Kupang,- Provinsi NTT menduduki posisi lima besar nasional lomba Media Tradisional yang berlangsung sejak Agustus 2015. Atas sukses tersebut, Provinsi NTT dipanggil mengikuti Pekan Informasi Nasional (PIN) di Surabaya, 16-19 November 2015.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Provinsi NTT, Ir. Stefanus Ratoe Oedjoe, MT melalui Kepala Bidang Pameran Pelayanan Mobile Informasi dan Komunikasi, Ignasius Toda, S.H, menjelaskan hal tersebut, Kamis (12/11/2015)

“Kita (NTT) masuk lima besar tingkat nasional lomba Media Tradisional, selain Provinsi Sumatera Utara, DI Yogyakarta, Kalimantan Timur dan Papua. Seleksinya dilakukan lewat kaset yang kita kirim sejak Agustus lalu, dan baru diumumkan empat hari lalu. Karena itu kita dipanggil mengikuti PIN di Surabaya. Salah satu kegiatannya ialah pertunjukan rakyat Media Tradisional,” kata Ignasius.

Dikatakannya, thema yang diangkat NTT dalam lomba tersebut tentang Revolusi Mental, dengan mengangkat cerita Putri Cendana yang disutradarai Frans Ola Wuran. Ada lima unsure yang terkandng di dalam cerita yang berdurasi 30 menit itu, yakni humor, music, nyanyi, tari dan pesan.

“Meskipun pemberitahuan PIN ini agak mendadak, NTT sudah siap. Rombongan NTT yang berkekuatan 21 orang, masing-masing 9 orang dibiayai APBN dan 12 orang dibiayai APBD I NTT akan berangkat ke Surabaya tanggal 16 November 2015,” kata Ignasius.

Dikatakannya, sukses masuk lima besar tingkat nasional ini selain menjadi kebanggaan, juga menjadi tantangan bagi NTT ke depan. Artinya, bagaimana agar Media Tradisional ini bias terus dikembangkan dan dilestarikan keberadaannya ke depan. Salah satu cara yang akan dilakukan ialah dengan menyelenggarakan PID (Pekan Informasi Daerah) yang melibatkan peserta dari setiap Kabupaten.

“Memang kalau dilihat, Media Tradisional ini masih efektif untuk kita di NTT. Budaya ini masih melekat di masyarakat daerah ini,” katanya.

nttprov.go.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Designed by

best down free | web phu nu so | toc dep 2017