Ba’a;-  Upacara memperingati Hari Pendidikan Nasional(Hardiknas) berlangsung serentak di tanah air, khusus di Kabupaten Rote Ndao upacara berlangsung di alun-alun Kantor Bupati Rote Ndao (Kamis,02/05/2019).

Dalam sambutan Menteri pendidikan Muhajir Effendi yang dibacakan Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Rote Ndao Ir. Untung Harjito menegaskan, “Proses pembelajaran pada hakekatnya adalah momentum untuk membentuk warga negara yang demokratis serta menjadi potensi utama dalam mengembangkan peserta didik melalui undang-undang no 20 tahun 2003 tentang sistim pendidikan nasional, pasal 13 menyebutkan tujuan Pendidikan Nasional adalah mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berperilaku cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratif serta bertanggung jawab.”

“Hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Mei diambil dari hari kelahiran Ki Hajar Dewantoro, Tokoh Pahlawan Nasional sekaligus Bapak pendidikan Nasional,
Kementerian Pendidikan telah memberikan perhatian khusus untuk pendidikan wilayah terluar, terdepan dan tertinggal,” tegasnya.

Sebagaimana yang telah disampaikan oleh presiden dalam berbagai kesempatan, perhatian pemerintah saat ini mulai bergeser dari pembangunan infrastrutur ke pembangunan sumberdaya manusia, disini kekuatan sektor pendidikan dan kebudayaan menentukan urgensinya.

Terkait dengan hal tersebut diatas maka tema hari Pendidikan Nasional Tahun 2019 adalah menguatkan pendidikan, memajukan kebudayaan. Dalam menciptakan ekosistem pendidikan yang syarat nilai dan pengalaman kebudayaan guna membingkai hadirnya sumberdaya-sumberdaya manusia yang berkualitas demi terwujudnya Indonesia berkemajuan.

Peserta upacara dihadiri siswa siswi Tingkat Sekolah Dasar (SD) Sekolah Menengah pertama (SMP) Sekolah Menengah Atas (SMA) dan perwakilan guru se-Kota Ba’a, para Kepala Dinas, TNI, Polri serta undangan lainnya. (radarntt)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Designed by

best down free | web phu nu so | toc dep 2017