FGD 2

Pemkab Rote Ndao, Pokja KLHS dan NGO Gelar FGD Kajian Lingkungan Hidup Strategis untuk RPJPD 2025-2045

Pemkab Rote Ndao mengadakan Focus Group Dicsussion (FGD) bersama NGO dan Tenaga Ahli terkait Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) untuk Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB), rabu (29/11/2023). KLHS bertujuan untuk mengidentifikasi tantangan lingkungan hidup serta merumuskan skenario terbaik untuk pembangunan berkelanjutan dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Rote Ndao Tahun 2025-2045.

FGD dilakukan secara virtual dari ruang TBUPP kantor Bupati Rote Ndao yang fasilitasi Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (DPKPLH) dan melibatkan perangkat daerah Pemkab Rote Ndao.

Peserta FGD antara lain memberikan kajian yang komprehensif dalam pengambilan kebijakan dengan mempertimbangkan aspek lingkungan dalam setiap aspek pembangunan. Hal ini diharapkan dapat memberikan landasan yang kuat untuk langkah-langkah strategis dalam pembangunan yang berkelanjutan.

Kepala DPKPLH Leksy N.Foeh,ST menjelaskan KLHS dilakukan melalui analisis sistematis, menyeluruh dan partisipatif yang menjadi dasar untuk mengintegrasikan tujuan Pembangunan berkelanjutan dalam dokumen Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Rote Ndao Tahun 2025 sampai 2045.

Hal ini yang menjadi dasar Pemkab Rote Ndao menggelar FGD bersama tenaga ahli bidang lingkungan hidup dan NGO serta para pemangku kepentingan. FGD dilakukan untuk merumuskan skenario pembangunan berkelanjutan serta permasalahan, isu strategis dan sasaran strategis Kabupaten Rote Ndao tahun 2025 sampai 2045.

Suasana Focus Group Dicsussion (FGD) secara virtual antara Pemkab Rote Ndao bersama Pokja KLHS dan NGO, rabu (29/11/2023). FGD terkait Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) untuk Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) dalam rangka penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Rote Ndao Tahun 2025-2045.
Suasana Focus Group Dicsussion (FGD) secara virtual antara Pemkab Rote Ndao bersama Pokja KLHS dan NGO, rabu (29/11/2023). FGD terkait Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) untuk Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) dalam rangka penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Rote Ndao Tahun 2025-2045.

Sementara itu, DR. Paul Bhuja, Tim Pokja KLHS dari LP2M Undana Kupang saat memaparkan materi terkait capaian TPB, Isu Strategis, Skenario dan Rekomendasi KLHS RPJPD Kabupaten Rote Ndao mengatakan, secara prinsip terdapat 172 Indikator Tujuan Pembangunan Berkelanjutan yang menjadi kewenangan Kabupaten Rote Ndao.

FGD antara Pemkab Rote Ndao dengan Tenaga Ahli dan NGO ini secara detail mengkaji terkait indikaktor TPB Kabupaten Rote Ndao yang mencakup 4 Pilar yakni Pilar Sosial, Pilar Ekonomi, Pilar Lingkungan dan Pilar Hukum dan Tata Kelola. Tiap pilar memiliki tujuan dan isu-isu strategis pembangunan berkelanjutan dalam KLHS RPJPD Kabupaten Rote Ndao Tahun 2025-2045.*(Bidkom-DKISP RN)

HUT Korpri 02

HUT Ke-78 PGRI, Hari Guru Nasional dan HUT Ke52 KORPRI; KORPRI-kan Indoensia, Transformasi Guru Wujudkan Indonesia Maju

Tiga hajatan nasional; HUT ke-78 PGRI, Hari Guru Nasional 2023 dan HUT ke-52 KORPRI diperingati dalam upacara yang dipusatkan di lapangan upacara kantor Bupati Rote Ndao, rabu (29/11/2023).

Mengusung tema “ KORPRI-kan Indoensia, Transformasi Guru Wujudkan Indonesia Maju” dengan Sub Tema “ Dengan Semangat HUT ke-78 PGRI, Hari Guru Nasional dan HUT ke-52 KORPRI, Kita Tingkatkan Pofesionalisme Guru dan Wujudkan Netralitas ASN Dalam Pemilu dan Pemilu Kepala Daerah Di Kabupaten Rote Ndao “. Bupati Rote Ndao Paulina Haning-Bulle,SE bertindak selaku Inspektur Upacara.

Hadir Wakil Bupati Rote Ndao Stefanus M. Saek,SE,M.Si, Forkompimda Kabupaten Rote Ndao, Sekretaris Daerah Drs. Jonas M. Selly,MM, para Asisten dan pimpinan perangkat daerah Pemkab Rote Ndao serta para ASN termasuk para guru. Bupati Paulina menyampaikan sambutan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim dan Ketua Umum Dewan Pengurus KORPRI Zudan Arif Fakrulloh.

Mendikbudristek Nadiem Makarim, kata Bupati Paulina, mengingatkan agar pelaku pendidikan terus menciptakan lingkungan belajar yang aman, inklusif dan menyenangkan, yang menumbuhkan kemampuan literasi serta karakter murid.

Selanjutnya dengan peluncuran Kurikulum Merdeka Belajar, yang memberi ruang bagi guru untuk mengolah kreatifitas dan inovasi dalam mengembangkan pembelajaran yang menyenangkan sesuai kebutuhan murid serta terbukanya ruang untuk terus belajar dan berbagai diantara sesama guru. Sehingga guru-guru diseluruh indoensia kini saling terhubung, saling belajar dan terinspirasi dalam penerapan Kurikulum Merdeka.

Bupati Rote Ndao Paulina Haning-Bulle,SE dan Wakil Bupati Stefanus M. Saek,SE,M.Si foto bersama para pelajar peserta Upacara Peringatan HUT Ke-78 PGRI, Hari Guru Naional 2023 dan HUT Ke-52 KORPRI, rabu (29/11/2023).
Bupati Rote Ndao Paulina Haning-Bulle,SE dan Wakil Bupati Stefanus M. Saek,SE,M.Si foto bersama para pelajar peserta Upacara Peringatan HUT Ke-78 PGRI, Hari Guru Naional 2023 dan HUT Ke-52 KORPRI, rabu (29/11/2023).

Terobosan selanjutnya adalah menghadirkan program Guru Penggerak yang mendorong lahirnya guru, kepala sekolah dan pengawas sekolah yang mampu memimpin perubahan nyata. Termasuk kian dekatnya capaian satu juta guru ASN guna memenuhi kebutuhan guru dan tentunya meningkatkan kesejahteraan para pendidik.

Peringatan hari Guru Nasional Tahun 2023,  jelas Mendikbudristek Nadiem Makarim sebagaimana disampaikan Bupati Paulina, merupakan penanda kesatuan tekad untuk mengakselerasi kemajuan sistem Pendidikan Indoensia.

“ Oleha karena itu, mari kita rayakan hari ini dengan semangat untuk terus melaju ke depan dengan derap langkah serentak melanjutkan Gerakan Merdeka belajar,” pinta Bupati Paulina sebagaimana arahan Mendikbudristek Nadiem Makarim.

Sementara itu, Ketua Umum Dewan Pengurus KORPRI Zudan Arif Fakrulloh, sebagaimana dikatakan Bupati Paulina, mengungkapkan momentum HUT KORPRI ke-52 patut dijadikan upaya untuk meneguhkan KORPRI sebagai penguat NKRI dan pelindung ASN.

Ia menyampaikan apresiasi kepada jajaran KORPRI dari pusat hingga ke daerah dan seluruh ASN atas semua program yang bermanfaat bagi masyarakat luas. Semua program tersebut terlaksana dengan baik melalui kerja yang optimal seluruh ASN.

Selainitu, peran aktif ASN sebagai anggota KORPRI dalam mengendalikan inflasi dan penangnana stunting sangat besar. Inflasi dapat terus dikendalikan dan stunting secara bertahap dapat diturunkan dan tahun 2024 sesuai target akan mencapai 14 %.

“ Saya berterima kasih dan mengapresiasi atas dedikasi dari 4,4 juta para ASN dan seluruh keluarga besar KORPRI,” ungkap Bupati Paulina menyampaikan sambutan Ketua Umum Dewan Pengurus KORPRI Zudan Arif Fakrulloh.

Bupati Rote Ndao Paulina Haning-Bulle,SE dan Wakil Bupati Stefanus M. Saek,SE,M.Si menyerahkan hadiah pemenang perlombangan yang digelar KORPRI Kabupaten Rote Ndao dalam rangka HUT KORPRI ke-52 Tahun 2023.
Bupati Rote Ndao Paulina Haning-Bulle,SE dan Wakil Bupati Stefanus M. Saek,SE,M.Si menyerahkan hadiah pemenang perlombangan yang digelar KORPRI Kabupaten Rote Ndao dalam rangka HUT KORPRI ke-52 Tahun 2023.

Upacara dilanjutkan dengan penyerahan hadiah pemenang sejumlah perlombaan yang digelar KORPRI Kabupaten Rote Ndao dalam rangka HUT KORPRI ke-52, yakni :

  1. Lomba Mars KORPRI
  • Kecamatan Pantai Baru (Juara I)
  • Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Juara II)
  • SMA Negeri I Pantai Baru (Juara III)
  • SMP Negeri II Rote Barat Laut (Juara IV)
  1. Lomba Tenis Meja Ganda Putra
  • Semi Ndolu dan Dani Ndolu (Juara I)
  • Welhelmus Nalle dan Vincensius Rianghepat (Juara II)
  • Leonard Aplugi dan Edice H.E. Manafe (Juara III)
  1. Tenis Meja Ganda Putri
  • Maya Bokotei dan Mela Nale (Juara I)
  • Jamilah Pene dan Laura Balens (Juara II)
  • Imelda Balo dan Selfina Kuandadi (Juara III)
  • Diana Suki dan Olafulihaa M. A. Tadde

*(Bidkom-DKISP RN)