Perhadapan

Penjabat Bupati Hadiri Perhadapan KMJ GMIT Elim Mondo

Jemaat GMIT Elim Mondo hikmat menerima penugasan Pdt. Nofer Elimas Pelipus Ndao, S.Th sebagai Ketua Majelis Jemaat (KMJ). Prosesi Perhadapan Pdt. Nofer Elimas Pelipus Ndao, S.Th dihadiri Penjabat Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, SH,MA,MH bertempat di Gedung Gereja GMIT Elim Mondo. Penjabat Bupati Oder Maks Sombu didampingi Ketua Mejalis Klasis Lobalain Pdt. Mariana Nalle-Sirah, S.Th.

Kehadiran Penjabat Bupati Oder Maks Sombu dan rombongan di sambut Presbiter dan Jemaat GMIT Elim Mondo. Selanjutnya Penjabat Bupati di kenakan Topi Ti’i Langga dan selempang sebelum memasuki Gedung Gereja GMIT Elim Mondo.

Saat menyampaikan sambutan, Penjabat Bupati Oder Maks Sombu menyampaikan selamat bertugas dan melayani bagi Pdt. Nofer Elimas Pelipus Ndao di GMIT Elim Mondo. Jabatan Ketua Majelis Jemaat GMIT Elim Mondo diketahui kosong sejat juni 2023 lalu.

“ Perisitiwa hari ini hendaknya dimaknai sebagai sebagai salah satu penyertaan Kasih Tuhan serta jawaban atas pergumulan para penatua dan juga jemaat ditempat ini,” kata Penjabat Bupati Oder Maks Sombu.

Dalam proses pelayanan yang melibatkan banyak orang, kata Penjabat Bupati Oder Maks SOmbu, tentu ada kelebihan dan kekurangan. Namun hal ini hendaknya tidak dipertentangkan melainkan semakin mendewasakan jemaat dengan menerima kelebihan dan kekurangan menjadi tanggungjawab bersama untuk saling melengkapi.

Ia berpesan, tugas Pendeta adalah sebagai pemimpin Rohani Gereja sekaligus memelihara, melindungi dan menjaga kehidupan spiritual jemaat. Melakukan pengawasan terhadap Gereja dan jemaatnya serta tugas lainnya yakni pemberdayaan jemaat khususnya dalam menghadapi kondisi rawan pangan dan kekeringan yang terjadi dan dialami jemaat.

Penjabat Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, SH,MA,MH menyaksikan penari Foti cilik saat tiba di Gereja GMIT Elim Mondo Klasis Lobalain Kabupaten Rote Ndao.
Penjabat Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, SH,MA,MH menyaksikan penari Foti cilik saat tiba di Gereja GMIT Elim Mondo Klasis Lobalain Kabupaten Rote Ndao.

Penjabat Bupati Oder Maks Sombu mengatakan, pemberdayaan jemaat dapat dilakukan dengan pemanafaatan pekarangan dan kebun untuk menanam berbagai tanaman baik palawija maupun hortikultura sehingga jemaat yang juga adalah masyarakat menjadi mandiri dalam pemenuhan gizi keluarga. Hal ini ikut berdampak ada pencegahan dan penurunan angka stunting di daerah.

Terkait kemitraan Pemerintah dan Gereja, Penjabat Bupati Oder Maks Sombu menilai sinergitas dan kerja sama yang telah terbangun dengan baik dapat terus dibina, dilanjutkan dan ditingkatkan sebagai bentuk dukungan dalam Pembangunan jemaat yang menjamin terciptanya suasana yang harmonis dalam tatanan kehidupan sosial.

Diketahui, Penjabat Bupti Rote Ndao Oder Maks Sombu menghadiri Perhadapan Ketua Majelis Jemaat GMIT Elim Mondo, sabtu 2 Maret 2024. Pdt. Nofer Elimas Pelipus Ndao, S.Th menjabat KMJ GMIT Elim Mondo.*(DKISP Rote Ndao)

Stunting 2

Penjabat Bupati Sambangi Anak Stunting Di Kolobolon; Beri Telur, Susu dan Biskuit

Penjabat Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu sangat perhatian terhadap kondisi anak-anak stunting di daerah. Minggu 3 Maret 2024 sore, Ia mendatangi 45 anak stunting di Desa Kolobolon Kecamatan Lobalain. Penjabat Bupati Oder Maks Sombu berdialog dengan para orang tua, tenaga medis setempat dan pemerintah desa terkait pelayanan bagi anak stunting. Penjabat Bupati juga secara langsung membagikan susu, telur dan biskut yang dibawanya.

Penjabat Bupati Oder Maks Sombu hadir bersama Dandim 1627/Rote Ndao Letkol (Inf) Alber Inkiriwang dan sejumlah pimpinan perangkat daerah Pemkab Rote Ndao.

Penjabat Bupati Oder Maks Sombu terlihat sangat akrab dan penuh kasih sayang terhadap anak-anak stunting. Ia menyatakan komitmennya terhadap pencegahan dan penanganan stunting di daerah. Bersama Dandim 1627/Rote Ndao Letkol (Inf) Alber Inkiriwang membagikan susu, telur dan biskuit kepada anak stunting di desa Kolobolon.

“ Saya sangat bersyukur kepada Tuhan bisa bersama mama-mama dan anak-anak saya ini. Perlu saya sampaikan bahwa anak-anak yang kita lahirkan adalah anugerah Tuhan. Kita diberikan tanggungjawab untuk mengasuh dan membimbing mereka dari kecil,” ungkap Penjabat Bupati Oder Maks Sombu.

Penjabat Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, SH,MA,MH memberikan telur saat menyambangi anak stunting di Desa Kolobolon Kecamatan Lobalain.
Penjabat Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, SH,MA,MH memberikan telur saat menyambangi anak stunting di Desa Kolobolon Kecamatan Lobalain.

Penanganan stunting, kata Penjabat Bupati Oder Maks Sombu, harus dikerjakan secara serius dan kolaboratif. Tiga hal yang menjadi fokusnya adalah penanganan stunting, penanggulangan kemkiskinan dan inflasi daerah. Menjadi Penjabat Bupati Rote Ndao, baginya sebuah kesempatan untuk berbuat sesuatu yang terbaik untuk masyarakat dan daerah Kabupaten Rote Ndao.

Ia menjelaskan, dalam rapat Kerja bersama para Camat, Lurah/Kades, Puskesmas, Penyuluh Pertanian dan TPP P3MD, kamis 29 Februari 2024, dirinya telah menegaskan dan mengajak untuk membangun komunikasi dan koordinasi bersama semua stakeholder baik di dalam dan di luar Kabupaten Rote Ndao untuk bersama bekerja dalam Upaya menangani stunting di daerah.

“ Kita libatkan semua pihak yang ada di Rote Ndao termasuk Diaspora Rote Ndao yang ada di Jakarta dan dimanapun, kita menyentuh hati mereka untuk bersama kita kerjakan ini. Anak-anak ini adalah tanggungjawab kita. Dalam dua sampai tiga bulan ke depan harus ada perkembangan,” tegas Penjabat Bupati Oder Maks Sombu.

Penjabat Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, SH,MA,MH menyapa orang tua dan anak yang mengalami stunting.
Penjabat Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, SH,MA,MH menyapa orang tua dan anak yang mengalami stunting.

Ia juga menghimbau para orang tua untuk memprioritaskan pemenuhan gizi anak. Asupan gizi rumah tangga mesti mengutamakan kebutuhan gizi anak. Pemerintah desa juga diminta memastikan bantuan sampai kepada sasaran termasuk pada ibu hamil. “ Kita berharap dua atau tiga bulan angka stunting sudah harus turun. Kita intervensi dengan makanan dan minuman yang bergizi,” pinta Penjabat Bupati Odermaks Sombu.*(Bidkom-DKISP Rote Ndao)

Apel Gelar Pasukan

Penjabat Bupati Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Turangga 2024 dan Aksi Keselamatan Jalan Serentak

Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Turangga 2024 dan Aksi Keselamatan Jalan Serentak digelar di lapangan Mapolres Rote Ndao, menyambut Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah tahun 2024. Penjabat Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, SH,MA,MH bertindak selaku Pemimpin Apel. Mendampingi Penjabat Bupati, Kapolres Rote Ndao AKBP Mardiono, S.ST., M.K.P. Sementara bertindak selaku Komandan Apel, Kasat Lantas Polres Rote Ndao IPDA Ferdi Ndaomanu, SH.

Hadir dalam Apel gelar pasukan antara lain Kepala Kejaksaan Negeri Rote Ndao, Budi Nasranto, SH, perwakilan Dandim 1627/RN, Letda Inf. David Mooy, perwakilan Danlanal Pulau Rote, Lettu laut (PM) Heru, Danpos AU Bandar Udara D. C. Saudale, Letda (Lek) Handri Hidayana dan para guru pendamping siswa SD, SMP dan SMA.

Apel Gelar Pasukan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan keselamatan berlalu lintas di Kabupaten Rote Ndao dalam rangka menciptakan kondisi keamanan, keselamatan, ketertiban, serta kelancaran lalu lintas menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah tahun 2024.

Operasi Keselamatan Turangga menunjukkan komitmen bersama untuk menjaga ketertiban dan keselamatan masyarakat, terutama dalam menghadapi berbagai tantangan yang dihadapi ditengah-tengah perkembangan infrastruktur dan mobilitas yang semakin pesat. Sehingga pelaksanannya tidak hanya sebatas rutinitas, namun juga menjadi panggilan tugas bersama untuk melindungi dan memastikan keselamatan setiap individu yang berada di jalan raya.

“ Oleh karena itu, diperlukan komitmen dan kerjasama yang kuat dari seluruh pihak untuk menciptakan lingkungan berlalu lintas yang aman dan tertib. Mari bersama-sama dengan kekuatan dari berbagai unsur, baik dari Kepolisian, TNI serta Stakeholder lainnya, bertekad untuk melindungi dan melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya,” kata Penjabat Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu.

Penjabat Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, SH,MA,MH didampingi Kapolres Rote Ndao AKBP. Mardiono, S.ST., M.K.P. melakukan pemeriksaan pasukan pada Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Turangga 2024 dan Aksi Keselamatan Jalan Serentak di lapangan Mapolres Rote Ndao.
Penjabat Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, SH,MA,MH didampingi Kapolres Rote Ndao AKBP. Mardiono, S.ST., M.K.P. melakukan pemeriksaan pasukan pada Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Turangga 2024 dan Aksi Keselamatan Jalan Serentak di lapangan Mapolres Rote Ndao.

Sementara pencanangan Aksi Keselamatan Jalan Serentak tidak hanya meningkatkan kesadaran, namun juga mengimplementasikan tindakan konkret untuk meningkatkan keselamatan di jalan raya sekaligus sebagai langkah proaktif bersama untuk mengurangi angka kecelakaan lalu lintas.

Jelas Penjabat Bupati Odermaks Sombu, melalui kolaborasi antara pemerintah, masyarakat dan stakeholder terkait, dapat menciptakan lingkungan yang lebih aman dan kondusif bagi semua pengguna jalan. Untuk itu, Ia mengajak untuk bersama-sama menjalankan program-program edukasi, penegakan hukum dan perbaikan infrastruktur yang bertujuan untuk mengurangi angka kecelakaan lalu lintas.

“ Semoga Operasi Keselamatan Turangga 2024 dan Aksi Keselamatan Jalan Serentak dalam rangka menciptakan kondisi transportasi dan lalu lintas menjelang Hari Raya Idul Fitiri 1445 Hijriah tahun 2024 dapat berjalan lancar dan memberikan dampak positif bagi keselamatan berlalu lintas di Rote Ndao,” pinta Penjabat Bupati Oder Maks Sombu.

Diketahui, Polres Rote Ndao menggelar Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Turangga 2024 dan Aksi Keselamatan Jalan Tingkat Polres Rote Ndao, jumat 2 Maret 2024 di lapangan Mapolres Rote Ndao. Bertindak selaku Pemimpin Apel Penjabat Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, SH,MA,MH.

Usai Apel, Penjabat Bupati Oder Maks Sombu, Kapolres Rote Ndao AKBP. Mardiono, S.ST., M.K.P. bersama peserta apel melakukan operasi Keselamatan Turangga 2024 bertempat di depan Mako Polres Rote Ndao dan secara simbolis memakaikan Helm berstandar SNI kepada pengendara Siswa SMA yang berkendara menggunakan kendaraan roda dua.*(DKISP Rote Ndao)