Musrenbang NTT

Pj. Bupati Rote Ndao Hadiri Musrenbang RKPD Provinsi NTT 2025, Diikuti 22 Kabupaten/Kota

Pemerintah Provinsi NTT dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2025, menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang), senin (22/04/2024) bertempat di hotel Aston, Kupang. Mengangkat tema “ Ekonomi Yang Kokoh, Infrastruktur Yang Handal dan SDM Yang Berkualitas “, Musrenbang di buka Penjabat Gubernur NTT Ayodhia Kalake, SH,MDC.

Musrenbang RKPD Tingkat Provins NTT ini dihadiri para Bupati/Pj.Bupati/Pj.Walikota se-Provinsi NTT serta perangkat daerah terkait. Rangkaian ceremonial pembukaan Musrenbang diisi sambutan Menteri Dalam Negeri, sambutan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional, penyampaian suara anak, suara difable dan suara perempuan, penyampaian pokok- pokok pikiran DPRD Provinsi NTT serta arahan Pj. Gubernur NTT sekaligus membuka dengan resmi Musrenbang RKPD Provinsi NTT Tahun 2025.

Selain itu, Musrenbang RKPD Provinsi NTT juga ditandai dengan pembacaan Berita Acara Hasil Musrenbang RKPD Provinsi NTT Tahun 2025 dan penandatanganan Berita Acara dimaksud oleh para Bupati/Pj.Bupati/Pj.Walikota se-Provinsi NTT.

Suasana Musrenbang RKPD Provinsi NTT Tahun 2025, senin (22/04/2024). Pj. Gubernur NTT Ayodhia Kalake, SH,MDC hendak menyampaikan sambutan.
Suasana Musrenbang RKPD Provinsi NTT Tahun 2025, senin (22/04/2024). Pj. Gubernur NTT Ayodhia Kalake, SH,MDC hendak menyampaikan sambutan.

“ RKPD tahun 2025 merupakan acuan bagi seluruh pelaku pembangunan dalam menjabarkan pembangunan daerah serta pedoman penyusunan KUA-PPAS dan APBD yang ditetapkan bersama pemerintah dan DPRD,” jelas Pj. Gubernur NTT Ayodhia Kaleke saat membuka Musrenbang RKPD Provinsi NTT Tahun 2025.

Esensi pelaksanaan Musrenbang ini adalah dalam rangka menyusun rancangan RKPD Propinsi NTT Tahun 2025 melalui sinergi dan keserasian program, kegiatan dan pagu anggaran yang disusun oleh Pemerintah Provinsi NTT dan dengan mempertimbangkan usulan Kabupaten/Kota.

Melalui Musrenbang juga akan mengoptimalkan dan mengefektifkan koordinasi perencanaan, penganggaran serta pengendalian pembangunan daerah berdasarkan kerangka regulasi dan kebijakan demi tercapainya target yang telah ditetapkan di tahun rencana 2025. Serta meningkatkan kapasitas dan kesejahteraan masyarakat NTT melalui optimalisasi kebijakan dan implementasi untuk pencapaian target indikator makro Provinsi NTT tahun 2025.

Empat prioritas daerah tahun 2025, jelas Pj. Gubernur Ayodhia Kalake yakni pembangunan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat yang berkeadilan sosial, Pembangunan SDM yang berkualitas dan berdaya saing, Pembangunan infrastruktur yang berkelanjutan dengan memperhatikan aspek lingkungan hidup dan reformasi bikrosi.

Pj. Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, SH,MA,MH saat menandatangani Berita Acara Musrenbang RKPD Provinsi NTT Tahun 2025.
Pj. Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, SH,MA,MH saat menandatangani Berita Acara Musrenbang RKPD Provinsi NTT Tahun 2025.

Disela pembukaan Musrenbang RKPD Provinsi NTT Tahun 2025, dilakukan pendantanganan Berita Acara Musrenbang oleh para Bupati/Pj.Bupati/Pj.Walikota se-Provinsi NTT. Pj. Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, SH,MA,MH yang menghadiri Musrenbang dimaksud, turut menandatangani Berita Acara Musrenbang RKPD Provinsi NTT Tahun 2025 bersama para Bupati/Pj.Bupati/Pj.Walikota. Penandatanganan disaksikan Pj. Gubernur NTT Ayodhia Kalake, Forkompimda Provinsi NTT dan peserta Musrenbang dari 22 Kabupaten/Kota.

Diketahui, selain Musrenbang RKPD Tahun 2025, Pemprov NTT juga menggelar Musrenbang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Provinsi NTT Tahun 2025-20245 yang akan dilaksanakan, selasa 23 April 2025. Visi RPJPD Provinsi NTT 2025-2045 adalah “ Flobamorata Mandiri, Maju, dan Berkelenjutan guna Mewujudkan Indonensia Emas 2045”.*(Bidkom_DKISP Rote Ndao/Prokopim)

Peluncuran

Pj. Bupati Hadiri Peluncuran Tahapan dan Jadwal Pemilihan Bupati dan Wabup Rote Ndao Tahun 2024

Tahapan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Rote Ndao yang puncaknya pada bulan November 2024 resmi dilaunching oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rote Ndao. Hal ini setelah KPU Kabupaten Rote Ndao menggelar ceremonial Peluncuran Tahapan dan Jadwal Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Rote Ndao Tahun 2024, kamis (18/04/2024) bertempat di Aula Meeting Graha Narwastu, Ba’a.

Hadir dalam ceremonial peluncuran, Penjabat Bupati Rote Ndao Oder Mask Sombu, SH,MA,MH, Kapolres Rote Ndao AKBP Mardiono, S.ST., M.K.P, Dandim 1627/Rote Ndao Letkol Inf. Albert Inkiriwang, S.I.P, Danlanal Pulau Rote Letkol Laut (P) Andik Irwanto, Pejabat Kejaksaan Negeri Rote Ndao Edi Mantolas, SH, Ketua KPU Kab. Rote Ndao Agabus Lau, SE, Komisioner Bawaslau Kab. Rote Ndao Patje J.B. Tari serta undangan lainnya.

Ceremonial peluncuran juga ditandai dengan penyerahan secara simbolis Tahapan dan Jadwal pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Rote Ndao Tahun 2024 dari KPU Kabupaten Rote Ndao kepada Pemda Rote Ndao, Forkompimda dan Bawaslu Kabupaten Rote Ndao.

Penyerahan simbolis Tahapan dan Jadwal Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Rote Ndao Tahun 2024 dari KPU Kabupaten Rote Ndao kepada Pemda Rote Ndao yang diterima Pj. Bupati Oder Maks Sombu, SH,MA,MH. Penyerahan dilakukan kepada Forkompimda dan Bawaslu Kabupaten Rote Ndao.
Penyerahan simbolis Tahapan dan Jadwal Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Rote Ndao Tahun 2024 dari KPU Kabupaten Rote Ndao kepada Pemda Rote Ndao yang diterima Pj. Bupati Oder Maks Sombu, SH,MA,MH. Penyerahan juga dilakukan kepada Forkompimda dan Bawaslu Kabupaten Rote Ndao.

Pj. Bupati Oder Maks Sombu saat menyampaikan sambutan mengatakan, pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Rote Ndao adalah momen penting yang akan menentukan arah dan langkah pembangunan Kabupaten Rote Ndao ke depan. Ia meminta seluruh komponen di daerah tetap bersatu, mendukung semua tahapan pelaksanaan pemilihan agar berlangsung secara adil, jujur dan berkualitas

“ Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati merupakan momen penting dalam menentukan arah pembangunan daerah kita kedepan. Karena itu, seluruh komponen di daerah mesti bersatu dalam mendukung seluruh tahapan pelaksanaan pemilihan secara adil, jujur dan berkualitas,” pintanya.

Hajatan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Rote Ndao juga dinilainya sebagai momentum untuk memperkuat komitmen terhadap prinsip-prinsip demokrasi dan partisipasi aktif dalam proses pembangunan daerah. Dalam proses yang demokratis tentu dapat menciptakan pemerintahan yang lebih baik, berpihak kepada masyarakat serta mampu menghadapi tantangan yang akan dihadapi.

Penyelenggaraan tahapan ini, lanjut Pj. Bupati Oder Maks Sombu, bukan semata hanya menjadi tanggungjawab KPU, melainkan tanggung jawab bersama. Untuk itu semua elemen masyarakat Rote Ndao harus turut mengawal setiap jalannya tahapan.

Ia juga meminta dalam melewati semua tahapan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Rote Ndao, semua pihak harus menjunjung persatuan dan kesatuan, sehingga setiap langkah yang diambil selalu berorientasi pada kemajuan Kabupaten Rote Ndao.

“ Mari kita selalu menjaga semangat persatuan dan kesatuan dalam setiap langkah yang diambil demi kemajuan Kabupaten Rote Ndao kedepannya. Kerja keras dan kerja sama akan menjadi kunci keberhasilan dalam proses yang demokratis dan berdaulat,” pinta Pj. Bupati Oder Maks Sombu.

Pj. Bupati Oder Maks Sombu bersama Forkompimda Kab. Rote Ndao serta KPU dan Bawaslu Kab. Rote Ndao menekan tombol tanda peluncuran Tahapan dan Jadwal Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Rote Ndao Tahun 2024.
Pj. Bupati Oder Maks Sombu bersama Forkompimda Kab. Rote Ndao serta KPU dan Bawaslu Kab. Rote Ndao menekan tombol tanda peluncuran Tahapan dan Jadwal Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Rote Ndao Tahun 2024.

Sementara Ketua KPU Kabupaten Rote Ndao Agabus Lau ditempat yang sama mengatakan, sebagai penyelenggara, KPU Kabupaten Rote Ndao harus selalu memastikan setiap tahapan yang berlangsung harus berjalan dengan aman dan lancar.

Ia juga berharap semua komponen di daerah Bersatu menyukseskan tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Rote Ndao tahun 2024 ini. Dengan dukungan dari semua pihak, tentu seluruh tahapan dimaksud dapat berjalan dengan aman dan lancar.

“ Berharap semua Komponen dapat bersatu mengsukseskan tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Rote Ndao. Mengharapkan dukungan dari semua pihak terkait agar seluruh tahapan ini dapat berjalan dengan lancar di Kabupaten Rote Ndao,” jelasnya.*(Bidkom_DKISP Rote Ndao/Prokopim)

Panen Padi

Giat Pj. Bupati Panen Raya Padi di Oebau dan Penanaman Simbolis Bibit Hortikultura di Tunganamo

Penjabat Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, SH,MA,MH bersama masyarakat Desa Oebau Kecamatan Pantai Baru melakukan Panen Raya Padi di Kompleks Pertanian Kosi, Kamis (18/04/2024). Suasana bahagia nampak dari raut para petani dalam momen panen raya ini mensyukuri hasil panen yang didapat masyarakat di wilayah tersebut.

Hadir bersama Pj. Bupati Oder Maks Sombu, Kapolres Rote Ndao AKBP Mardiono S.ST. M.K.P, Dandim 1627/Rote Ndao Letkol Inf. Alber Ingkiriwang S.I.P dan Paur Intel Lana Pulau Rote Letda Laut (P) Lamhot Marsidi. Turut mendampingi Pj. Bupati Oder Maks Sombu Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Rote Ndao Salmun Haning,SE dan Camat Pantai Baru Micha Manubulu S.Pi.

Pj. Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, SH,MA,MH dan Forkompimda melakukan Panen Raya Padi bersama Masyarakat di Desa Oebau.
Pj. Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, SH,MA,MH dan Forkompimda melakukan Panen Raya Padi bersama masyarakat di Desa Oebau.

Di sela-sela proses panen raya, Pj. Bupati Oder Maks Sombu menyampaikan rasa syukur atas kerja keras para petani yang telah mencapai hasil panen yang baik ini. Panen raya padi ini tidak hanya menjadi kebanggaan bagi petani kita, tetapi juga mencerminkan potensi sektor pertanian di Kabupaten Rote Ndao yang terus berkembang.

Hasil panen yang baik ini diharapkan akan meningkatkan kesejahteraan petani dan masyarakat sekitar. Selain itu juga, dengan produksi yang baik, tentu dapat menjaga stabilitas ketersediaan pangan, tetap terjangkau dan memberikan manfaat secara ekonomi bagi petani.

Usia panen raya, Pj. Bupati Oder Maks Sombu bersama Forkompimd juga bertatap muka dengan masyarakat setempat yang tergabung dalam Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Lopule yang diketahui turut mengelola persawahan di Kompleks Pertanian Kosi Desa Oebau.

Pj. Bupati Oder Maks Sombu tatap muka bersama masyarakat saat Panen Raya Padi dan Penanaman Bibit Bawang Merah dan Cabai.
Pj. Bupati Oder Maks Sombu tatap muka bersama masyarakat saat Panen Raya Padi dan Penanaman Bibit Bawang Merah dan Cabai.

Momen ini dimanfaatkan Pj. Bupati Oder Maks Sombu untuk menerima masukan, mendengar pendapat serta aspirasi masyarakat. Ia menegaskan komitmen pemerintah daerah yang terus mendukung pengembangan sektor pertanian melalui program-program yang berkelanjutan. Pemerintah daerah, jelasnya, akan terus memberikan dukungan kepada para petani dan terus mendorong inovasi serta teknologi dalam pertanian guna meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan petani kita.

Penanaman Simbolis Bawang Merah dan Cabai di Tungganamo

Dari Desa Oebao, Pj. Bupati Oder Maks Sombu dan rombongan bertolak ke Desa Tunganamo. Disana, Pj. Bupati bersama Forkompimda juga bersama masyarakat setempat melakukan penanaman secara simbolis bibit Hortikultura berupa Bawan Merah dan Cabai.

Pj. Bupati Oder Maks Sombu bersama Forkompimda juga bertatap muka dengan Masyarakat usai prosesi penanaman bibit Bawang Merah dan Cabai. Kegiatan seperti ini, sebagai wujud kolaborasi antara pemerintah daerah dan masyarakat dalam mendukung ketahanan pangan di Kabupaten Rote Ndao.

Pj. Bupati Oder Maks Sombu bersama Forkompimda melakukan penanaman simbolis Bibit Bawang Merah dan Cabai di Desa Tunganamo.
Pj. Bupati Oder Maks Sombu bersama Forkompimda melakukan penanaman simbolis Bibit Bawang Merah dan Cabai di Desa Tunganamo.

Pemerintah daerah, jelasnya, terus mendukung pengembangan pertanian berkelanjutan serta mengedepankan semangat gotong royong dan kebersamaan dalam membangun ketahanan pangan local sebagaiman tampak dalam kegiatan tersebut.*(Bidkom_DKIP Rote Ndao/Prokopim)

Penrimaan Aduan

Hari Pertama Digelar, Penerimaan Pengaduan Masyarakat “Merekap” Sejumlah Aduan

Pasca dikeluarkan Pengumuman Penjabat Bupati Rote Ndao perihal Penerimaan Pengaduan Masyarakat, hari ini Kamis (18/04/2024) sejumlah perwakilan dan tokoh masyarakat menghadiri kegiatan yang diagendakan setiap hari kamis tersebut. Perwakilan masyarakat ini hadir dan menyampaikan berbagai informasi berkaitan dengan proses pembangunan yang terjadi di sekitarnya.

Informasi yang disampaikan, didengar secara langsung dan mendapat respon balik oleh Pj. Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, SH,MA,MH, Sekretaris Daerah Drs. Jonas M. Selly, Asisten Administrasi Umum Jermi Haning,Ph.D serta pimpinan perangkat daerah Pemkab Rote Ndao.

Pj. Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, SH,MA,MH merespon penyampaian perwakilan Masyarakat saat kegaiatan Penerimaan Pengaduan Masyarakat di ruang Loby Lanati I Kantor Bupati Rote Ndao.
Pj. Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, SH,MA,MH merespon penyampaian perwakilan masyarakat saat kegaiatan Penerimaan Pengaduan Masyarakat di ruang Loby Lanati I Kantor Bupati Rote Ndao.

Diketahui, dalam Pengumuman Pj. Bupati Rote Ndao Nomor 800/314/DKISP/2024 tanggal 5 April 2024, Pj. Bupati Rote Ndao menerima pengaduan secara langsung dari masyarakat terkait permasalahan, kendala dan hambatan dalam urusan Penyelenggaraan Pemerintahan, Pembangunan dan Pelayanan Kemasyarakatan.

Penerimaan pengaduan dimaksud akan dilaksanakan pada setiap hari Kamis pukul 08.00 s/d 09.30 Wita, terhitung sejak tanggal 18 April 2024, bertempat di Lobi Lantai 1 Kantor Bupati Rote Ndao

Secara umum, perwakilan masyarakat yang hadir kali ini di ruang Loby Lantai I Kantor Bupati Rote Ndao menyampaikan informasi terkait pembanguan Gedung PAUD, Polindes, penyaluran pupuk kepada petani, pengisian kekosongan guru di sekolah swasta, permintaan bantuan Hand Traktor, perbaikan rumah rusak akibat bencana Seroja, perluasan jaringan listrik, pemanfaatan air Pamsimas serta penyaluran ganti rugi bagi masyarakat terdampak tumpahan minyak Montara.

Foto bersama Pj. Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, SH,MA,MH, Sekretaris Daerah Kabupaten Rote Ndao Drs. Jonas M. Selly, MM, Asisten Administrasi Umum Jermi Haning,Ph.D, pimpinan Perangkat Daerah dengan perwakilan masyarakat.
Foto bersama Pj. Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, SH,MA,MH, Sekretaris Daerah Kabupaten Rote Ndao Drs. Jonas M. Selly, MM, Asisten Administrasi Umum Jermi Haning,Ph.D, pimpinan Perangkat Daerah dengan perwakilan masyarakat.

Penyampaian informasi dan pengaduan pun langsung dijawab oleh Pj. Bupati Oder Maks Sombu dan Sekretaris Daerah Jonas M. Selly. Selanjutnya semua perangkat daerah yang hadir menindaklanjuti sesuai bidang tugas masing-masing.

Pj. Bupati Oder Maks Sombu mengapresiasi kehadiran perwakilan masyarakat dalam kegiatan Penerimaan Pengaduan Masyarakat ini. Ia menegaskan bahwasanya pemerintah daerah mengambil langkah-langkah konkret dalam menanggapi setiap pengaduan yang masuk.

Sebab, ruang pegaduan yang disediakan ini diharapkan akan menjadi sarana yang transparan, terbuka, dan responsif bagi masyarakat dalam menyampaikan beragam informasi maupun kendala yang dihadapi terkait Penyelenggaraan Pemerintahan, Pembangunan dan Pelayanan Kemasyarakatan di daerah.

Salah satu perwakilan masyarakat saat menyampaikan informasi dalam kegiatan Penerimaan Pengaduan Masyarakat yang digelar, Kamis (18/04/2024).
Salah satu perwakilan masyarakat saat menyampaikan informasi dalam kegiatan Penerimaan Pengaduan Masyarakat yang digelar, Kamis (18/04/2024).

*(Bidkom_DKISP Rote Ndao)

BPK

Pj. Bupati Rote Ndao Menerima Kunjungan Tim BPK NTT, Rumah Detensi Imigrasi Kupang dan UPP Kelas III Ba’a

Tiga agenda kunjungan silaturahmi dan koordinasi dari tiga instansi dijalani Penjabat Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, SH,MA,MH, rabu (17/04/2024) di ruang kerja Bupati Rote Ndao. Tiga instansi dimaksud yakni Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi NTT, Rumah Detensi Imigrasi Kupang dan kantor UPP Kelas III Ba’a. Pj. Bupati Oder Maks Sombu didampingi Sekretaris Daerah Drs. Jonas M. Selly, MM, Inspektur Kabupaten Rote Ndao Arkalaus Lenggu,S.Pd dan Kepala BKAD Daniel W. Nalle, S.Pt.

Kunjungan pertama oleh Tim BPK Perwakilan NTT dan diterima Pj. Bupati Oder Maks Sombu. Kedatangan Tim BPK Perwakilan NTT tersebut dalam rangka memulai pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun 2023 pada Pemkab Rote Ndao. Tim BPK diketuai oleh Hernanda Wicaksono bersama lima orang anggota masing-masing Zulkarnaen Rizal Pahlevi, Sofy Septiani, Fany Lukas De Haan, I Nyoman Adinugraha Katulistiwa dan Jelita Puspitasari. Pemeriksaan oleh Tim BPK Perwakilan NTT berlangsung sejak tanggal 16 April 2024 sampai 30 Mei 2024.

Pj. Bupati Oder Maks Sombu, SH,MA,MH didampingi Sekretaris Daerah Drs. Jonas M. Selly, MM, Inspektur Kabupaten Rote Ndao Arkalaus Lenggu,S.Pd dan Kepala BKAD Daniel W. Nalle, S.Pt menerima kunjungan Tim BPK Perwakilan NTT.
Pj. Bupati Oder Maks Sombu, SH,MA,MH didampingi Sekretaris Daerah Drs. Jonas M. Selly, MM, Inspektur Kabupaten Rote Ndao Arkalaus Lenggu,S.Pd dan Kepala BKAD Daniel W. Nalle, S.Pt menerima kunjungan Tim BPK Perwakilan NTT.

Diberitakan sebelumnya Pemda Rote Ndao secara resmi menyerahkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Unaudited Tahun Anggaran 2023 kepada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi NTT di Kupang. Penyerahan LKPD ini dilakukan dalam kegiatan Penyerahan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Unaudited Tahun 2023 oleh Pemerintah Daerah Di Wilayah Provinsi NTT, bertempat di kantor BPK Perwakilan Provinsi NTT, kamis 28 Maret 2024.

Pj. Bupati Oder Maks Sombu juga menerima kunjungan dari Kepala Rumah Detensi Imigrasi Kupang Ma’mum, Kepala Seksi Registrasi, Administrasi dan Pelaporan I Putu Sukarna Antara, Kepala Subseksi Administrasi dan Pelaporan Jormida Baunsele  dan staf pelaksana Devid Alberto Lahur.

Pj. Bupati Oder Maks Sombu menerima kunjungan dari jajaran Rumah Detensi Imigrasi Kupang.
Pj. Bupati Oder Maks Sombu menerima kunjungan dari jajaran Rumah Detensi Imigrasi Kupang.

Pihak Rumah Detensi Imigrasi bermaksud melakukan audiens dengan Pj. Bupati Oder Maks Sombu dalam rangka kegiatan Sosialisasi Penguatan Tugas dan Fungsi Rumah Detensi Imigrasi. Sosialisasi tersebut teragendakan berlangsung pada Kamis 18 April 2024 bertempat di Anugerah Surf & Dive Resort.

Kunjungan terakhir datang dari Kepala Kantor UPP Kelas III Ba’a Harry W. Husin, S.Sos,MM dan staf pelaksana Gotlif A. Elimanafe, S.H. Pihak UPP Kelas III Ba’a bernaksud meminta dukungan Pemda Rote Ndao terkait koordinasi ke Provinsi menyangkut berlabuhnya Kapal Bahari Express di Pelabuhan Papela Kecamatan Rote Timur agar dialihkan ke pelabuhan Pantai Baru karena faktor cuaca yang tidak mendukung.

Pj. Bupati Oder Maks Sombu menerima kunjungan jajaran Kantor UPP Kelas III Ba'a.
Pj. Bupati Oder Maks Sombu menerima kunjungan jajaran Kantor UPP Kelas III Ba’a.

Pj. Bupati Oder Maks Sombu menyambut baik tiga kegiatan kunjungan dari BPK Perwakilan NTT, Rumah Detensi Imigrasi Kupang dan kantor UPP Kelas III Ba’a. Pemda Rote Ndao, jelasnya, memberikan apresiasi atas korodinasi yang dilakukan oleh perwakilan instansi tersebut.*(Bidkom_DKISP Rote Ndao/Prokopim)

Marina

Pj. Bupati Rote Ndao Raker dengan Masyarakat Dua Desa Terkait Pembangunan Pelabuhan Marina

Pemkab Rote Ndao sedang mengkoordinasikan Pembangunan Pelabuhan Marina yang berlokasi di Desa Ofalangga dan Desa Tesabela Kecamatan Pantai Baru. Terkait hal ini, Penjabat Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, SH,MA,MH, rabu (17/04/2024) melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) ke lokasi pembangunan dalam rangka rapat kerja bersama masyarakat setempat dan pihak pengembang.

Daerah dengan pariwisata laut dan pantai yang besar seperti Rote Ndao sangat potensial untuk pembangunan Pelabuhan Marina. Pelabuhan Marina memang dikhususkan untuk kepentingan pariwisata dan menjadi tempat khusus bagi kapal pesiar untuk berhenti. Selain kapal pesiar, jenis kapal lain seperti speed boat juga  memanfaatkan pelabuhan Marina untuk berlabuh ataupun bersandar.

Pj. Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu SH.,MA.,MH rapat kerja bersama masyarakat dua desa terkait Pembangunan Pelabuhan Marina.
Pj. Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu SH.,MA.,MH rapat kerja bersama masyarakat dua desa terkait Pembangunan Pelabuhan Marina.

Pj. Bupati Oder Maks Sombu hadir bersama Sekretaris Daerah Kabupaten Rote Ndao Drs. Jonas M. Selly, MM, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Armis Saek, ST, sejumlah pimpinan Perangkat Daerah, Camat Pantai Baru Micha Manubulu, S.Pi dan jajaran serta Kepala Desa Ofalangga dan Kepala Desa Tesabela. Dari salah satu pihak pengembang hadir Komisaris PT. Indo Mare Indonesia Oki Subadio.

Lewat rapat kerja ini, diharapkan koordinasi akan terbangun secara baik antara para pihak guna mendukung Pembangunan Pelabuhan. Apalagi diketahui dalam proses Pembangunan, Pelabuhan Marina membutuhkan sekitar 200 hektar lahan.

Pj. Bupati Oder Maks Sombu menyatakan pembangunan pelabuhan Marina akan sangat bermanfaat untuk kelangsungan investasi jangka panjang bagi  masyarakat dan daerah. Efeknya ke pertumbuhan ekonomi Masyarakat juga cukup besar.

Pembangunan Pelabuhan Marina, kata Pj. Bupati Oder Maks Sombu, akan diikuti penyediaan berbagai fasilitas umum pendukung lainnya serta terbuka lapangan kerja baru yang menyerap tenaga kerja. Sehingga Masyarakat dapat menerima manfaat yang cukup besar dari pembangunan Pelabuhan Marina.

Foto bersama Pj. Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu SH.,MA.,MH, Sekretaris Daerah Kabupaten Rote Ndao Drs. Jonas M. Selly, MM, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Armis Saek,ST, Camat Pantai Baru Micha Manubulu, S.Pi dan Komisaris PT. Indo Mare Indonesia Oki Subadio dengan perwakilan masyarakat dua desa.
Foto bersama Pj. Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu SH.,MA.,MH, Sekretaris Daerah Kabupaten Rote Ndao Drs. Jonas M. Selly, MM, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Armis Saek,ST, Camat Pantai Baru Micha Manubulu, S.Pi dan Komisaris PT. Indo Mare Indonesia Oki Subadio dengan perwakilan masyarakat dua desa.

Sementara Komisaris PT. Indo Mare Indonesia Oki Subadio pembangunan Pelabuhan Marina bertujuan ikut memajukan parawisata di Kabupaten Rote Ndao. Selain itu juga berdampak pada pada pertumbuhan ekonomi masyarakat karena akan dibukanya fasilitas umum seperti rumah sakit, penginapan dan juga bengkel untuk perawatan kapal sehingga menyerap tenaga kerja.*(Bidkom_DKISP Rote Ndao/Prokopim)

Apel Korpri 1

Pimpin Apel Korpri, Pj. Bupati Menyerahkan SK Pengangkatan 115 PPPK Kesehatan Formasi 2023 dan Ikrar Netralitas ASN

Penjabat Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, SH,MA,MH memimpin Apel Kesadaran Korpi Pemkab Rote Ndao, rabu (17/04/2024) di lapangan upacara kantor Bupati Rote Ndao. Apel diikuti Sekretaris Daerah Kabupaten Rote Ndao Drs. Jonas M. Selly, MM, para Asisten Sekda dan pimpinan perangkat daerah bersama ASN Pemkab Rote Ndao serta Kepala Desa/Lurah. Dalam rangkaian apel, Pj. Bupati Oder Maks Sombu menyerahkan Keputusan Bupati Rote Ndao tentang Pengangkatan 115 Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Tenaga Kesehatan Formasi Tahun 2023.

Sebanyak 115 orang calon PPPK hari ini resmi diangkat setelah menerima Keputusan Bupati Rote Ndao tentang Pengangkatan 115 PPPK Tenaga Kesehatan Formasi Tahun 2023. Keputusan Bupati tersebut diserahkan langsung secara simbolis oleh Pj. Bupati Oder Maks Sombu dalam Apel Kesadaran Korpri. Ia menyampaikan selamat bertugas kepada 115 orang PPPK yang resmi diangkat tersebut.

“ Pada kesempatan ini (Apel Korpri) diserahkan Keputusan Bupati Rote Ndao tentang pengangkatan 115 PPPK Tenaga Kesehatan Formasi Tahun 2023. Saya menyampaikan selamat kepada semua. Hari ini merupakan babak baru dalam kehidupan adik-adik. Saya berharap apa yang diterima hari ini akan membawa berkat bagi kehidupan adik-adik selanjutnya,” ungkap Pj. Bupati Oder Maks Sombu.

Apel Kesadaran Korpri, rabu (17/04/2024) di lapangan upacara Kantor Bupati Rote Ndao, dipimpin Pj. Bupati Oder Maks Sombu, SH,MA,MH.
Apel Kesadaran Korpri, rabu (17/04/2024) di lapangan upacara Kantor Bupati Rote Ndao, dipimpin Pj. Bupati Oder Maks Sombu, SH,MA,MH.

Pj. Bupati Oder Maks Sombu mengatakan proses cukup panjang dilalui baik pemerintah daerah maupun ASN PPPK hingga tahapan pengangkatan. Karena itu, Ia berharap keberadaan para PPPK harus memberikan manfaat bagi masyarakat Rote Ndao secara keseluruhan. Menurutnya, banyak pihak yang mendambakan profesi ini namun tidak semua dapat terpilih.

“ Keberadaan saudara-saudari harus memberikan manfaat bagi masyarakat Rote Ndao. Banyak orang yang mendambakan profesi ini namun saudara-saudarilah yang terpilih,” pinta Pj. Bupati Oder Maks Sombu.

Ia juga menghimbau para PPPK yang diangkat untuk terus mengedepankan etika, moral dan loyalitas dalam pelaksanaan tugas dan keseharian di masyarakat. Sebab dalam kapasitas sebagai ASN Pemkab Rote Ndao, kemanapun pergi dan berada akan selalu membawa nama besar ASN Kabupaten Rote Ndao.

Pj. Bupati Oder Maks Sombu secara simbolis menyerahkan SK Pengangkatan 115 PPPK Tenaga Kesehatan Formasi Tahun 2023 kepada perwakilan penerima.
Pj. Bupati Oder Maks Sombu secara simbolis menyerahkan SK Pengangkatan 115 PPPK Tenaga Kesehatan Formasi Tahun 2023 kepada perwakilan penerima.

“ Kepada saudara-saudara saya tegaskan agar selalu mengedepankan etika, moral dan loyalitas. Karena mulai hari ini kemanapun saudara pergi dan berada akan selalu membawa nama besar ASN Kabupaten Rote Ndao. Harus menjaga citra yang baik dan menunjukan loyalitas yang tinggi dalam pelaksanaan tugas. Patuhilah segala ketentuan dan peraturan yang berlaku serta jauhi apa yang dilarang. Tekuni pekerjaan dengan sebaik-baiknya. Banyaklah belajar, niscaya saudara akan mencapai keberhasilan dalam pekerjaan,” himbau Pj. Bupati Oder Maks Sombu.

Ikrar Netralitas ASN

Selain penyerahan Keputusan Pj. Bupati Rote Ndao tentang Pengangkatan 115 PPPK Tenaga Kesehatan Formasi Tahun 2023, Apel kesadaran Koripri juga diisi Ikrar bersama ASN Pemkab Rote Ndao tentang netralitas pada pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Tahun 2024. Ikrar Netralitas ASN ini dipimpin Pj. Bupati Oder Maks Sombu.

Ia mengatakan, ASN selalu menunjukan kesadaran dan kesiapan sebagai abdi negara dan abdi masyarakat.  Karena itu, ASN diminta untuk tetap menjaga netralitas dan ikrar yang diucapkan adalah tanda bahwa ASN tidak berpihak dan berfokus pada tugas dan pelayanan sebagai abdi negara dan masyarakat.

Foto bersama Pj. Bupati Rot Ndao Oder Maks Sombu, SH,MA,MH dan Sekretaris Daerah Kabupaten Rote Ndao Drs. Jonas M. Selly, MM dengan peserta Apel Kesadaran Korpri usai prosesi Ikrar Netralitas ASN.
Foto bersama Pj. Bupati Rot Ndao Oder Maks Sombu, SH,MA,MH dan Sekretaris Daerah Kabupaten Rote Ndao Drs. Jonas M. Selly, MM dengan peserta Apel Kesadaran Korpri usai prosesi Ikrar Netralitas ASN.

“ Kita menunjukan kesadaran dan kesiapan kita sebagai ASN yang selalu siaga melayani masyarakat. Kita mengikrarkan netralitas kita sebagai ASN dalam pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah pada 27 November 2024. Ikrar yang diucapkan sebagai tanda bahwa ASN tidak memihak pada siapap pun. ASN hanya berfokus pada pelaksanaan tugas sebagai abdi negara dan masyarakat,” jelas Pj. Bupati Oder Maks Sombu.

Ikrar Netralitas ASN juga ditandai dengan pencantuman tanda tangan pada spanduk Ikrar Netralitas oleh Pj. Bupati Oder Maks Sombu dan Sekretaris Daerah Jonas M. Selly yang diikuti pimpinan perangkat daerah dan perwakilan peserta apel.*(Bidkom_DKISP Rote Ndao)

Pelabuhan

Hari Terakhir Kunker, Pj. Gubernur NTT Tinjau Pelabuhan Pantai Baru

Penjabat Gubernur NTT Ayodhia Kalake, S.H,MDC mengakhiri rangkaian kunjungannya di Kabupaten Rote Ndao dengan meninjau Pelabuhan Pantai Baru di Kecamatan Pantai Baru, senin (15/04/2024). Ia didampingi Penjabat Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, SH,MA,MH, Sekretaris Daerah Drs. Jonas M. Selly, MM dan jajaran Pemkab Rote Ndao melihat dari dekat pelabuhan yang menjadi salah satu pintu masuk utama ke Kabupaten Rote Ndao tersebut.

Pukul 09.10 Wita, Pj Gubernur Ayodhia Kalake bersama Pj Bupati Oder Maks Sombu dan rombongan bertolak meninggalkan Seed Resort di kawasan spot wisata Nemberala Desa Oenggaut, Kecamatan Rote Barat menuju pelabuhan Papela. Menyusuri perjalanan, Pj. Gubernur Ayodhia Kalake dan rombongan disuguhi pemandangan pantai dan bukit nan indah khas Rote Ndao.

Pj. Gubernur NTT Ayodhia Kalake, S.H,MDC didampingi Pj. Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, SH,MA,MH meninjau Pelabuhan Pantai Baru.
Pj. Gubernur NTT Ayodhia Kalake, S.H,MDC didampingi Pj. Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, SH,MA,MH meninjau Pelabuhan Pantai Baru.

Pj. Gubernur Ayodhia Kalake menyempatkan singgah sekaligus meninjau Pelabuhan Fery Pantai Baru. Pelabuhan yang berada tepat didalam teluk itu adalah salah satu pintu masuk utama ke Kabupaten Rote Ndao. Ditemani Pj. Bupati Oder Maks Sombu, Pj Gubernur Ayodhia Kalake memantau aktivitas penyeberangan serta infrastruktur pelabuhan.

Saat tiba, Pj. Gubernur NTT dan rombongan disambut petugas pelabuhan dan mengarahkan ke pintu masuk pelabuhan. Ia juga melihat berbagai informasi terkait aktivitas penumpang serta proses bongkar muat barang dan kendaraan di pelabuhan tersebut.

Pj. Gubernur NTT Ayodhia Kalake saat meninggalkan Seed Resort di kawasan spot wisata Nemberala Desa Oenggaut Kecamatan Rote Barat
Pj. Gubernur NTT Ayodhia Kalake saat meninggalkan Seed Resort di kawasan spot wisata Nemberala Desa Oenggaut Kecamatan Rote Barat

Beberaa titik yang menjadi fokus peninjauan adalah dermaga, area parkir, dan fasilitas penunjang lainnya. Fasilitas tersebut terbilang vital dalam memastikan pelabuhan dapat melayani volume lalu lintas yang semakin meningkat dengan efisien dan aman.

Setelah menyelesaikan kunjungannya di Pelabuhan Pantai Baru, Pj. Gubernur Ayodhia Kalake, Pj. Bupati Oder Maks Sombu dan rombongan melanjutkan perjalannya menuju Pelabuhan Papela. Pj. Gubenur Ayodhia Kalake bersama Pj. Ketua TP PKK Provinsi NTT Ny. Sofiana Milawati Kalake dan rombongan pun bertolak menuju Kupang menggunakan Kapal Bahari Express.

Foto bersama Pj. Gubernur NTT Ayodhia Kalake, Pj. Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu dan jajaran di Pelabuhan Papela.
Foto bersama Pj. Gubernur NTT Ayodhia Kalake, Pj. Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu dan jajaran di Pelabuhan Papela.

*(Bidkom_DKISP Rote Ndao)

Paipurna Sidang I

Pemkab dan DPRD Gelar Rangkaian Persidangan I LKPJ Bupati Rote Ndao 2023

Pemerintah Kabupaten Rote Ndao dan DPRD memulai rangkaian Persidangan I Tahun 2024 hari ini, selasa (16/04/2024) bertempat di ruang sidang utama DPRD Kabupaten Rote Ndao. Paripurna persidangan yang dibuka resmi oleh Ketua DPRD Alfred Saudila,A.Md dan dihadiri Penjabat Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, SH,MA,MH bersama Sekretaris Daerah Drs. Jonas M. Selly, MM ini adalah dalam rangka penyampaian dan pembahasan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Rote Ndao Tahun Anggaran 2023.

“ Dengan memohon kekuatan dan penyertaan Tuhan Yang Maha Kuasa, maka rapat paripurna DPRD Kabupaten Rote Ndao dengan acara pembukaan Sidang I DPRD Kabupaten Rote Ndao Tahun 2024 saya nyatakan dibuka,” ucap Ketua DPRD Alfred Saudila dalam pernyataan pembukaan untuk membuka resmi Paripurna DPRD.

Pj. Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, SH,MA,MH menandatangani Berita Acara Penyampaian Laporan Keterengan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Rote Ndao Tahun Anggaran 2023.
Pj. Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, SH,MA,MH menandatangani Berita Acara Penyampaian Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Rote Ndao Tahun Anggaran 2023.

Esensi Persidangan I DPRD Kabupaten Rote Ndao Tahun 2024, lanjut Ketua DPRD Alfred Saudila adalah momentum bagi kepala daerah untuk memenuhi kewajiban konstitusional dalam memberikan laporan pertanggungjawaban tahunan atas pelaksanaan pembangunan dan pelayanan kemasyarakat di Kabupaten Rote Ndao kepada DPRD.

“ Atas nama pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Rote Ndao, Saya menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada Pj. Bupati Rote Ndao beserta seluruh jajaran Pemkab Rote Ndao yang telah mempersiapkan seluruh materi persidangan ini dengan baik,” jelasnya.

Dikatakannya, DPRD optimis Persidangan ke-I ini akan dijalani dengan baik sesuai alokasi waktu yang ditetapkan oleh Badan Musyawarah (Banmus) DPRD sebagai wujud kerja sama dan tanggungjawab yang dilaksanakan dengan baik antara pemerintah dan DPRD. Karena itu, waktu yang telah ditetapkan oleh Banmus DPRD dapat digunakan sebaik-baiknya untuk menuntaskan agenda Persidangan ini.

Foto bersama Pj. Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, SH,MA,MH, Ketua DPRD Alfred Sudila,A.Md, Sekretaris Daerah Drs. Jonas M. Selly, MM, Wakil Ketua DPRD Yosia Adrianus Lau,SE, para Asisten Sekda dan Anggota DPRD Kabupaten Rote Ndao.
Foto bersama Pj. Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, SH,MA,MH, Ketua DPRD Alfred Sudila,A.Md, Sekretaris Daerah Drs. Jonas M. Selly, MM, Wakil Ketua DPRD Yosia Adrianus Lau,SE, para Asisten Sekda dan Anggota DPRD Kabupaten Rote Ndao.

Sementara Pj. Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu dalam Nota Pengantar LKPJ Bupati Rote Ndao Tahun Anggaran 2023 menjelaskan, dalam rangka terwujudnya pelaksanaan Otonomi Daerah yng sejalan dengan dengan tuntutan perubahan secara  efektif dan efisien menurut tata kelola pemerintahan yang baik, maka kepala daerah wajib melaporkan penyelenggaraan pemerintahan.

Ia menyatakan apresiasi atas kemitraan pemerintah dan DPRD yang berlangsung secara baik termasuk dalam agenda Persidangan I yang khusus mengenai LKPJ Bupati Rote Ndao Tahun Anggaran 2023. LKPJ Bupati tahun 2023 merupakan penyajian pelaksanaan tugas umum pemerintahan selama tahun 2023 sebagai bagian dari akuntabilitas untuk hasil yang terbaik.

“ Karena itu, melalui kesempatan ini, disampaikan LKPJ Bupati Rote Ndao Tahun Anggaran 2023 yang berpedoman pada Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2019 tentang Laporan dan Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah,” jelas Pj. Bupati Oder Maks Sombu.

Suasana Paripurna Pembukaan Sidang I DPRD Kabupaten Rote Ndao tahun 2024.
Suasana Paripurna Pembukaan Sidang I DPRD Kabupaten Rote Ndao tahun 2024.

Ruang lingkup LKPJ Bupati meliputi hasil penyelenggaraan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan, laporan tentang kebijakan strategis yang ditetapkan oleh kepala daerah dan pelaksanaannya, tindak lanjut rekomendasi DPRD pada LKPJ tahun sebelumnya serta laporan hasil pelaksanaan tugas pembantuan yang diterima dari pemerintah pusat.

Paipurna pembukaan Persidangan I dipimpin Ketua DPRD Alfred Saudila, A.Md bersama Wakil Ketua DPRD Yosia Adrianus Lau,SE serta diikuti para Anggota DPRD Kabupaten Rote Ndao. Pj. Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, SH,MA,MH hadir bersama Sekretaris Daerah Drs. Jonas M. Slly, MM, para Asisten Sekda dan jajaran Pemkab Rote Ndao.*(Bidkom_DKISP Rote Ndao)

Penyambutan Pj. Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, SH,MA,MH saat tiba di tempat acara pengukuhan Lembaga Adat Mbauleo-Leoanak.

Lembaga Adat Mbauleo-Leoanak Dikukuhkan, Pj. Bupati Rote Ndao Beri Pesan Semangat Dedikasi dan Kemitraan Pembangunan

Lembaga Adat Mbauleo-Leoanak Desa Balaoli Kecamatan Loaholu resmi dikukuhkan, senin (15/4/2024). Ceremonial pengukuhan yang berlangsung di Dusun Balaoli Timur, Desa Balaoli yang dihadiri Penjabat Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, SH,MA,MH dan Sekretaris Daerah Kabupaten Rote Ndao Drs. Jonas M. Selly, MM.

Pengukuhan Lembaga Adat ini sebagai wujud pelestarian kearifan lokal sebagai warisan budaya daerah. Pj. Bupati Oder Maks Sombu saat acara pengukuhan mengungkapkan pesan semangat, dedikasi dan tanggungjawab Lembaga Adat ditengah masyarakat serta fungsi kemitraan bersama pemerintah dalam mendukung pembangunan daerah.

Ceremonial pemgukuhan diawali dengan penerimaan secara adat dengan tarian, pengalungan selendang dan pemakaian Topi Ti’i langga oleh Maneleo Koordinator Lunafandu Arkhimes Molle, SH.,MA kepada Pj. Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, Sekretaris Daerah Kabupaten Rote Ndao Drs. Jonas M. Selly, MM dan sejumlah pimpinan perangkat daerah Pemkab Rote Ndao. Pj. Bupati Oder Maks Sombu juga didampingi Camat Loaholu Jemi O Adu, SH.

Penyambutan Pj. Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, SH,MA,MH saat tiba diacara pengukuhan Lembaga Adat Mbauleo-Leoanak.
Penyambutan Pj. Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, SH,MA,MH saat tiba di acara pengukuhan Lembaga Adat Mbauleo-Leoanak.

Pengangkatan Pengurus Lembaga Adat Suku Mbauleo-Leoanak berdasarkan Surat Keputusan Maneleo Mbauleo Nusak Dengka Nomor : 03/LA-MM/IV/2024 tanggal 15 April 2024 tentang Pengangkatan, Maneleo, Manedombe, Mafade dan Penasehat Leo Mbauleo Leoanak Desa Balaoli.

Pj. Bupati Oder Maks Sombu menegaskan pentingnya lembaga adat sebagai penjaga nilai-nilai budaya dan tradisi yang telah turun-temurun diwariskan oleh leluhur. Lembaga adat yang baru dikukuhkan tersebut akan berperan penting dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat.

“ Lembaga adat berperan dalam masayarakat. Sebagai Maneleo harus adil dalam menyelesaikan masalah yang terjadi di dalam Leonya. Tentunya Maneleo juga dengan penuh semangat dan dedikasi akan bekerja dengan penuh tanggung jawab,” pinta Pj. Bupati Oder Maks Sombu.

Sejalan dengan itu, Lembaga Adat juga menjadi mitra bagi pemerintah dalam menyukseskan berbagai kebijakan program dan kegiatan yang berpihak pada kepentingan masyarakat adat diwilayahnya masing-masing. Strategisnya peran Lembaga Adat, Pj. Bupati Oder Maks pun menyampaikan apresiasi atas prosesi pengukuhan yang dilaksanakan serta terhadap dukungan seluruh masyarakat dengan hadir bersama.

Pj. Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu menyampaikam sambutan di acara pengukuhan Lembaga Adat Mbauleo-Leoanak.
Pj. Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu menyampaikam sambutan di acara pengukuhan Lembaga Adat Mbauleo-Leoanak.

Diketahui, Pengurus Lembaga Adat Suku Mbauleo-Leoanak yang dikukuhkan yakni Lazarus Henukh sebagai Maneleo Mbauleo Leoanak, Aprianus Adu sebagai Manedombe, Lamber Fanggi sebagai Mafadek dan Herianus Lengga sebagai Penasehat Leo Mbauleo Leoanak.*(Bidkom_DKISP Rote Ndao)