Satgas

Kunjungi Pulau Ndana, Pj. Gubernur NTT Silaturahmi Bersama Personel Satgas Pengamanan

Satuan Tugas (Satgas) Pengamanan Pulau Ndana Kecamatan Rote Barat Daya mendapat kunjungan silaturahmi Penjabat Gubernur NTT Ayodhia G.L. Kalake, S.H,MDC dan Penjabat Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, SH,MA,MH, sabtu (13/04/2024). Kunjungan tersebut sebagai bentuk apresiasi dan dukungan moril bagi para personel Satgas yang bertugas di pulau terluar selatan Indonesia tersebut.

Turut bersama dalam kunjungan, Forkompimda Kabupaten Rote Ndao dan Sekretaris Daerah Kabupaten Rote Ndao Drs. Jonas M. Selly, MM. Saat tiba, Pj. Gubernur Ayodhia Kalake bersama Pj. Bupati Oder Maks Sombu dan rombongan disambut komandan dan personel Satgas yang sedang bertugas di pulau tersebut.

Pj. Gubernur Ayodhia Kalake juga berinteraksi dengan para personel, mendengarkan laporan tentang kondisi keamanan dan menyampaikan apresiasi atas dedikasi dalam menjaga kedaulatan negara di wilayah yang strategis ini.

Pj. Gubernur NTT Ayodhia G.L. Kalake, S.H,MDC, Pj. Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, SH,MA,MH, Forkompimda Kabupaten Rote Ndao, Sekretaris Daerah Kabupaten Rote Ndao Drs. Jonas M. Selly, MM bersama Komandan dan Anggota Satgas Pengamanan Pulau Ndana.
Pj. Gubernur NTT Ayodhia G.L. Kalake, S.H,MDC, Pj. Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, SH,MA,MH, Forkompimda Kabupaten Rote Ndao, Sekretaris Daerah Kabupaten Rote Ndao Drs. Jonas M. Selly, MM bersama Komandan dan Anggota Satgas Pengamanan Pulau Ndana.

Pj. Gubernur Ayodhia Kalake bersama Pj. Bupti Oder Maks Sombu serta rombongan juga diketahui membawa sejumlah paket sembako untuk diberikan kepada Satgas Pengamanan pulau Ndana sebagai wujud perhatian dan silaturahmi.

Selain itu. Pj. Gubernur bersama Pj. Bupati Rote Ndao juga mengunjungi beberapa ruangan yang berada di markas Satgas Pengamanan Pulau Ndana. Sambil berdiskusi bersama Pj. Bupati Oder Maks Sombu dan Danlanal Pulau Rote Letkol Laut (P) Andrik Irwanto, Pj. Gubernur Ayodhia Kalake melihat area sekitaran kompleks markas Satgas.

Diharapkan, melalui kunjungan ini akan memotivasi dan menginspirasi para personel Satgas untuk terus menjalankan tugas secara profesionalisme dan integritas demi menjaga keamanan dan kedaulatan negara di pulau-pulau terluar khususnya pulau Ndana.

Penyerahan simbolis paket sembako oleh Pj. Gubernur Ayodhia Kalake kepada Satgas Pengamanan Pulau Ndana.
Penyerahan simbolis paket sembako oleh Pj. Gubernur Ayodhia Kalake kepada Satgas Pengamanan Pulau Ndana.

Wilayah perbatasan menjadi perhatian bersama, sehingga kunjungan ini menjadi momen interaksi untuk mendapatkan informasi mendalam tentang kondisi di lapangan serta untuk menyampaikan pesan-pesan penting terkait dengan pembangunan dan penguatan keamanan di wilayah perbatasan.*(Bidkom_DKISP Rote Ndao)

bantuan 1

Pj. Gubernur NTT Menyerahkan Bantuan untuk Rumah Ibadah

Dalam rangkaian Kunjungan Kerja (Kunker) di Kabupaten Rote Ndao, Penjabat Gubernur NTT Ayodhia G.L. Kalake, S.H,MDC juga mengunjungi dan menyerahkan bantuan kepada rumah ibadah. Bantuan diberikan berupa uang Rp. 25 Juta yang diterima perwakilan tiga rumah ibadah.

Pj. Gubernur Ayodhia Kalake dan rombongan tiba pukul 16.00 Wita di Desa Oeseli dan disambut Camat Rote Barat Daya dan jajaran Forkompimca. Penyambutan juga ditandai dengan pemakaian Topi Ti’i Langga dan Selimut sebagai ucapan selamat datang oleh masyarakat setempat.

Pj. Gubernur NTT hadir bersama Pj. Ketua TP. PKK Provinsi NTT Ny. Sofiana Milawati Kalake dan jajaran Pemprov NTT diantaranya Kadis Perikanan dan Kelautan Provinsi NTT Sulastri H.I. Rasyid, S.Pi, M.Si, Kaban Keuangan Provinsi NTT Ir. Benhard Meno dan Kabag RT pada Biro Umum Provinsi NTT Kristian Mbuik.

Penjabat Gubernur NTT Ayodhia G.L. Kalake, S.H,MDC bersama Pj. Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, SH,MA,MH, Forkompimda Kabupaten Rote Ndao dan Sekretaris Daerah Kabupaten Rote Ndao Drs. Jonas M. Selly, MM foto bersama usai penyerahan bantuan kepada rumah ibadah.
Penjabat Gubernur NTT Ayodhia G.L. Kalake, S.H,MDC bersama Pj. Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, SH,MA,MH, Forkompimda Kabupaten Rote Ndao dan Sekretaris Daerah Kabupaten Rote Ndao Drs. Jonas M. Selly, MM foto bersama usai penyerahan bantuan kepada rumah ibadah.

Sebelum penyerahan bantuan, Pj. Gubernur AYodhia Kalake bertatap dengan masayarakat yang dipusatkan di Kapela St. Mikael Desa Oeseli Kecamatan Rote Barat Daya. Ia didampingi Pj. Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, SH,MA,MH, Forkompimda Kabupaten Rote Ndao, Sekretaris Daerah Drs. Jonas M. Selly, MM dan pimpinan perangkat daerah Pemkab Rote Ndao.

Usai tatap muka, Pj. Gubernur Ayodhia secara simbolis menyarahkan bantuan bagi tiga rumah ibadah masing-masing Kapela St. Mikael, Gereja GMIT Siloam Oeseli dan Mesjid Nurul Bahar Oeseli. Bantuan diberikan dalam rangka mendukung pembangunan dan pengembangan rumah ibadah.

Penyerahan bantuan disaksikan para tokoh agama dan tokoh Masyarakat setempat. Pj. Gubernur Ayodhia Kalake juga mengungkapkan pentingnya kerukunan antarumat beragama dalam membangun masyarakat yang inklusif dan damai.

Penjabat Gubernur NTT Ayodhia G.L. Kalake, S.H,MDC bersama Pj. Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, SH,MA,MH dan rombongan saat tiba di Desa Oeseli.
Penjabat Gubernur NTT Ayodhia G.L. Kalake, S.H,MDC bersama Pj. Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, SH,MA,MH dan rombongan saat tiba di Desa Oeseli.

Bantuan ini guna mendukung kegiatan keagamaan di masyarakat. Diharapkan, lewat bantuan ini akan memberikan manfaat bagi umat beragama dan membawa dampak positif dalam memperkuat solidaritas dan persaudaraan serta kegiatan keagamaan masayarakat.*(Bidkom_DKISP Rote Ndao)

Panen 1

Pj. Gubernur NTT dan Pj. Bupati Rote Ndao Panen Raya 173 Ha Padi

Penjabat Gubernur NTT Ayodhia G.L.Kalake, S.H,MDC dan Penjabat Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, SH,MA,MH secara simblois melakukan Panen Raya Padi dilahan milik masyarakat di Desa Edalode Kecamatan Pantai. Diketahui, Panen Raya ini menjadi salah agenda Pj. Gubernur dalam lawatan kunjungan kerjanya di Kabupaten Rote Ndao, sabtu (13/04/2024).

Panen Raya yang digelar pada lahan seluas 173 Ha di Kompleks Pertanian Moina ini menjadi momen penting bagi masyarakat setempat atas hasil garapan yang diperuntukan mendukung ketahanan pangan Masyarakat serta kesejahteraan bagi petani.

Pj. Gubernur Ayodhia Kalake bersama Pj. Bupati Oder Maks Sombu tiba dilokasi Panen Raya sekira Pukul 14.00 Wita usai bertatap muka dengan nelayan dan masyarakat di Posal Desa Papela Kecamatan Rote Timur. Kehadiran rombongan Pj. Gubernur NTT di sambut dengan tarian dan syair adat Rote.

Penjabat Gubernur NTT Ayodhia G.L. Kalake, S.H,MDC dan Pj. Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, SH,MA,MH
Suasana Panen Raya 173 Ha Padi di Desa Edalode Kecamatan Pantai Baru, sabtu (13/04/2024).

Usai prosesi Panen Raya, Pj. Gubernur AYodhia Kalake didampingi Pj. Bupati Oder Maks Sombu Kembali melakukan tatap muka dengan para petani. Diskusi pun terjadi antara masyarakat dengan Pj. Gubernur NTT dan jajaran Pemprov NTT.

Pj. Gubernur NTT mengungkapkan terkait Pembangunan sektor pertanian untuk mendukung ketahanan pangan di daerah dan meningkatkan kesejahteraan Masyarakat maka perlu diseriusi terkait penguatan infrastruktur khususnya pembangunan Irigasi Induk

Selain itu, untuk kepentingan pengairan lahan pertanian masyarakat juga dapat dilakukan dengan  penambahan Sumur Bor sembari meminta agar lokasinya dipersiapkan dengan baik. Pj. Gubernur Ayodhia Kalake juga mengutarakan kegiatan Rehab Irigasi dan memintahkan Dinas PUPR Provinsi NTT segera berkoordinasi dengan Dinas PUPR Kabupaten Rote Ndao.

“ Semua usulan kami tampung dan untuk kadis PUPR Provinsi berkoordinasi dengan Kadis PUPR Kabupaten Rote Ndao dan tentunya menyesuaikan dengan APBD I dan APBD II,” jelas Pj. Gubernur Ayodhia Kalake.

Penjabat Gubernur NTT Ayodhia G.L. Kalake, S.H,MDC bersama Pj. Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, SH,MA,MH dan rombongan saat tiba di Desa Edalode.
Penjabat Gubernur NTT Ayodhia G.L. Kalake, S.H,MDC bersama Pj. Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, SH,MA,MH dan rombongan saat tiba di Desa Edalode.

Sementara itu, Pj. Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu mengapresiasi berbagai usulan masyarakat dalam diskusi bersama Pj. Gubernur NTT. Ia meminta Dinas PUPR Kabupaten Rote Ndao agar melakukan koordinasi dengan Dinas PUPR Provinsi NTT terkait usulan yang disampaikan masyarakat.

Ia juga menghimbau masyarakat menyampaikan usulan secara tertulis kepada sehingga dapat ditindaklanjuti oleh perangkat daerah terkait.

Sebelumnya dalam tatap muka dan diskusi bersama Pj. Gubernur Ayodhia Kalake dan Pj. Bupati Oder Maks Sombu, perwakilan masyarakat yang juga Ketua Gapoktan Desa Edalode Djoel Manubulu menyampaikan terima kasih atas dukungan pemerintah lewat pembangunan irigasi.

Pihaknya inisiatif mengusulkan pembangunan Sumur Bor, penambahan stok pupuk agar petani tidak mengalami kesulitan dalam serta pengelolaannya dapat melalui Bumdes, penambahan Embung dan penambahan ruas jalan tani.

Usai panen raya dan tatap muka, dilakukan penyerahan PMTT bagi 16 orang penerima. Penyerahan secara simbolis oleh Pj. Gubernur NTT Ayodhia Kalake, Pj. Ketua TP PKK Provinsi NTT Ny. Sofiana Milawati Kalake, Pj. Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu dan Forkompinda Rote Ndao.*(Bidkom_DKISP Rote Ndao)

Picture1 1

Awali Kunker di Rote Ndao, Pj. Gubernur NTT Tatap Muka bersama Nelayan

Penjabat Gubernur NTT Ayodhia G.L. Kalake, S.H,MDC melakukan kunjungan kerja (Kunker) di Kabupaten Rote Ndao, sabtu (13/04/2024). Sejumlah agenda dijalaninya selama masa kunjungan, diantaranya melakukan Tatap Muka bersama para nelayan, Panen Raya Padi di Desa Edalode, peninjauan ke pulau Ndana serta penyerahan bantuan untuk rumah ibadah.

Pj. Gubernur Ayodhia Kalake bersama Pj. Ketua Tim Penggerak PKK Provini NTT Ny. Sofiana Milawati Kalake tiba pukul 11.00 di Pelabuhan Papela Desa Papela Kecamatan Rote Timur menggunakan Kapal Express Bahari.

Pj. Gubernur NTT disambut Pj. Bupati Rote Ndao Odr Maks Sombu, SH,MA,MH dan Pj. Ketua TP PKK Kabupaten Rote Ndao Ny. Yuliana Henuk, S.Pd,M.Th, bersama Forkompimda, Sekretaris Daerah Kabupaten Rote Ndao Drs. Jonas M. Selly, MM dan pimpinan prangkat daerah Pemkab Rote Ndao. Penyembutan ditandai dengan pengalungan selendang dan pemakaian Topi Ti’i Langga.

Pj. Bupati Rote Ndao Odr Maks Sombu, SH,MA,MH memakaikan Topi Ti’i Langga kepada Pj. Gubernur NTT Ayodhia G.L. Kalake, S.H,MDC saat prosesi penyambutan di Pelabuhan Papela.
Pj. Bupati Rote Ndao Odr Maks Sombu, SH,MA,MH usai memakaikan Topi Ti’i Langga kepada Pj. Gubernur NTT Ayodhia G.L. Kalake, S.H,MDC saat prosesi penyambutan di Pelabuhan Papela.

Selanjutnya, rombongan Pj. Gubernur NTT Ayodhia Kalake dan Pj. Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu bertolak ke Pos TNI Angkatan Laut (Posal) di Desa Papela Kecamatan Rote Timur. Disana Pj. Gubernur NTT Ayodhia Kalake didampingi Pj. Bupati Oder Maks Sombu bertatap muka dan berdiskusi dengan nelayan dan masyarakat penerima ganti rugi tumpahan minyak Montara serta masyarakat setempat.

Pj. Bupati Oder Maks Sombu dalam sekapur sirih menyampaikan terima kasih atas kunjungan Pj. Gubernur NTT Ayodhia Kalake bersama Pj. Ketua Tim Penggerak PKK Prvini NTT Ny. Sofiana Kalake dan rombongan. Ia mengapresiasi ini bentuk perhatian terhadap masyarakat Rote Ndao.

Selain itu, Pj. Bupati Oder Maks Sombu juga mengatakan, Sosialisasi Lintas Batas yang telah digelar bersama para nelayan memberikan pengetahuan tentang bagaimana menjaga keamanan dan kedaulatan negara di wilayah perbatasan NKRI.

Berkenaan dengan itu, Ia mengajak masyarakat agar mempergunakan dengan baik dana hibah dampak tumpahan minyak Montara untuk pemulihan ekonomi dan kesejahteraan nelayan serta mematuhi aturan dengan tidak melewati batas.

Tatap muka Pj. Gubernur NTT Ayodhia G.L. Kalake, S.H,MDC bersama nelayan dan masyarakat yang dipusatkan di Desa Papela Kecamatan Rote Timur.
Tatap muka Pj. Gubernur NTT Ayodhia G.L. Kalake, S.H,MDC bersama nelayan dan masyarakat yang dipusatkan di Desa Papela Kecamatan Rote Timur.

Pj. Gubernur NTT mengawali tatap muka dengan menyampaikan terima kasih atas sambutan yang diberikan kepadanya bersama istri. Ia merasa bersyukur berkesempatan berada ditengah masayarakat Kabupaten Roe Ndao seraya meyamaikan selamat Paskah dan Idul Fitri 1445 H.

“ Suatu kebahagian buat kami bisa berada di Tengah-tengah masyarakat Rote Ndao. Selamat Paskah dan Idul Fitri untuk seluruh masyarakat Kabupaten Rote Ndao,” ungkapnya.

Terkait tatap muka yang digelar, Pj. Gubernur Ayodhia Kalake mengungkapkan sejumlah isu bilateral yang menjadi perhatian diantara terkit isu lintas batas yang dapat mengganggu kedaulatan negara lain. Sehingga perlu ada alternatif bagi para nelayan pembudidaya rumput laut dan teripang.

Selain itu, ada pula isu pencemaran akibat tumpahan minyak Montana sehingga berbagai upaya yang dianggap perlu bagi kepentingan nelayan yang terkena dampak termasuk pemberian ganti rugi. Ia juga meminta masyarakat memberi masukan terkait isu-isu lain yang ada di wilayah Rote Ndao. Salah satu diantaranya terkait kecukupan pasokan BBM dengan menyiapkan lokasi khusus untuk penyaluran BBM bagi para nelayan. Tatap muka dilanjutkan dengan diskusi bersama nelayan dan masyarakat setempat.

Selain tatap muka, dilakukan pula penyerahan PMT secara simbolis oleh Pj. Gubernur NTT Ayodhia Kalake, Pj. Ketua TP PKK Provinsi NTT Ny. Sofiana Milawati Kalake, Pj. Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu dan Forkompinda Rote Ndao*(Bidkom_DKISP Rote Ndao)