Kejaksaan

Pj. Bupati Rote Ndao Hadiri Peringatan Hari Bhakti Adhyaksa ke-64 Tahun 2024

Penjabat Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, SH,MA,MH menghadiri Upacara Peringatan Hari Bhakti Adhyaksa ke-64 tahun 2024 tingkat Kabupaten Rote Ndao, Senin (22/07/2024) bertempat di Lapangan Apel Kantor Kejaksanaan Negeri Rote Ndao. Upacara dipimpin Kajari Rote Ndao Budi Narsanto, SH bertindak selaku Inspektur Upacara.

Peringatan Hari Bhakti Adhyaksa ke-64 mengangkat tema ” Akselerasi kejaksaan untuk mewujudkan penegakan hukum modern menuju Indonesia Emas”.  Turut hadir Pj. Ketua TP. PKK Kabupaten Rote Ndao Ny. Yuliana Henukh, S.Pd, M.Th.

Upacara Peringatan Hari Bhakti Adhyaksa ke-64 Tahun 2024, Senin (22/07/2024).
Upacara Peringatan Hari Bhakti Adhyaksa ke-64 Tahun 2024, Senin (22/07/2024).

Kajari Budi Narsanto menyampaikan amanat Jaksa Agung RI Prof. Dr. H. Sanitiar Burhanuddin, SH,MM. yang antara lain memuat sejumlah hal terkait budaya kerja, pemanfaatan tekonologi informasi, pembinaan dan pengawasan serta arah kebijakan institusi menuju Indonesia Emas 2045.

Kajari Budi Narsanto mengungkapkan pelaksanaan budaya kerja yang terencana, prosedural, terukur dan akuntabel dengan terwujudnya kepatuhan internal dan mitigasi resiko untuk mencapai tujuan organisasi.

Selain itu, juga terkait pemanfaatan teknologi informasi dalam pelaksanaan tugas secara efektif dan efisien serta senantiasa menggunakan hati nurani dan akal sehat sebagai landasan dalam melaksanakan tugas dan kewenangan.

Selanjutnya menjadikan pembinaan, pengawasan dan badan pendidikan serta pelatihan kejaksaan sebagai Trisula penggerak perubahan sekaligus penjamin mutu pelaksanaan tugas secara profesional dan terukur, melaksanakan penegakan hukum yang berorientasi pada kesejahteraan masyarakat. Jajaran Kejaksaan juga mempersiapkan dan melaksanakan arah kebijakan institusi dalam menyongsong Indonesia Emas Tahun 2045.

Pj. Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, SH,MA,MH bersama Kajari Rote Ndao Budi Narsanto, SH dan jajaran Kejari Rote Ndao.
Pj. Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, SH,MA,MH bersama Kajari Rote Ndao Budi Narsanto, SH dan jajaran Kejari Rote Ndao.

Diketahui, Pj. Bupati Oder Maks Sombu menghadiri Upacara Peringatan Hari Bhakti Adhyaksa ke-64 tahun 2024 tingkat Kabupaten Rote Ndao yang dipimpin Kajari Budi Narsanto. Seluruh jajaran Kejari Rote Ndao dan Ikatan Adhyaksa Dharmakarini hikmat mengikuti jalannya upacara.*(Bidkom_DKISP Rote Ndao/Prokopim)

Pajak Online

Pemkab Rote Ndao Terapkan Sistem Pembayaran Pajak Online

Pemerintah Kabupaten Rote Ndao mulai menerapkan Sistem Pembayaran Pajak Online. Terobosan digitalisasi pajak ini dalam rangka meningkatkan efisiensi, transparansi serta kemudahan dalam pembayaran pajak. Sistem Pembayaran Pajak Online juga akan semakin melebarkan wilayah pembayaran pajak serta meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Menariknya, Pembayaran Pajak Online ini pertama di NTT dan terintegrasi dalam Aplikasi Rote Smart Service (RSS). Sebuah Aplikasi yang mengintegrasikan berbagai layanan publik di Kabupaten Rote Ndao dalam satu Portal.

Penjabat Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, SH,MA,MH, Jumat (19/07/2024) diruang kerjanya mengatakan, pengembangan inovasi perpajakan ini memberikan dampak yang positif dalam pengelolaan pajak di daerah. Dengan pola pembayaran secara online, berkontribusi pada peningkatan PAD karena adanya efektivitas dan efisiensi pembayaran pajak.

Pj. Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu menunjukan Aplikasi Pembayaran Pajak Online yang terinstal di Handphone.Ia perdana melakukan pembayaran pajak secara online.
Pj. Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, SH,MA,MH menunjukan Aplikasi Pembayaran Pajak Online yang terinstal di Handphone. Ia perdana melakukan pembayaran pajak secara online.

“ Kita perlu mengembangkan inovasi seperti ini. Dengan pola pembayaran secara online ini diharapkan akan meningkat PAD karena efektivitas dan efisiensi pembayaran pajak,” ungkap Pj. Bupati Oder Maks Sombu.

Penerapan Pajak Online, kata Pj. Bupati Oder Maks Sombu turut meminimalisir masalah dan kendala yang dihadapii dalam proses pembayaran pajak yang dilakukan secara manual. Dengan beralih ke digital, PAD meningkat dengan kemudahan akses oleh semua wajib pajak.

“ Kalau inovasi ini dilakukan maka pendapatan dari pajak akan meningkat. Sebab pembayaran secara online meminimalisir berbagai masalah dan kendala yang dihadapi serta lebih transparan. Dengan aplikasi semua otomatis terbaca,” jelas Pj. Bupati Oder Maks Sombu.

Pemberlakuan Pajak Online juga semakin memudahkan dan melebarkan wilayah pembayaran. Karena subjek pajak yang sedang di luar daerah juga bisa melakukan pembayaran dari luar daerah. Pj. Bupati Oder Maks Sombu meminta penerapan Pembayaran Pajak Online segera disosialisasikan kepada publik.

Pj. Bupati Oder Maks Sombu menghimbau masyarakat untuk memanfaatkan kemudahan layanan Pembayaran Pajak Online.
Pj. Bupati Oder Maks Sombu menghimbau masyarakat untuk mulai memanfaatkan kemudahan layanan Pembayaran Pajak Online.

Pj. Bupati Oder Maks Sombu pun menginstal aplikasi Pembayaran Pajak Online dan langsung melakukan pembayaran pajak. Disaksikan Kepala Badan Pendapatan Daerah Diksel Haning,SE serta Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten Rote Ndao Pauwil J. J. Nggili, S.Sos,M.S. Pj. Bupati Oder Maks Sombu menghimbau masyarakat untuk mulai memanfaatkan kemudahan layanan ini.*(Bidkom_DKISP Rote Ndao)

Ibadah ASN 2

Berdampak Bagi Banyak Orang, Tema Ibadah ASN Pemkab Rote Ndao Minggu ke III Juli 2024

Aparatur Sipil Negara (ASN) Lingkup Pemkab Rote Ndao berkumpul dan beribadah bersama, Jumat (19/07/2024) bertempat di Aula Lantai I kantor Bupati Rote Ndao. Ibadah ASN Pemkab Rote Ndao rutin diselenggarakan setiap minggu yang diikuti ASN.

Hadir dalam Ibadah, Pj. Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, SH,MA,MH, Asisten Administrasi Umum Jermi M. Haning,Ph.D dan pimpinan Perangkat Daerah Pemkab Rote Ndao. Ketua Majelis Klasis Lobalain Pdt. Merry J. B. Nalle-Sirah,S.Th memimpin ibadah dan mengangkat tema “Hidup Berdampak Bagi Banyak Orang”.

Foto bersama: Pj. Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, SH,MA,MH, Ketua Majelis Klasis Lobalain Pdt. Merry J. B. Nalle-Sirah, S.Th, Asisten Administrasi Umum Jermi M. Haning,Ph.D dan pimpinan Prangkat Daerah Pemkab Rote Ndao.
Foto bersama: Pj. Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, SH,MA,MH, Ketua Majelis Klasis Lobalain Pdt. Merry J. B. Nalle-Sirah, S.Th, Asisten Administrasi Umum Jermi M. Haning,Ph.D dan pimpinan Prangkat Daerah Pemkab Rote Ndao.

Pj. Bupati Oder Maks Sombu mengungkapkan, Ibadah ASN dengan tema tersebut merefleksikan ASN sebagai pelayanan publik untuk terus hidup dengan bekerja untuk berdampak bagi masyarakat dan daerah. Kita terus diteguhkan dengan kehidupan yang berdampak yang menyenangkan bagi Allah.

“ Berusahalah untuk menyenangkan bagi Allah. Terima kasih Firman Tuhan hari ini. Kita harus berdampak. Dimana saja kita harus menjadi seperti mutiara. Menjadi berkat bagi banyak orang,” pinta Pj. Bupati Oder Maks Sombu.

Sebagai anak-anak Tuhan yang ditempatkan oleh Tuhan di Kabupaten Rote Ndao,  jelasnya, mesti memberi diri dan berkontribusi bagi masyarakat dan daerah dalam berbagai hal terutama dalam pelaksanaan tugas dan tanggungjawab secara baik. Dengan berdampak bagi orang lain dengan sendiri sedang membangun hubungan dengan Tuhan.

“ Apa yang sudah dan harus kita buat. Kita harus berkontribusi bagi daerah. Kita harus berefleksi. Ketika kita berdampak bagi orang lain, kita sedang membangun hubungan dengan Tuhan,” pesan Pj. Bupati Oder Maks sombu.

Ibdah ASN Pemkab Rote Ndao. Mengangkat tema “ Hidup Berdampak Bagi Banyak Orang”.
Ibdah ASN Pemkab Rote Ndao. Mengangkat tema “ Hidup Berdampak Bagi Banyak Orang”.

Ketua Majelis Klasis Lobalain Pdt. Merry J.B. Nalle-Sirah, S.Th juga menyampaikan pesan inspiratif dalam khotbahnya. Ia mengungkapkan makna hidup berdampak bagi banyak orang dalam kapasitas sebagai ASN. Meneladani Tuhan Yesus, berdampak berarti siap berkorban dan memberikan nilai yang positif.

“ Kita hidup dengan berdampak bagi daerah dalam kapasitas kita sebagai ASN. Berdampak berarti siap berkorban untuk orang lain. Berdampak mesti punya pengaruh nilai yang positif. Teladani yang dilakukan oleh Tuhan Yesus. Ia datang membuat kita berharga,” jelasnya.

Lanjutnya, dalam keseharian tugas dan tanggungjawab sebagai ASN, dampak yang diberikan dimulai dari tempat bekerja. Dengan melaksanakan tugas dan tanggungjawab dengan baik, kita memberi dampak bagi Kabupaten Rote Ndao tercinta.*(Bidkom_DKISP Rote Ndao)

Mentan

Pertemuan Pj. Bupati Rote Ndao Dengan Menteri Pertanian Berbuah Dukungan Alsintan dan Pencetakan 50 Ribu Hektar Lahan Pertanian

Penjabat Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, SH,MA,MH membangun komunikasi dan koordinasi dengan Kementerian Pertanian RI. Selasa (16/07/2024), Pj. Bupati Oder Maks Sombu melakukan pertemuan dengan Menteri Pertanian (Mentan) Dr. Ir. H. Andi Amran Sulaiman, M.P. Pertemuan tersebut terkait pengembangan Pertanian di Kabupaten Rote Ndao

Pertemuan antara Pj. Bupati Oder Maks Sombu dengan Menteri Amran berlangsung di Gedung Kementerian Pertanian-Jakarta Selatan. Hadir dalam pertemuan; Tenaga Ahli Menteri Bidang Akselerasi Standarisasi & Program Strategis Kementan Dr.Ir.Abd.Haris Bahrun, M.Si, Staf Khusus Menteri Bidang Kebijakan Pertanian Dr.Ir.Sam Herodian, M.S.

Pj. Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, SH,MA,MH bersama Menteri Pertanian Dr. Ir. H. Andi Amran Sulaiman, M.P. dan jajaran Kementerian Pertanian.
Pj. Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, SH,MA,MH bersama Menteri Pertanian Dr. Ir. H. Andi Amran Sulaiman, M.P. dan jajaran Kementerian Pertanian.

Hadir pula Dirjen Peternakan & Keswan Kementan Dr.Ir.Nasrullah,M.Sc., Kepala Badan SDMP Kementan Prof.Dr.Ir. Dedi Nursyamsi, Kepala Pusat Standardisasi Instrumen Hortikultura Kementan Husnain, MP,M.Sc,Ph.D, serta Kepala Balai Besar Pengujian Standar Instrumen Pascapanen Pertanian Kementan Dr. Asmarhansyah, S.P., M.Sc.

Hal utama yang dibahas adalah terkait tantangan dan peluang pengembangan industri Pertanian di Kabupaten Rote Ndao. Dihadapan Mentan Amran Sulaiman, Pj. Bupati Oder Maks Sombu mennyampaikan tantangan dan peluang pengembangan industri pertanian serta perlunya memodernisasi Pertanian di Kabupaten Rote Ndao menuju Food Sovereign Island (Daerah Berdaulat Pangan).

Pj. Bupati Oder Maks Sombu rinci menjelaskan potensi pertanian Kabupaten Rote Ndao yang besar sebagai salah satu sektor unggulan daerah beserta tantangan dan peluang dalam pengembangannya.

Pj. Bupati Oder Maks Sombu dan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman.
Pj. Bupati Oder Maks Sombu dan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman.

Atas kehadiran Pj. Bupati Oder Maks Sombu, Mentan Amran Sulaiman memberikan respon yang positif. Ia menyambut baik kunjungan Pj. Bupati Oder Maks Sombu di Kementerian Pertanian.

Kementeraian Pertanian, ungkap Mentan Amran Sulaiman, mendukung pengembangan pertanian di Kabupaten Rote Ndao. Ia merespon dan akan memberikan dukungan alat dan mesin pertanian (Alsintan). Ada sekitar 50  sampai 100 Pompa Air serta 20 Traktor yang akan dialokasikan Kementerian Pertanian.

Selain itu, Mentan Amran Sulaiman juga akan memberikan dukungan alat-alat dan perlengkapan Pertanian di Rote Ndao dalam rangka pembukaan lahan baru. Mentan Amran Sulaiman meminta dukungan semua pihak untuk pencetakan lahan pertanian baru di Kabupaten Rote Ndao. Mentan berharap setidaknya ada penambahan 50 ribu hektar lahan pertanian.

Suasana pertemuan Pj. Bupati Oder Maks Sombu dengan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman dan jajaran Kementerian Pertanian di Gedung Kementerian Pertanian, Selasa (16/07/2024).
Suasana pertemuan Pj. Bupati Oder Maks Sombu dengan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman dan jajaran Kementerian Pertanian di Gedung Kementerian Pertanian, Selasa (16/07/2024).

Pj. Bupati Oder Maks Sombu menyambut gembira atensi Menteri Pertanian Amran Sulaiman. Ia mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Menteri Pertanian atas perhatian dan dukungannya terhadap pengembangan pertanian di Kabupaten Rote Ndao.

Diketahui, Pj. Bupati Oder Maks Sombu melakukan pertemuan dengan Menteri Pertanian Amran Sulaiman dan jajaran. Pertemuan tersebut khusus membahas terkait pengembangan Pertanian di Kabupaten Rote Ndao. Pj. Bupati Oder Maks Sombu mengenakan selimut kepada Mentan Amran Sulaiman.*(Bidkom_DKISP Rote Ndao/Prokopim)

Oenale Cup II

Resmi Digelar, Turnamen Sepak Bola Mini Oenale Cup II Tahun 2024 Dibuka Pj. Bupati Rote Ndao

Turnamen Sepak Bola Mini Oenale Cup II Tahun 2024 mulai digelar setelah dibuka secara resmi oleh Pj. Bupati Oder Maks Sombu, SH,MA,MH, Jumat (12/07/2024) di Lapangan Ambapasa, Desa Oenitas Kecamatan Rote Barat. Disaksikan ratusan pengunjung termasuk klub beserta pemain, pelatih dan suporter, Pj. Bupati Oder Maks Sombu melakukan tendangan pertanama menandai turnamen ini resmi resmi digelar.

Sesaat sebelum acara pembukaan dilaksanakan, Pj. Bupati Oder Maks Sombu yang hadir bersama Forkompimda disambut tarian. Hadir mendampingi Pj. Bupati Oder Maks Sombu, Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Kabupaten Rote Ndao Ir. Untung Harjito, Plt. Ketua Asosiasi Kabupaten (Askab) Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Kabupaten Rote Ndao Daniel W. Nalle, S.Pt dan Camat Rote Barat Olens J. Ndoen, SH.

Pj. Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, SH,MA,MH bersama pemain dan official tim laga pembuka Turnamen Sepak Bola Mini Oenale Cup II Tahun 2024.
Pj. Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, SH,MA,MH bersama pemain dan official tim laga pembuka Turnamen Sepak Bola Mini Oenale Cup II Tahun 2024.

Tercatat sebanyak 32 Tim yang berlaga dalam Turnamen Sepakbola Mini Oenale Cup II. Usai melakukan tendangan bola pertama oleh Pj. Bupati Oder Maks Sombu, dilanjutkan dengan laga pembukaan yang mempertemukan Tim Garuda A menjamu Tim Sakubatun.

Pj. Bupati Oder Maks Sombu menyampaikan pentingnya turnamen olahraga sebagai sarana untuk membangun semangat kebersamaan dan sportivitas di kalangan masyarakat, terutama generasi muda. Karena itu Ia mendukung sepenuhnya penyelenggaraan turnamen sepak bola dalam berbagai bentuk.

Pj. Bupati Oder Maks Sombu seraya mengajak seluruh elemen masyarakat agar bersama memberikan dukungan bagi pengembangan olahraga di Kabupaten Rote Ndao termasuk pada cabang sepak bola.

Acara pembukaan Turnamen Sepak Bola Mini Oenale Cup II Tahun 2024 di Lapangan Ambapasa, Desa Oenitas Kecamatan Rote Barat.
Acara pembukaan Turnamen Sepak Bola Mini Oenale Cup II Tahun 2024 di Lapangan Ambapasa, Desa Oenitas Kecamatan Rote Barat.

Lewat gelaran turnamen seperti ini, jelas Pj. Bupati Oder Maks Sombu, generasi muda dilatih untuk selalu menjunjung tinggi sportifitas, kekompakan dan rasa solidaritas. Generasi muda diminta untuk terus semangat berlatih agar bisa menjadi atlet yang berprestasi.

Senada, Plt. Ketua Askab PSSI Kabupaten Rote Ndao Daniel W. Nalle,S.Pt turut memberikan support kepada semua tim yang terlibat dalam turnamen Oenale Cup II. Ia mengapresiasi jajaran panitia penyelenggara dan memotivasi para pemain untuk senantiasa menjunjung tinggi sprotifitas selama pelaksanaan turnamen.*(Bidkom_DKISP Rote Ndao/Prokopim)

Lantik Pj. Lades

Pj. Bupati Rote Ndao Melantik 11 Pj. Kepala Desa Periode 2024-2025

Penjabat Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, SH,MA,MH resmi melantik 11 orang Penjabat Kepala Desa Periode 2024-2025, Jumat (12/07/2024) bertempat di Aula Lantai I kantor Bupati Rote Ndao. Ceremonial pelantikan berlangsung dalam kegiatan Pengambilan Sumpah/Janji Jabatan dan Pelantikan Penjabat Kepala Desa Periode 2024-2025 di Kabupaten Rote Ndao oleh PJ. Bupati Oder Maks Sombu.

Pelantikan 11 Pj. Kepala Desa disaksikan Forkompinda Kabupaten Rote Ndao, para Asisten dan pimpinan Perangkat Daerah Pemkab Rote Ndao , tokoh masyarakat, tokoh agama serta keluarga pendamping.

Pj. Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, SH,MA,MH saat melantik dan mengambil sumpah/janji jabatan 11 Pj. Kepala Desa Periode 2024-2025, Jumat (12/07/2024).
Pj. Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, SH,MA,MH saat melantik dan mengambil sumpah/janji jabatan 11 Pj. Kepala Desa Periode 2024-2025, Jumat (12/07/2024).

Ke-11 Pj. Kepala Desa yang dilantik berada di Kecamatan Rote Barat Daya, Rote Timur, Ndao Nuse, Pantai Baru, Landuleko, Rote Barat Laut dan Kecamatan Rote Barat. Pelantikan ditandai dengan penyematan tanda jabatan oleh Pj. Bupati Oder Maks Sombu kepada perwakilan Pj. Kepala Desa, pembacaan Naskah Pelantikan dan penandatanganan Berita Acara Pelantikan.

Pj. Bupati Oder Maks Sombu menyampaikan selamat kepada para Pj. Kepala Desa yang dilantik. Ia menghimbau segera membangun komunikasi dan bekerja sama untuk masyarakat dan daerah dengan memberi waktu dan pelayanan terbaik. Ia berharap para Pj. Kepala Desa dapat menopang berbagai capaian pemerintah daerah serta berkontribusi dalam upaya penanganan stunting, kemiskinan ekstrim dan pengendalian inflasi diwilayahnya.

“ Saya menaruh harapan besar pada pundak Saudara-saudara. Kewenangan yang saudara miliki haruslah dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Saya berharap Saudara-saudara menunjukan prestasi dan mendukung pemerintah daerah dalam upaya penanganan stunting, kemiskinan ekstrim dan pengendalian inflasi,” pinta Pj. Bupati Oder Maks Sombu.

Foto bersama sejumlah Pj. Kepala Desa terlantik dengan Pj. Bupati Oder Maks Sombu dan Forkompimda.
Foto bersama sejumlah Pj. Kepala Desa terlantik dengan Pj. Bupati Oder Maks Sombu dan Forkompimda.

Pj. Bupati Oder Maks Sombu juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada para Pj. Kepala Desa yang telah mengakhiri masa tugasnya dengan baik. Ia berharap komunikasi yang baik terus terjalin dengan memperkuat silaturahmi mendukung proses pembangunan di daerah.

“ Saya perlu menyampaikan terima kasih, apresiasi serta penghargaan kepada Pj. Kepala Desa bersama keluarga yang telah mengakhiri masa tugasnya dengan baik. Mari kita bergandengan tangan, terus membangun komunikasi dan silaturahmi mendukung pembangunan di daerah ini. Kiranya Tuhan senantiasa memberkati segala upaya kita dalam memberikan yang terbaik bagi masyarakat dan daerah yang kita cintai,” pinta Pj. Bupati Oder Maks Sombu.

Berikut 11 Pj. Kepala Desa yang dilantik:

1. Julius Ndun, SH (Pj. Kepala Desa Dolasi Kecamatan Rote Barat Daya)
2. Jefri Benggu, S.Pd (Pj. Kepala Desa Oetefu Kecamatan Rote Barat Daya)
3. Jansias F. O. Fiah, S.KM (Pj. Kepala Desa Faifua Kecamatan Rote Timur)
4. Jesri T. Nggadas, SH (Pj. Kepala Desa Ndaonuse Kecamatan Ndao Nuse )
5. Denny Y. Z. Baitninas (Pj. Kepala Desa Anarae Kecamatan Ndao Nuse)
6. Yoce Maruse Dupe (Pj. Kepala Desa Batulilok Kecamatan Pantai Baru)
7. Charles Fa’ah, S.Kep (Pj. Kepala Desa Bolatena Kecamatan Landuleko)
8. Zetniyadi M. Johanis, S.Pd (Pj. Kepala Desa Daeurendale Kecamatan Landuleko)
9. Erwin Ade A. Pethan, S.Pd,Gr (Pj. Kepala Desa Fatelilo Kecamatan Pantai Baru)
10. Welem Bastian Lenggu, S.Pd (Pj. Kepala Desa Oelolot Kecamatan Rote Barat)
11. Deny Lalay (Pj. Kepala Desa Modosinal Kecamatan Rote Barat Laut )

*(Bidkom_DKISP Rote Ndao/Prokopim)

Sosialisasi 3

Pemkab Rote Ndao dan FKP2HP Selenggarakan Sosialisasi Pencegahan dan Penanganan Kasus Kekerasan Seksual Terhadap Perempuan

Sebagai upaya mendukung pencegahan tindak kekerasan terhadap perempuan serta berbagai langkah antisipatif, Pemerintah Kabupaten Rote Ndao bersama Forum Komunikasi Pemerhati dan Perjuangan Hak-Hak Perempuan (FKP2HP) Kabupaten Rote Ndao menyelenggrakan Sosialisasi Pencegahan dan Penanganan Kasus Kekerasan Seksual Terhadap Perempuan Dalam Rumah Tangga, Kamis (11/07/2024) bertempat di Aula Hotel Ricky, Ba’a.

Kegiatan Sosialisasi menghadirkan peserta dari berbagai stakholer dan lintas sektor seperti pemerhati sosial, organisasi perempuan, perwakilan Forum Difabel, perwakilan Polres Rote Ndao, tokoh masyarakat, tokoh agama dan perangkat daerah terkait.

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Rote Ndao Drs. Jonas M. Selly, MM. Ia didampingi Kepala Dinas P3AP2KB Regina V. Kedoh, S.STP,M.Si.

Sekretaris Daerah Kabupaten Rote Ndao Drs. Jonas M. Selly, MM pada pembukaan Sosialisasi Pencegahan dan Penanganan Kasus Kekerasan Seksual Terhadap Perempuan Dalam Rumah Tangga, Kamis (11/07/2024).
Sekretaris Daerah Kabupaten Rote Ndao Drs. Jonas M. Selly, MM pada pembukaan Sosialisasi, Kamis (11/07/2024) bertempat di Aula Hotel Ricky, Ba’a.

Sekretaris Daerah Jonas M. Selly menyampaikan apresiasi atas kolaborasi FKP2HP Kabupaten Rote Ndao bersama Pemkab Rote Ndao dalam menyelenggarakan kegiatan ini. Kegiatan seperti ini, ungkap Sekda Jonas M. Selly, akan meningkatkan kesepahaman baik pada tataran konsep maupun upaya nyata bersama dalam mencegah tindak kekerasan dan pemberian perlindungan terhadap perempuan korban tindak kekerasan.

Upaya pencegahan jelas Sekda Jonas M. Selly, dapat dilakukan secara tersetruktur yang dimulai dari tingkatan sosial palling kecil yakni keluarga dan lingkungan desa. Sejalan dengan itu, Sekda Jonas M. Selly mengatakan, kegiatan sosialisasi dilakukan secara intens dengan melibatkan unsur masyarakat, Maneleo, anggota PKK serta tokoh masyarakat pada tingkat desa dan kelurahan.

“ Sehingga kedepannya, masyarakat dan para pemangku kepentingan di tingkat desa dan kelurahan memiliki kesepahaman tentang penyebab KDRT dan upaya pencegahannya, termasuk juga konsekuensi hukum yang ditimbulkan,” jelas Sekda Jonas M. Selly.

Sekretaris Daerah Jonas M. Selly memberikan sambutan dan membuka kegiatan Sosialisasi.
Sekretaris Daerah Jonas M. Selly memberikan sambutan dan membuka kegiatan Sosialisasi.

Pemkab Rote Ndao mendukung dan memberikan apresiasi kepada pihak-pihak yang ikut berkontribusi dalam kegiatan sosialisasi ini. Semua elemen di daerah didorong untuk ikut berpartisipasi dalam upaya bersama pencegahan dan perlindungan terhadap perempuan dan anak korban kekerasan baik psikis, fisik maupun seksual.

Sekda Jonas M. Selly menyampaikan terima kasih atas kerja sama semua pihak baik dalam upaya pencegahan, perlindungan dan penangnan kasus kekerasan terhadap perempuan termasuk kegiatan sosialisasi yang digelar hari ini. Ia berharap mengikuti dengan baik kegiatan ini dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.*(Bidkom_DKISP Rote Ndao)

FKUI

Pertemuan Pj. Bupati Rote Ndao dan Dekan Fakultas Kedokteran UI Membahas Kerja Sama Tugas Belajar Dokter Spesialis

Pemda Kabupaten Rote Ndao akan menjalin kerja sama dengan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dalam rangka peningkatan kualitas layanan kesehatan serta kualifikasi tenaga kesehatan Dokter Spesialis. Untuk itu, Penjabat Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, SH,MA,MH menggelar pertemuan bersama Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KAGEH,MMB, Selasa (09/07/2024).

Dalam pertemuan yang berlangsung di ruang rapat Dekan Fakultas Kedokteran UI, keduanya serius membahas rencana Kerja Sama Tugas Belajar Dokter Spesialis untuk Kabupaten Rote Ndao. Pj. Bupati Oder Maks Sombu didampingi Asisten Administrasi Umum Jermi M. Haning,Ph.D. Pertemuan juga dihadiri Anggota DPR RI terpilih Usman Husin, Ketua Alumni UI Saleh Husin SE,M.SI dan para Dosen FKUI.

Pertemuan antara Pj. Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu dengan Dekan Fakultas Kedokteran Unicersitas Indonesia Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KAGEH,MMB terkait rencana Kerja Sama Tugas Belajar Dokter Spesialis, Selasa (09/07/2024).
Pertemuan antara Pj. Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu dengan Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KAGEH,MMB terkait rencana Kerja Sama Tugas Belajar Dokter Spesialis, Selasa (09/07/2024).

Pj. Bupati Oder Maks Sombu mengungkapkan pentingnya program kerjasama ini untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di Kabupaten Rote Ndao. Kekurangan Dokter Spesialis yang berkualitas menyebabkan masih adanya pasien yang harus di rujuk ke Rumah Sakit yang berada di Kota Kupang.

Atas dasar itu, lanjut Pj. Bupati Bupati Oder Maks Sombu, Pemda Rote Ndao ingin membangun Kerja Sama Tugas Belajar Dokter Dpesialis untuk dokter asal Kabupaten Rote Ndao. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas layanan kesehatan sekaligsus mendukung penanganan dan pencegahan stunting.

Dekan dan para Dosen FKUI menyambut baik rencana kerja sama ini. Sebagai tindak lanjut, akan digelar pertemuan lanjutan secara daring pada tanggal 15 Juli 2024, yang melibatkan Dekan Fakultas Kedokteran Undana, RSUD Ba’a, Dinas Kesehatan dan para Dokter di wilayah Kabupaten Rote Ndao.

Pj. Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu mengenakan selimut kepada Dekan Fakultas Kedokteran Unicersitas Indonesia Ari Fahrial Syam.
Pj. Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu mengenakan selimut kepada Dekan Fakultas Kedokteran Unicersitas Indonesia Ari Fahrial Syam.

Selanjutnya pada tanggal 19 Juli  sampai 23 Juli 2024, Wakil Dekan FKUI Dr. dr. Dwiana Ocviyanti, Sp.OG(K),MPH yang direncanakan menjalani serangkain kegiatan di Kupang, akan langsung berkunjung ke Kabupaten Rote Ndao.

Dalam pertemuan, Pj. Bupati Oder Maks Sombu memberikan selimut kepada Dekan FKUI Ari Fahrial Syam.*(Bidkom_DKISP Rote Ndao/Prokopim)

BPK RI 1

Pj. Bupati Rote Ndao Hadiri Kegiatan Penyampaian LHP LKPP dan Ikhtisar Hasil Pemeriksaan Semester II 2023 oleh BPK RI

Penjabat Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, SH,MA,MH menghadiri kegiatan Penyampaian Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemeriksaan Pemerinatah Pusat (LKPP) Tahun 2023 dan Ikhtisar Hasil Pemeriksaan Semester II Tahun 2023, senin (08/07/2024) yang diadakan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI, bertempat di Cendrawasih Room-Jakarta Convention Center-Jakarta Pusat.

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Presiden RI Joko Widodo.  Mengusung tema “ Menguatkan Fondasi Keuangan Negara, Menuju Indonesia Emas 2045”, kegiatan dihadiri Wakil Presiden Ma’ruf Amin, para Menteri Kabinet Indonesia Maju, Kapolri, Panglima TNI, para Pimpinan Lembaga Negara dan seluruh Kepala Daerah. Penjabat Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu saat menghadiri kegiatan bersama Asisten Administrasi Umum Jermi M. Haning.

Pj. Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu bersama Presiden Joko Widodo disela kegiatan Penyampaian Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemeriksaan Pemerinatah Pusat (LKPP) Tahun 2023 dan Ikhtisar Hasil Pemeriksaan Semester II Tahun 2023, Senin (08/07/2024).
Pj. Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu bersama Presiden Joko Widodo disela kegiatan Penyampaian Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemeriksaan Pemerinatah Pusat (LKPP) Tahun 2023 dan Ikhtisar Hasil Pemeriksaan Semester II Tahun 2023, Senin (08/07/2024).

Presiden Joko Widodo menyampaikan selamat kepada seluruh jajaran Pemerintahan Pusat dan Daerah atas predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dalam Laporan Keuangan. Predikat WTP merupakan kewajiban dalam menggunakan APBN dan APBD serta mempertanggungjawabkannya secara baik.

Dikatakan Presiden, patut disyukuri bahwa kondisi ekonomi dan politik Indonesia masih sangat stabil. Pertumbuhan ekonomi diatas 5,11 % pada Kuartal I tahun 2024, Inflasi tetap terjaga serta pelaksanaan Pemilu yang berlangsung dengan baik. Namun Presiden Joko Widodo tetap mengingatkan bahwa untuk lebih kompetitif dengan negara lain maka kita harus lincah, cepat dan taktis.

“ Harus mampu memanfaatkan peluang sekecil apapun. Oleh karena itu akuntabilitas dan fleksibilitas harus dijalankan secara seimbang. Tidak terbelenggu dengan rumusan, prosedur yang berorentasi pada proses,” uungkap Presiden Joko Widodo.

Pj. Bupati Oder Maks Sombu dan Asisten Administrasi Umum Jermi M. Haning menghadiri kegiatan LHP atas LKPP Tahun 2023 dan Ikhtisar Hasil Pemeriksaan Semester II Tahun 2023.
Pj. Bupati Oder Maks Sombu dan Asisten Administrasi Umum Jermi M. Haning saat menghadiri kegiatan LHP atas LKPP Tahun 2023 dan Ikhtisar Hasil Pemeriksaan Semester II Tahun 2023.

Presiden menegaskan, kita harus berani untuk lebih fokus pada hasil yang dicapai dan manfaat bagi masyarakat serta fokus pada capaian yang membawa kemajuan negara. Presiden Joko Widodo juga berharap reformasi struktural yang telah berjalan penting untuk terus dilanjutkan.

Diketahui, dalam kegiatan juga dilakukan Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemeriksaan Pemerinatah Pusat (LKPP) Tahun Anggaran 2023 dan Ikhtisar Hasil Pemeriksaan Semester II Tahun 2023 dari Ketua BPK RI kepada Presiden RI. Diisi pula dengan penayangan video perjalanan pemeriksaan keuangan negara oleh BPK dilanjutkan dengan sambutan Ketua BPK RI.*(Bidkom_DKISP Rote Ndao/Prokopim)

Merdeka belajar

Ketika Kabupaten Rote Ndao Meraih Tiga Penghargaan Anugerah Merdeka Belajar 2024 Kemendikbudristek

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbusristek) menggelar Anugerah Merdeka Belajar Tahun 2024, bertempat di Plenary Hall Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jumat (05/07/2024) malam.  Sebuah penghargaan dan apresiasi yang diberikan kepada pemerintah daerah yang berkomitmen dan membuat aksi nyata dalam melakukan peningkatan kualitas pendidikan.

Menariknya, Kabupaten Rote Ndao berhasil meraih penghargaan pada 3 kategori dalam Anugerah Merdeka Belajar tahun 2024. Kabupaten Rote Ndao meraih penghargaan untuk kategori Transformasi Pembelajaran, Transformasi Pengelolaan Pendidikan dan Transformasi Anggaran Pendidikan.

Penghargaan diterima Sekretaris Daerah Kabupaten Rote Ndao Drs. Jonas M. Selly, MM didampingi Kepala dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (PKO) Yosep Pandie, S.Pd. Momen Anugerah Merdeka Belajar ini, berbagai capaian implementasi gerakan Merdeka Belajar oleh Pemerintah Daerah di seluruh Indonesia mendapatkan pengakuan dan apresiasi.

Sekretaris Daerah Kabupaten Rote Ndao Drs. Jonas M. Selly, MM menerima Penghargaan 3 Kategori Anugerah Merdeka Belajar Tahun 2024 dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbusristek).
Sekretaris Daerah Kabupaten Rote Ndao Drs. Jonas M. Selly, MM saat menerima Penghargaan 3 Kategori Anugerah Merdeka Belajar Tahun 2024 dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbusristek). (foto:Youtube Kemendikbudristek).

Balai Penjamin Mutu Pendidikan (BPMP) Kemendikbudristek Provinsi NTT memberikan selamat, apresiasi dan bangga atas capaian tersebut. Koordinator Wilayah V BPMP Provinsi NTT Wahid Aman mengatakan, lewat prestasi membanggakan ini, perhatian kian tertuju kepada Pemda Rote Ndao.

“ Sukses buat Pemda Kabupaten Rote Ndao, khususnya Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga yang menerima 3 Kategori penghargaan dari Kemdikbudristek. Atas prestasi ini, semua masyarakat Rote Ndao dan masyarakat NTT tentu menaruh perhatian kepada Pemda Rote Ndao atas 3 kategori penghargaan yang cukup membanggakan ini,” ungkapnya.

BPMP Provinsi NTT, katanya, menaruh rasa bangga dan terima kasih kepada Penjabat Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, SH,MA,MH, Sekretaris Daerah Drs. Jonas M. Selly, MM, Kepala Dinas PKO Yosep Pandie,S.Pd dan semua elemen di Kabupaten Rote Ndao, lewat kerja sama yang terbangun secara baik selama ini guna meningkatkan mutu pendidikan di Bumi Ita Esa, Negeri terselatan NKRI.

“ Kami BPMP NTT bangga dan berterimakasih atas kerjasama yangg kita bangun selama ini guna meningkatkan mutu pendididkan di bumi Ita Esa, Negeri terselatan NKRI. Terimakasih kepada Bapak Pj. Bupati, Bapak Sekda, Bapak Kadis PKO dan seluruh elemen se-Kabupaten Rote Ndao yangg telah bekerjasama dalam mendukung program pendididkan khusunya di Kabupaten Rote Ndao,” ungkap Koordinator Wilayah V BPMP Provinsi NTT Wahid Aman.

BMPM NTT, jelas Wahid Aman, terus mendukung Pemda Rote Ndao dan berharap agar prestasi yang diraih terus dipertahankan dan ditingkatkan di waktu yang akan datang.

Sekretaris Daerah Jonas M. Selly bersama Kepala Dinas PKO Yosep Pandie disela kegiatan Malam Anugerah Merdeka Belajar Thun 2024 yang diselenggarakan di Plenary Hall Jakarta Convention Center (JCC) Senayan-Jakarta.
Sekretaris Daerah Jonas M. Selly bersama Kepala Dinas PKO Yosep Pandie disela kegiatan Malam Anugerah Merdeka Belajar Thun 2024 yang diselenggarakan di Plenary Hall JCC Senayan-Jakarta.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Jonas M. Selly dimalam Anugerah Merdeka Belajar 2024 mengungkapkan, 3 penghargaan Merdeka Belajar tahun 2024 dari Kemendiksbudristek adalah hasil kerja keras bersama seluruh elemen masyarakat, pemerintah dan tenaga pendidik dan kependidikan di Kabupaten Rote Ndao.

Sekda Jonas M. Selly menyatakan rasa syukur dan terima kasih kepada seluruh pihak khususnya Dinas PKO dan jajaran yang telah bekerja keras dalam mewujudkan visi pendidikan yang berkualitas di Kabupaten Rote Ndao seraya berkomitmen mempertahankan dan meningkatkan kualitas pendidikan demi masa depan anak-anak yang lebih baik.

Senada, Kepala Dinas PKO Kabupaten Rote Ndao Yosep Pandie mengatakan, pelaksanaan program Merdeka Belajar yang berjalan baik di Kabupaten Rote Ndao dilakukan dalam rangka untuk mencapai generasi emas pada masa yang akan dating dan dinilai berhasil olej Kemendikbudristek.

Penghargaan yang diraih tersebut, jelasnya, berkenaan dengan berbagai upaya yang telah dilakukan Pemkab Rote Ndao dalam rangka pemenuhan layanan sarana dan prasarana pendidikan di daerah serta yang terutama adalah penyediaan dan peningkatan kualitas SDM pendidikan baik pendidik maupun tenaga kependidikan.

Diketahui, Kemendikbudristek melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah (Ditjen PAUD Dikdasmen) menyelenggarakan Anugerah Merdeka Belajar Tahun 2024. Ini adalah kali kedua kegiatan berskala nasional ini digelar dan Kabupaten Rote Ndao berhasil meraih Penghargaan 3 Kategori yakni Transformasi Pembelajaran, Transformasi Pengelolaan Pendidikan dan Transformasi Anggaran Pendidikan.*(Bidkom_DKISP Rote Ndao/PKO)