Eilana Resort

Pengresmian Eliana Resort & Spa; Turut Suport Sektor Pariwisata Daerah

Kabupaten Rote Ndao punya beragam spot wisata yang eksotik. Keindahan alam pantai, eskosistem dan budayanya menawan bagi setiap orang yang ingin memiliki momen berkesan. Tak hanya itu, spot-spot wisata juga semakin cantik dengan hadirnya berbagai resort berkelas dunia yang nyaman dan mudah diakses.

Salah satunya Eliana Resort & Cafe yang baru saja diresmikan oleh Penjabat Bupati Rote Ndao Rote Ndao Oder Maks Sombu, SH,MA,MH yang diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Kabupaten Rote Ndao Armisa Saek,ST, Rabu (26/06/2024) dikawasan wisata Desa Bo’a Kecamatan Rote Barat.

Acara dihadiri bersama unsur Forkomda Kabupaten Rote Ndao, pimpinan Perangkat Daerah, tokoh masyarakat, tokoh agama serta undangan lain. Pengresmian ditandai pengguntingan pita oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Armis Saek bersama Manajemen Eliana Resort & Spa serta pemotongan tumpeng.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Kabupaten Rote Ndao Armis Saek, ST pada prosesi pengguntingan pita Pengresmian Eliana Resort & Spa.
Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Kabupaten Rote Ndao Armis Saek, ST pada prosesi pengguntingan pita Pengresmian Eliana Resort & Spa.

Asisten II Armis Saek saat menyampaikan sambutan Pj. Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu pada Opening Ceremony dan Pengresmian Eliana Resort & Spa mengatakan, kehadiran Eliana Resort & Spa semakin menambah fasilitas pariwisata di Kabupaten Rote Ndao. Hal ini juga sebagai simbol kemajuan dan potensi besar yang dimiliki Kabupaten Rote Ndao dalam menarik wisatawan baik domestik maupun manca negara.

Seiring perkembanganan zaman, sektor pariwisata diakui menjadi salah satu sektor strategis yang menggerakan roda perekonomian daerah. Apalagi Kabupaten Rote Ndao memiliki potensi luar biasa dengan keindahan alam pantai dan ekosistem serta budaya yang unik.

“ Dengan adanya fasilitas pariwisata seperti ini kita berharap dapat menarik lebih banyak wisatawan untuk dating dan menikmati keindahan serta keramahan daerah kita,” ungkap Asisten II Armis Saek.

Untuk itu, Ia mengapresiasi Pemilik dan Manajemen Eliana Resort & Spa telah ikut mendukung pembangunan sektor pariwisata di Kabupaten Rote Ndao. Invetasi ini tidak hanya memberikan kontribusi pada sektor pariwisata namun juga membuka peluang bagi peningkatan ekonomi lokal dan menciptakan lapangan kerja baru.

Acara Opening Ceremony dan Pengresmian Eliana Resort & Spa di Desa Bo’a Kecamatan Rote Barat, rabu (26/06/2024)
Acara Opening Ceremony dan Pengresmian Eliana Resort & Spa di Desa Bo’a Kecamatan Rote Barat, rabu (26/06/2024)

“ Pemda Rote Ndao terus membangun sektor pariwisata dengan berbagai kebijakan yang berpihak pada pembangunan yang berkelanjutan, ramah lingkungan. Kita uga terus berupaya meningkatkan infrastruktur penunjang pariwisata seperti jalan, layanan transportasi serta fasilitas umum lainnya,” jelas Asisten II Armis Saek.

Sementara General Manajer Eliana Resort & Spa Miranda Tobing menjelaskan, dalam pelaksanannya pihak manajemen memprioritaskan tenaga kerja lokal. Terdapat sekitar 70 persen staf yang bekerja pada Eliana Resort & Spa berasal dari desa sekitar.

Pihak manajemen, katanya, juga melaksanakan peningkatan kapasitas dengan melakukan training bagi calon staf. Ia mengakui tamu yang datang mengapresiasi staf Eliana Resort & Spa.*(Bidkom_DKISP Rote Ndao)

Mitigasi

Pemkab Rote Ndao Edukasi 600 Peserta Pelatihan Pencegahan, Mitigasi Bencana dan Gladi Kesiapsiagaan

Pemerintah Kabupaten Rote Ndao menggelar Sosialisasi Pelatihan Pencegahan dan Mitigasi Bencana serta Gladi Kesiapsiagaan Tahun 2024, Rabu (26/06/2024) bertempat di Gereja GMIT Galet Mbadokai Desa Fuafuni Kecamatan Rote Barat Daya. Kegiatan ini dalam rangka peningkatan kapasitas masyarakat dalam pencegahan dan mitigasi bencana.

Kegiatan dibuka oleh Asisten Pemerintah dan Kesra Sekda Kabupaten Rote Ndao Ir. Untung Harjito mewakili Penjabat Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, SH , MA MH. Hadir bersama, unsur Forkomda Kabupaten Rote Ndao, Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Kabupaten Rote Ndao Janwes Nauk, S.STP dan pimpinan Perangkat Daerah Pemkab Rote Ndao.

Foto bersama peserta Sosialisasi Pelatihan Pencegahan, Mitigasi Bencana dan Gladi Kesiapsiagaan dengan Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Kabupaten Rote Ndao Ir. Untung Harjito.
Foto bersama peserta Sosialisasi Pelatihan Pencegahan, Mitigasi Bencana dan Gladi Kesiapsiagaan dengan Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Kabupaten Rote Ndao Ir. Untung Harjito.

Sebanyak 600 peserta berasal dari masyarakat Desa Fuafuni, Desa Persiapan Fiafangga dan Desa Oelasin, ASN, anggota TNI dan Polri setempt serta Siswa SMP Satap Derenitan dan SMA Negeri 1 Rote Barat. Disela kegiatan, dilakukan penyerahan Keputusan Penetapan Tim Relawan Tanggap Bencana Desa Fuafuni, Desa Oelasin dan Desa Persiapan Fiafangga serta pemutaran video simulasi tanggap darurat bencana.

Pj. Bupati Oder Maks Sombu dalam arahannya yang disampaikan Asisten I Untung Harjito menjelaskan pentngnya peran semua komponen menciptakan situasi lingkungan yang kondusif sehingga Pemerintah Daerah menetapkan salah satu sasaran Pembangunan pada urusan penanggulangan bencana tahun 2024-2026 yakni meningkatnya ketangguhan bencana daerah.

Setidaknya ada tiga Upaya yang dapat dilakukan untuk pengurangan kerentanan masyarakat yang berada pada Kawasan rawan bencana yakni perencanaan dan pelaksanaan penataan ruang berdasarkan analisis resiko benrcana; Pembangunan infrastruktur rawan bencana dan penyelenggaraan Pendidikan, pelatihan dan penyuluhan baik secara konvensional maupun modern.

Asisten Pemerintahan dan Kesra Untung Harjito menyerahan Keputusan Relawan Tanggap Bencana.
Asisten Pemerintahan dan Kesra Untung Harjito menyerahan Keputusan Relawan Desa Tanggap Bencana.

Dijelaskan pula, terkait jenis potensi bencana di Kabupaten Rote Ndao secara umum meliputi tanah longsor, banjir, gelombang pasang dan abrasi, cuaca ekstrim, kekeringan, kebakaran hutan dan lahan serta gempa tsunami.

Salah satu wilayah yang rawan bencana di Rote Ndao adalah di wilayah selatan karena ada pergesekan lempeng Indo-Australia. Tapi masyarakat tidak perlu khawatir dan selalu waspada dengan merujuk rambu-rambu yang telah disiapkan oleh BPBD. Kalau kita siap siaga makan kerugian dapat diminimalisir sekecil mungkin.

” Karena itu, melalui pelatihan pencegahan dan mitigasi bencana, kita berharap peserta sekalian dapat senantiasa bersama kita meningkatkan koordinasi, kerja sama dan kemitraan dengan segenap komponen masyarakat, TNI, Polri, Basarnas, BMKG, Perangkat Daerah, dunia usaha dan Perguruan Tinggi melakukan paya pengurangan resiko bencana terhadap semua potensi ancaman bencana,” pinta Asisten I Untung Harjito.

Acara pembukaan Sosialisasi Pelatihan Pencegahan, Mitigasi Bencana dan Gladi Kesiapsiagaan Tahun 2024, rabu (26/06/2024).
Acara pembukaan Sosialisasi Pelatihan Pencegahan, Mitigasi Bencana dan Gladi Kesiapsiagaan Tahun 2024, rabu (26/06/2024).

Kegiatan Sosialisasi Pelatihan Pencegahan dan Mitigasi Bencana serta Gladi Kesiapsiagaan akan dilaksanakan selama lima hari pada lima lokasi berbeda yakni di Desa Fuafuni, Kantor Camat Rote Barat, SMA Negeri 1 Rote Barat, SMP Satap Derenian dan di kantor BPBD Kabupaten Rote Ndao. Narasumber dalam kegiatan ini adalah Asisten Pemerintah dan Kesra Sekd aKabupaten Rote Ndao, Pejabat dari BPBD Provinsi NTT, Kalak BPBD Kabupaten Rote Ndao dan Kepala Unit SAR Rote Ndao serta Kabid Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Rote Ndao.*(Bidkom_DKISP Rote Ndao/Prokopim)