Upacara Kedinasan

Pemkab Rote Ndao Gelar Upacara Kedinasan Melepas Alm. Drs. Christian Haning, AP,S.Sos, Mantan Asisten II Setda Ngada

Dalam suasana duka, Sekretaris Daerah Kabupaten Rote Ndao Drs. Jonas M. Selly, MM hikmat memimpin Upacara Kedinasan Pemkab Rote Ndao untuk memberikan penghormatan dan melepas kepergian Alm. Drs. Christian Haning, AP,S.Sos, selasa (23/04/2024) di Desa Lentera Kecamatan Rote Barat Daya.  Alm. Drs. Christian Haning, AP,S.Sos dikenal sebagai sosok yang rendah hati dan inspiratif dikalangan ASN Pemerintah Kabupaten Ngada dan dipercaya mengemban tugas sebagai Asisten Perekonomian dan Pembangunan.

Upacara Kedinasan Pemakanan Alm. Drs. Christian Haning, AP,S.Sos diikuti pimpinan Perangkat Daerah dan ASN Lingkup Pemkab Rote Ndao. Tampak keluarga, handaitolan dan ratusan masyarakat yang turut hadir ditenda duka dan menghantar kepergian Alm. Drs. Christian Haning, AP,S.Sos. Isak tangis keluarga dan kerabat menyelimuti rumah duka, menambah haru suasana.

Sekda Jonas Selly menyampaikan rasa belasungkawa atas kepergian salah satu putra terbaik Rote Ndao ini. Dalam kiprahnya sebagai ASN, Alm. Drs. Christian Haning, AP,S.Sos atas dedikasinya, Ia dipercaya Bupati Ngada Andreas Paru, SH,MH sebagai Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Ngada. Ia juga sebelumnya pernah menjabat sebagai Camat Bajawa Utara, Sekretaris BKPP dan Kabag Pemerintahan Setda Kabupaten Ngada.

Prosesi penyerahan secara simbolis jenzah Alm. Drs. Christian Haning, AP,S.Sos dari keluarga kepada Pemkab Rote Ndao untuk dilakukan Upacara Kedinasan.
Prosesi penyerahan secara simbolis jenzah Alm. Drs. Christian Haning, AP,S.Sos dari keluarga kepada Pemkab Rote Ndao untuk dilakukan Upacara Kedinasan.

Pada Minggu, 21 April 2024, Alm. Drs. Christian Haning, AP,S.Sos dipanggil pulang oleh sang khalik. Pemerintah Kabupaten Ngada yang diwakili Sekretaris Daerah Theodosius Yosefus Nono dan jajaran menghantar jenazah Alm. Drs. Christian Haning, AP,S.Sos menggunakan pesawat carteran dan tiba di Bandara D.C Saudale sekira pukul 13.00 Wita.

Saat tiba, jajaran Pemerintah Kabupaten Rote Ndao bersama ratusan keluarga dan handaitolan telah Bersiap dan menjemput jenazah Alm. Drs. Christian Haning, AP,S.Sos. Iring-iringan kendaraan menyusuri sepanjang jalan dari Kota Ba’a menuju kediaman Almarhum di Desa Lentera. Selanjutnya, keluarga bersepakat untuk memakamkan Alm. pada hari selasa tanggal 23 April 2024. Selama masa persemayam, kerabat dan handaitolan terus berdatangan memberikan ungkapan belasungkawa dan penghormatan terakhir kepada Almarhum.

Penghormatan terakhir kepada Alm. Drs. Christian Haning, AP,S.Sos dipimpin Sekretaris Daerah Kabupaten Rote Ndao Drs. Jonas M. Selly, MM.
Penghormatan terakhir kepada Alm. Drs. Christian Haning, AP,S.Sos dipimpin Sekretaris Daerah Kabupaten Rote Ndao Drs. Jonas M. Selly, MM.

Sekretaris Daerah Kabupaten Rote Ndao Drs. Jonas M. Selly, MM dihadapan keluarga Almarhum, kerabat dan masyarakat umum, menyampaikan dukacita yang sangat mendalam atas kepergian salah satu putra terbaik Kabupaten Rote Ndao. Ia dikenal melalui dedikasi dan pengabdiannya selama berkiprah sebagai ASN.

Sekda Jonas juga bersama anggota Korpri Kabupaten Rote Ndao memberikan penghormatan yang tulus kepada Almarhum seraya menaikan Do’a kiranya dedikasi dan budi baik Almarhum diterima oleh Tuhan Yang Maha Kuasa. Sementara keluarga yang ditinggalkan diberikan kekuatan dan ketabahan menerima peristiwa iman yang terjadi.*(Bidkom_DKISP Rote Ndao)

Musrenbang rpjpd ntt

Pemprov NTT dan 22 Kabupaten/Kota Musyawarah RPJPD 2025-2045, Dihadiri Pj. Bupati Rote Ndao

Bersamaan dengan musyawarah Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi NTT Tahun 2025, Penjabat Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, SH,MA,MH juga menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Provinsi NTT dalam rangka Penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Provinsi NTT Tahun 2025-2045, yang diselenggarakan Pemprov NTT dan diikuti 22 Kabupaten/Kota, selasa (23/04/2024) bertempat di Hotel Aston, Kupang.

Visi RPJPD Provinsi NTT 2025-2045 adalah “ Flobamorata Mandiri, Maju, dan Berkelenjutan guna Mewujudkan Indonensia Emas 2045”. Berkenaan dengan itu, Musrenbang Penyusunan RPJPD Tahun 2025-2045 Provinsi NTT ini dilakukan  sebagai bentuk penajaman visi, misi, arah kebijakan dan sasaran pokok RPJPD dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan baik di level Nasional, Provinsi maupun Kabupaten/Kota.

Para Bupati/Pj.Bupati/Pj.Walikota se-Provinsi NTT serta perangkat daerah terkait menghadiri Musrenbang yang antara lain diisi arahan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional RI/Kepala Bappenas serta arahan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Provinsi NTT. Diketahui, kegiatan ini masih dalam rangkaian Musrenbang Tingkat Provinsi NTT yang digelar mulai senin 22 April 2024 kemarin.

Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Provinsi NTT dalam rangka Penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Provinsi NTT Tahun 2025-2045, yang diselenggarakan Pemprov NTT dan diikuti 22 Kabupaten/Kota, selasa (23/04/2024) bertempat di Hotel Aston, Kupang.
Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Provinsi NTT dalam rangka Penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Provinsi NTT Tahun 2025-2045, yang diselenggarakan Pemprov NTT dan diikuti 22 Kabupaten/Kota, selasa (23/04/2024) bertempat di Hotel Aston, Kupang.

Hal penting yang juga dibedah dalam forum Musrenbang RPJPD Provinsi NTT 2025-2045 yakni adanya pemaparan materi dan diskusi mengenai Rancangan RPJPD Propinsi NTT Tahun 2025-2045, catatan kritis Rancangan RPJPD Provinsi NTT dan Sinkronisasi Fiskal Pusat dan Daerah untuk mencapai target nasional.

Dalam rangkaian kegiatan Musrenbang RPJPD Provinsi NTT Tahun 2025-2045 ini, dilakukan pendantanganan Berita Acara Musrenbang oleh para Bupati/Pj.Bupati/Pj.Walikota se-Provinsi NTT. Pj. Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu yang menghadiri Musrenbang dimaksud, turut menandatangani Berita Acara Musrenbang RPJPD Provinsi NTT Tahun 2025-2045 bersama para Bupati/Pj.Bupati/Pj.Walikota. Penandatanganan disaksikan peserta Musrenbang yang hadir dari 22 Kabupaten/Kota.

Pj. Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, SH,MA,MH menndatangani Berita Acara Musrenbang RPJPD Provinsi NTT Tahun 2025-2045.
Pj. Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, SH,MA,MH menndatangani Berita Acara Musrenbang RPJPD Provinsi NTT Tahun 2025-2045.

Musrenbang RPJPD Provinsi NTT Tahun 2025-2045 memang diselenggarakan dengan tujuan utama untuk merumuskan prioritas pembangunan daerah Provinsi NTT tahun 2025-2045 dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan kemajuan daerah. Acara dihadiri oleh pihak-pihak terkait, diantaranya perwakilan Kementerian/Lembaga, Pemerintah Provinsi NTT, Pemerintah Kabupaten/Kota se-NTT, LSM dan NGO serta unsur masyarakat umum.

Lewat kolaborasi antara Pemerintah Daerah dengan berbagai stakeholder akan Rencana Pembangunan Daerah yang lebih komprehensif, berkualitas, efektif dan relevan dengan kondisi riil yang dihadapi oleh Masyarakat dan daerah.*(Bidkom_DKISP Rote Ndao/Prokopim)