satunya yang ada disini yaitu di desa Mauabesi ini yaitu wisaya Mangrove dan juga ada beberapa desa yang lain juga melakukan inovasi-inovasi.
Wisata Mangrove ini luar biasa indahnya dari banyak tempat yang sudah dikunjungi dan dibantu oleh Kementerian Desa, ini salah satu desa yang mendukung dengan baik” puji Ismail Zainuri pada Kamis,(18/7/2019) di Wisata Mangrove Ndi’i Lifu di desa Maubesi, Kecamatan Rote Tengah.
Lanjut Ismail bahwa ini salah satu desa yang menurut kami bantuan dari Kementerian Desa untuk aspek peningkatan desa wisata ini bisa dimanfaatkan penunjang infrastruktur destinasi ini atau fasilitas lain yang mendorong wisata mangrove ini bisa berkembang

Selain itu Bupati Rote Ndao, Paulina Haning-Bullu,SE pada kesempatan itu menyambut dengan gembira perhatian pemerintah pusat melalui program inovasi desa, disaat menerima bantuan terus berinovasi terutama melalui sektor pariwisata untuk penguatan pendapatan asli daerah. Selain program inovasi desa pemerintah Kabupaten Rote Ndao pada tahun 2010 silam telah memiliki program unggulan yakni Lakamola Anansio yang terus digalangkan sampai saat ini.
Pada akhirnya Bupati Paulina Haning-Bullu mengharapkan kepada desa-desa yang lain untuk terus berinovasi dan meniru apa yang sudah dilakukan oleh desa Maubesi sehingga dapat mengembangkan wisata yang ada didesanya masing-masing untuk dapat mensejahterakan masyarakat yang ada.

Hadir pada kesempatan itu Tim Supervisi PID tahun 2019, Forkopimda Rote Ndao, anggota DPRD Rote Ndao, Ketua Tim Percepatan Pembangunan Kabupaten Rote Ndao, Koordinator KPWS Provinsi NTT, Pimpinan OPD lingkup pemkab Rote Ndao, Camat Rote Tengah, Camat Rote Barat Laut, Camat Lobalain, Camat Rote Selatan, para Kepala Desa dan BPD, para Maneleo, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Designed by

best down free | web phu nu so | toc dep 2017