PROFIL Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil

Tugas, Fungsi dan Struktur Organisasi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil
Kabupaten Rote Ndao

Berdasarkan Peraturan Bupati Rote Ndao Nomor 44 Tahun 2016 tentang susunan dan Tata Kerja Dinas, ditetapkan bahwa Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil mempunyai tugas pokok : Membantu Bupati melaksanakan urusan pemerintahan dan Tugas Pembantuan Bidang Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud di atas, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil mempunyai fungsi :
a. Perumusan kebijakan teknis bidang kependudukan dan pencatatan sipil;
b. Penyelenggaraan urusan pemerintahan dan pelayanan umum pada bidang kependudukan dan pencatatan sipil;
c. Pembinaan dan pelaksanaan tugas pada bidang kependudukan dan Pencatatan sipil;
d. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Bupati.

Sesuai Tugas Pokok dan Fungsi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Rote Ndao tersebut diatas, maka susunan organisasi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Rote Ndao adalah sebagai berikut :
Perubahan Renstra Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil 2019-2024
Struktur Organisasi dan Tata Kerja Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil
Kabupaten Rote Ndao sebagai berikut :

Struktur Organisasi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil
1. Kepala Dinas
Struktur Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Rote Ndao di pimpin oleh Kepala Dinas dan dibantu oleh Sekretaris dan 3 (tiga) bidang yaitu Bidang Pendaftaran Penduduk, Bidang Pencatatan Sipil dan Bidang Pengolahan Data, Informasi dan Dokumntasi Kependudukan
2. Sekretaris
Sekretaris terdiri dari 2 (dua) sub bagian, yaitu :
a. Sub Bagian Umum dan Kepegawaian
b. Sub Bagian Keuangan, Aset, Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan
3. Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk
Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk membawahi 3 (tiga) seksi yaitu
a. Seksi Identitas Penduduk
b. Seksi Pindah Datang
c. Seksi Pendataan Penduduk
4. Bidang Pencatatan Sipil
Bidang Pencatatan Sipil membawahi 3 (tiga) seksi :
a. Seksi Kelahiran
b. Seksi Perubahan Status Anak
c. Seksi Perkawinan dan Perceraian
5. Bidang PIAK dan Pemanfaatan Data
Bidang PIAK dan Pemanfaatan Data membawahi 3 (tiga) seksi :
a. Seksi Sistim Informasi Administrasi Kependudukan
b. Seksi Pengolahan dan Penyajian Data Kependudukan
c. Seksi Kerjasama dan Inovasi Pelayana

SAKIP 2020

SAKIP 2022