lanjut bpk terkait stunting

Pemda Rote Ndao Sigap Tindak Lanjut Pemeriksaan Pendahuluan BPK Terkait Kinerja Penanganan Stunting

Pemda Rote Ndao sigap menyikapi hasil Pemeriksaan Pendahuluan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi NTT terkait kinerja penanganan stunting di daerah. Sekretaris Daerah Kabupaten Rote Ndao Drs  Jonas M  Selly, MM memimpin rapat tindak lanjut atas pemeriksaan pendahuluan terhadap kinerja penanganan stunting ini di ruang Sekretaris Daerah kantor Bupati Rote Ndao, jumat (01/09/23) lalu.

Rapat kerja tindak lanjut ini diikuti para Asisten dan pimpinan perangkat daerah Pemkab Rote Ndao serta para Camat se-kabupaten Rote Ndao. Rapat dipimpin langsung Sekda Jonas antara lain membicarakan strategi dan tindak lanjut Pemkab Rote Ndao terhadap penyampaian hasil pemeriksaan pendahuluan kinerja penanganan stunting oleh BPK Perwakilan Provinsi NTT.

Terkait upaya percepatan penanganan stunting, BPK Perwakilan Provinsi NTT melakukan Pemeriksaan Kinerja atas upaya percepatan penurunan prevalensi stunting. Hal ini dilakukan agar kegiatan diselenggarakan secara ekonomis dan efisien, memenuhi sasarannya secara efektif serta untuk memberikan rekomendasi ke arah perbaikan sebagai upaya mendukung tercapainya target penurunan stunting tahun 2024 secara nasional.

Pemerintah juga dalam mencapai target tersebut sejak 2021 telah menerbitkan Peraturan Presiden Nomor 72 tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting. Perpres 72 tahun 2021 menghendaki upaya percepatan penurunan prevalensi stunting dilakukan secara holistik, integratif dan berkualitas melalui koordinasi, sinergitas dan sinkronisasi antar pemangku kepentingan.

Kementerian/lembaga, Pemda provinsi dan kabupaten hingga desa bersinergi dan kolaborasi melaksanakan strategi percepatan penurunan stunting melalui penurunan prevalensi stunting, peningkatan kualitas penyiapan kehidupan keluarga, menjamin pemenuhan asupan gizi, memperbaiki pola asuh, peningkatan akses dan mutu pelayanan kesehatan serta peningkatan akses air minum dan sanitasi.*(Bidkom-DKISP)

tatap muka kapolda johny

Pesan Kapolda NTT Ditatap Muka bersama Pemda Rote Ndao dan Unsur Masyarakat

Kapolda Nusa Tenggara Timur Irjen Pol. Johanis Asadoma, M.Hum melakukan tatap muka bersama Pemda Rote Ndao, Forkompimda Kabupaten Rote Ndao, Forum Keurukunan Umat Beragama (FKUB), tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, paca Camat, Lurah dan Kepala Desa se-Kabupaten Rote Ndao dan Keluarga Besar Putra Putri Polri (KBP3) Kabupaten Rote Ndao, senin (04/09/23) dalam rangkaian kunjungan kerja di Kabupaten Rote Ndao.

Kapolda Johni didampingi Bupati Rote Ndao Paulina Haning-Bullu,SE, Wakil Bupati Stefanus M. Saek,SE,M.Si, Kapolres Rote Ndao AKBP Mardiono,S.ST,M.K.P. serta Forkompimda Kabupaten Rote Ndao. Acara tatap muka digelar hikmat bertempat di aula rumah jabatan Bupati Rote Ndao.

Saat tiba Kapolda Johni disambut dalam nuasan adat Rote oleh Bupati dan Wakil Bupati Rote Ndao. Kapolda Johni dipakaikan selimut dan Topi Ti’i Langga. Sebelum mengikuti acara tatap muka, Kapolda Johni menyempatkan bertemu dan memberikan kuliah umum di Universitas Nusa Lontar.

Kapolda Johni mengatakan, kehadirannya di Kabupaten Rote Ndao dalam rangka kunjungan kerja sebagai Kapolda yang membawahi 21 Polres di Provinsi NTT. Ia berpesan, Pemda Rote Ndao dan jajaran sedapat mungkin tidak memberikan ijin bagi kegiatan pengalihan fungsi lahan pertanian. Hal ini dilakukan sebagai wujud mendukung ketahanan pangan di daerah.

Kapolda Johni juga berpesan, sinergitas Pemda dan masyarakat Rote Ndao dengan Forkompimda termasuk jajaran Polres Rote Ndao terus dijaga dalam mendukung pembangunan daerah.

Pemda dan masyarakat juga diminta selalu waspada dan mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan layan yang akan mengancam ekosistem lingkungan. Serta selalu membangun kerja sama dengan semua stakeholder dalam menyukseskan program pembangunan daerah.

Kapolda NTT Irjen Pol. Drs. Johanis Asadoma, M.Hum diketahui memulai rangkaian kunjungan kerja di Kabupaten Rote Ndao sejak sabtu 2 septermber 2023. Kapolda Johni didampingi Ketua Bhayangkari Daerah NTT, Ny. Vera Christina Sirait, M.Sc.

Selain menghadiri penutupan ETMC XXXII, Kapolda Johni melakukan serangkaian kegiatan diantaranya memberikan Kuliah Umum di Universitas Nusa Lontar, melakukan pembagian paket sembako, melakukan tatap muka bersama jajaran Pemkab Rote Ndao dan unsur masyarakat.

Kapolda Johni juga bertemu dan memberikan pembekalan bagi pasukan yang bertugas di Polres Rote Ndao serta melakukan kunjungan ke pulau Landu dan pulau Ndao dalam rangkaian kegiatannya di Rote Ndao.

Sementara Ketua Bhayangkari Daerah NTT, Ny. Vera Christina Sirait, M.Sc selain mendampingi Kapolda Johni, juga melakukan kegiatan kunjungan dan silaturahmi ke Panti Asuhan Mercy, kunjungan dan bersilaturahmi dengan anak asuh Sekolah Luar Biasa (SLB) Lobalain serta meninjau produk UMKM di gedung Dekranasda Ba’a.

Selanjutnya, Ketua Bhayangkari Daerah NTT juga meninjau Posyandu Bhayangkari sekaligus memberikan bantuan anak stunting, meresmikan Taman Baca Bhayangkari serta meninjau produk UMKM dan P2L Bhayangkari. Juga memberikan santunan kepada Warakawuri dan anak yatim serta bertatap muka dengan pengurus Bhayangkari Cabang Rote Ndao

Kapolda juga diketahui melakukan ziarah ke tanah leluhur di Peto Desa Maubesi Kecamatan Rote Tengah. Diketahui Ibunda Kapolda Johni berasal dari Desa Maubesi Kecamatan Rote Tengah. Ia mengisahkan masa kecilnya di Desa Maubesi, bersama sang Bunda. Kedatangannya selalu disambut

“ Itu masa-masa yang tidak bisa Saya lupakan. Kalau kita datang, Opa sudah menyambut, malam-malam menyiapkan daging domba. Kalau pagi-pagi sudah diajak peras susu kerbau menggunakan haik dan bisa langsung diminum. Ada kenangan indah saat itu,” ungkap Kapolda Johni mengisahkan.*(Bidkom-DKISP)

literasi kolobolon1

Kapolda NTT Meresmikan Teras Literasi Smansa Ku 84 Desa Kolobolon

Kapolda NTT, Irjen Pol. Johanis Asadoma, M.Hum melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Rote Ndao sejak sabtu 02 september 2023 lalu. Dalam rangkaian kunkernya, Kapolda NTT berkesempatan meresmikan Teras Literasi Smansa Ku 84 di Desa Kolobolon Kecamatan Lobalain, minggu (03/09/23).

Hadir mendampingi Kapolda Johni, Bupati Rote Ndao Paulina Haning-Bullu,SE, Wakil Bupati Stefanus M. Saek,SE,M.Si, Anggota DPRD Provinsi NTT Petrus Cgristian Mboeik, Kapolres Rote Ndao AKBP Mardiono,S.ST,M.K.P, Camat Lobalain Nusry E. Zacharias,SE dan Kepala Desa Kolobolon Ezaf Mbuik.

Teras Literasi diketahui turut digagas oleh alumni tahun 1984 SMA Negeri 1 Kupang sekaligus menjadi dasar penamaan Teras Literasi Smansa Ku 84. Kapolda Johni usai menyampaikan sambutan, didampingi Bupati dan Wakil Bupati Rote Ndao melakukan pengguntingan pita meresmikan Teras Literasi ini.

Kapolda Johni, Bupati Paulina, Wabup Stef dan rombongan selanjutnya melihat langsung kondisi sarana prasarana pada gedung Teras Literasi. Sambil berdiskusi, Kapolda Johni dan rombongan memantau setiap ruangan beserta perlengkapan bacaan yang tersedia. Nampak buku-buku berjejer rapi pada rak-rak yang dilengkapi dengan meja dan kursi.

Kapolda Johni menyampaikan apresiasi dan mengatakan keberadaan Teras Literasi akan menjadi wadah bagi masyarakat khususnya anak-anak untuk menyalurkan dan membangkitkan semangat membaca sehingga kelak akan kaya dengan ilmu pengetahuan dan teknologi dan menjadi orang-orang hebat di masa mendatang.

“ Jadi anak-anak sekarang ahrus kita arahkan dengan baik sehingga mereka tumbuh dengan baik dan tidak terpengaruh dengan informasi-informasi yang tidak baik di media sosial yang mempengaruhi mindset mereka sehingga mereka tumbuh dengan tidak sehat,” ungkap Kapolda Johni.

Karena itu dengan adanya Teras Literasi, kata Kapolda Johni, tentu akan dimanfaatkan untuk melakukan berbagai kegiatan dan para orang tua harus mengarahkan anak-anak, kepala desa ikut menghimbau masyarakat untuk memanfaatkan Teras Literasi ini dengan baik. Jika masih terdapat kekurangan perlengkapan bacaan maka akan dilengkapi.

“ sehingga menarik perhatian anak-anak untuk datang. Dengan ketersediaan bahan bacaan yang memadai serta kondisi ruangan yang bagus tentu akan menarik minat anak-anak kita datang. Jadi memang ini dibuat khusus untuk anak-anak kita,” pinta Kapolda Johni.

Sementara itu, Bupati Rote Ndao Paulina Haning-Bullu,SE mengungkapkan, kehadiran Teras Literasi ini sebagai dukungan pembangunan bidang pendidikan di kabupaten Rote Ndao. Karena itu Bupati Paulina berharap Teras Literasi Desa Kolobolon menjadi spirit inspirasi bagi desa-desa lain di kabupaten Rote Ndao.

“ Memang perlu ada Teras Literasi supaya kita mendukung Pendidikan di Rote Ndao. Dan inilah Teras Literas yang pertama ada. Penuh harapan bahwa ini menjadi contoh bagi desa-desa lain supaya bisa menunjang pendidikan anak-anak kita. Tugas kita adalah bagaimana mengembangkan anak-anak kita, mencerdaskan anak-anak bangsa termasuk yang ada di des akita,” pinta Bupati Paulina.

Bupati Paulina berpesan, masyarakat menggunakan Teras Literasi ini dengan sebaik mungkin. Gunakan kesempatan ini untuk mengembangkan wawasan dan menjadi anak-anak yang cerdas.

“ Ini menjadi contoh. Karena manfaatnya bagi masyarakat khususnya anak-anak kita untuk mengembangkan wawasannya menjadi anak-anak yang cerdas.*(Bidkom-DKISP)