Malam hiburan

Malam Hiburan Rakyat Semarakan HUT Kabupaten Rote Ndao ke-22

Memeriahkan momen Hari Ulang Tahun Kabupaten Rote Ndao yang ke-22 Tahun 2022, Pemkab Rote Ndao menggelar kegiatan Hiburan Rakyat; Lomba Line Dance, Silat Kampung (Li Basili), Pukul Kaki (Bahoruk) dan diisi dengan Kebalai Massal bersama dan UMKM. Dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Rote Ndao Drs. Jonas M. Selly, MM, sabtu (29/06/2024) malam bertempat di Lapangan Christian Nehemia Dillak-Ba’a.

Kegiatan berlangsung selama dua hari sampai sabtu 30 Jun 2024. Jenis lomba dan kegiatan Malam Hiburan Rakyat, tersingkap makna kebersamaan, gototng royong, semangat dan kekuatan pembangunan Kabupaten Rote Ndao. Sekda Jonas M. Selly menjelaskan, Line Dance bernuansa budaya Rote Ndao dengan gerakan yang energik dan penuh koordinasi menggambarkan semangat  kebersamaan dan kekompakan yang harus terus kita jaga.

Lanjut Sekda Jonas M. Selly, Bahoruk sebagai salah satu warisan budaya, mengajarkan tentang kekuatan dan keberanian dalam menghadapi tantanagn. Li Basili atau silat kampung dalah seni bela diri tradisional masyarakat menanamkan nilai disiplin dan penghormatan terhadap sesama.

Sekretaris Daerah Kabupaten Rote Ndao Drs. Jonas M. Selly, MM memberikan sambutan membuka Kegiatan Malam Hiburan Rakyat memperingati HUT Kabupaten Rote Ndao ke-22.
Sekretaris Daerah Kabupaten Rote Ndao Drs. Jonas M. Selly, MM memberikan sambutan membuka Kegiatan Malam Hiburan Rakyat memperingati HUT Kabupaten Rote Ndao ke-22.

Tarian Kebalai Masal ungkap Sekda Jonas M. Selly, sebagai salah satu warisan budaya yang menggambarkan kebersamaan, kesatuan keharmonisan dan semangat gotong royong membangun kabupaten Rote Ndao dalam bingkai Ita Esa.

Selain itu, Malam Hiburan Rakyat juga melibatkan UMKM untuk memasarkan produk yang dihasilkan. Keikutsertaan UMKM diharapkan ikut memberikan dampak positif pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Sekda Jonas Malam, menjelaskan, hikmat perayaan HUT Kabupaten Rote Ndao ke-22 Tahun 2024, menjadi momen istimewa, menggambarkan kebersamaan dan gotong royong dalam membangun kabupaten Rote Ndao yang dicintai bersama. Ia mengajak untuk bersama merefleksikan perjalanan panjang hingga terbentuknya Kabupaten Rote Ndao yang kini telah berusia 22 Tahun.

“ Kita semua hendaknya merenung sejenak, mengingkat kembali perjalanan panjang yang telah kita tempuh. Kabupaten Rote telah mengalami banyak perubaan dan kemajuan. Oleh karena itu, kita harus tetap bersemangat dan terus berinovasi untuk menghadapi tantangan di masa di masa depan. Saya percaya dengan semangat kebersmaan dan gotong royong kita dapat menghadapi segala tantangan dan meraih keberhasilan,”ungkap Sekda Jonas M. Selly.

Atraksi Pukul Kaki (Bahoruk) pada kegiatan Malam Hiburan Rakyat.
Atraksi Pukul Kaki (Bahoruk) pada kegiatan Malam Hiburan Rakyat.

Atas nama pemerintah dan masyarakat Kabupaten Rote Ndao, penghargaan yang setinggi-tingginya diberikan kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi dalam pembangunan Kabupaten Rote Ndao selama ini. Semua pencapaian yang telah diraih adalah hasil dari kerja keras dan kerja sama kita semua.

“ Namun kita tidak bisa berhenti disini. Tantangan ke depan masih banyak dan kita harus terus bekerja bersama untuk mewujudkan Rote Ndao yang maju, sejahtera, berdaya saing dan transformasi Rote Ndao menuju Indonesia Emas,” pinta Sekda Jonas M. Selly.*(Bidkom_DKISP Rote Ndao)