Kejuaraan

20 Atlet Pelajar Dilepas Penjabat Bupati Ke Kejuaraan Internasional Pencak Silat Antar Pelajar

Sebanyak 20 atlet Pencak Silat Perisai Diri Kabupaten Rote Ndao dilepas Penjabat Bupati Rote Ndao Odrmaks Sombu,SH,M.A,MH, untuk mengikuti Kejuaraan Internasional Antar Pelajar tanggal 28 Februari sampai 3 Maret 2024 di Bandung. Ceremonial pelepasan berlangsung di rumah jabatan Bupati Rote Ndao, selasa (20/02/2024) malam.

Para atlet terdiri dari 8 orang siswa SMA, 7 siswa SMP dan 5 siswa SD. Diacara pelepasan mereka didampingi orang tua masing-masing. Kehadiran para atlet dan orang tua disambut baik Penjabat Bupati Odermaks Sombu.

Para atlet pelajar telah melalui seleksi untuk mewakili Kabupaten Rote Ndao dan Provinsi NTT dalam kompetisi bergengsi Kejuaraan Internasional Antar.

“ Pada kesempatan ini, Saya menyapa adik-adik, anak-anak saya yang akan berangkat mengikuti kejuaraan Internasional Antar Pelajar di Bandung,” ungkap Penjabat Bupati Odermaks Sombu menyapa para atlet dan orang tua pendamping.

Penjabat Bupti Odermaks Sombu menyatakan kebanggaannya terhadap para atlet pencak silat pelajar yang telah mencapai level kompetisi ini. Ia juga menyampaikan harapannya agar para atlet dapat memberikan yang terbaik, tidak hanya untuk diri mereka sendiri, tetapi juga untuk keluarga dan daerah.

Penjabat Bupati Rote Ndao Odrmaks Sombu,SH,M.A,MH, foto bersama 20 Atlet Kejuaraan Internasional Antar Pelajar dan para orang tua, selasa (21/02/2024) malam di rumah jabatan Bupati Rote Ndao.
Penjabat Bupati Rote Ndao Odrmaks Sombu,SH,M.A,MH, foto bersama 20 Atlet Kejuaraan Internasional Antar Pelajar dan para orang tua, selasa (21/02/2024) malam di rumah jabatan Bupati Rote Ndao.

Menekuni suatu ilmu bela diri bukan untuk menjadikan diri merasa sebagai orang hebat, melainkan menjadi orang yang rendah hati dan takut akan Tuhan. Seperti filosofi ilmu padi, semakin menguning dan banyak isi akan semakin menunduk. Kalau dihayati maka dalam tubuh kita ini punya potensi-potensi yang kuat yang didukung dengan sikap tekun berlatih dan tekun penguasaan diri.

“ Saya mengapresiasi Adik-adik dengan semangat yang kuat. Tunjukkan semangat juang dan sportivitas yang tinggi, serta tetap junjung tinggi nilai-nilai persaudaraan,” ungkap Penjabat Bupati Odermaks Sombu.

Penjabat Bupati Odermaks Sombu berharap agar keberhasilan yang diraih dapat menjadi inspirasi bagi generasi muda Rote Ndao untuk lebih aktif berpartisipasi dalam olahraga dan mencapai prestasi tinggi. Semoga para atlet dapat menorehkan prestasi gemilang dan membawa pulang pengalaman berharga dari kejuaraan internasional ini.*(DKISP Rote Ndao)

raker

Penjabat Bupati Rote Ndao Raker dengan Perangkat Daerah Terkait Penanganan Stunting

Penanganan stunting menjadi salah satu prioritas dari tiga hal yang disampaikan Penjabat Bupati Rote Ndao Odermaks Sombu,SH,M.A,MH dalam rapat kerja bersama perangkat daerah, rabu (21/02/2024) di Kantor Bupati Rote Ndao. Dikatakan Penjabat Bupati, penanganan stunting menjadi perhatian pemerintah daerah dan mesti dikerjakan secara kolaboratif.

Selain stunting, penanganan inflasi daerah dan kemiskinan ekstrim turut menjadi perhatian Penjabat Bupati Odermaks Sombu dalam rapat kerja tersebut. Semua elemen dilibatkan, berbagai potensi yang terdapat pada perangkat daerah akan dimaksimalkan dan secara periodik mengevaluasi kinerja penangnan stunting di daerah. Tim-tim kecil untuk percepatan penanganan juga bisa dibentuk yang akan ikut membangun sebuah sistem kerja dengan harapan semakin terlihat hasil yang diharapkan.

“ Perlu kita kerja kolaborasi maka bisa menekan angka stunting. Tidak bisa kita kerja sendiri, tapi bagaimana melibatkan semua pihak. Potensi yang ada di perangkat daerah kita kerahkan semua. Bisa juga membuat tim-tim kerja percepatan, sehingga kita akan membangun sebuah sistem kerja untuk kita lihat bagaimana hasilnya,” ungkap Penjabat Bupati.

Penjabat Bupati Odermaks Sombu juga akan bersifat terbuka terhadap pihak mana saja yang berniat untuk ikut berkontribusi dalam percepatan penurunan angka stunting. Tak tanggung-tanggung, pemerintah daerah, kata Penjabat Bupati Odermaks Sombu, akan merangkul LSM, NGO dan pihak lainnya sebagai wujud kolaborasi.

“ Kita Doakan semoga bisa terealisasi. Jadi maksud Saya kita libatkan semua stakeholder, LSM, NGO dan pihak lainnya,” kata Penjabat Bupati Odermaks Sombu.

Penjabat Bupati Rote Ndao Odermaks Sombu,SH,M.A,MH rapat kerja bersama perangkat daerah, rabu (21/02/2024) terkait penangnan stunting.
Penjabat Bupati Rote Ndao Odermaks Sombu,SH,M.A,MH rapat kerja bersama perangkat daerah, rabu (21/02/2024) terkait penangnan stunting.

Selain itu, Penjabat Bupati Odermaks juga mengapresiasi upaya pemerintah daerah sejauh ini dalam upaya penurunan stunting. Karena itu, Ia juga tetap meminta peran strategis berbagai pihak termasuk para camat dan kepala desa sebagai leading sektor dilapangan.

“ Di Rote Saya hanya ingin kerja, maka perangkat daerah juga harus bekerja. Yang sudah dilakukan oleh Bapa Ibu, Saya lihat ini sudah luar biasa karena ada penurunan. Kita Doakan agar bisa turun lebih dari yang sudah ada. Kita tentu butuh semua orang terlibat di dalamnya. Saya minta libatkan para camat, kepala desa sebagai leading sektor di lapangan. Saya siap turun ke desa-desa untuk melihat keadaan di desa,” ungkap Penjabat Bupati Odermaks Sombu.

Penanganan stunting dimulai dari masa kehamilan. Pemenuhan kebutuhan gizi harus dilakukan sejak masa kehamilan. Memastikan ibu dan bayi untuk dating ke Posyandu. Lewat kerja kolaboratif Penjabat Bupati Odermaks Sombu yakin dapat bersinergi untuk menekan angka stunting di daerah.

“ Kita menyiapkan bagaimana ibu hamil terpenuhi kebutuhan gizinya. Bersama stakeholder membantu membawa ibu dan bayi ke Posyandu. Marilah kita bekerja kolaborasi, bersinergi untuk menekan angka Stunting in,” pinta Penjabat Bupati Odermaks Sombu.*(DKISP Rote Ndao)

Tinjau

Penjabat Bupati Rote Ndao Tinjau Pasar dan Bulog, Siap Gelar Operasi Pasar

Menyikapi disparitas harga dan ketersediaan pangan di daerah, Penjabat Bupati Rote Ndao Odermaks Sombu,SH,M.A,MH, rabu (21/02/2024) pagi meninjau aktivitas pasar Busalangga. Usai meninjau Pasar Busalangga, Penjabat Bupati Odermaks Sombu melanjutkan meninjau ke Gudang Badan Urusan Logistik (Bulog) Rote Ndao untuk memastikan ketersediaan pangan di daerah. Dari hasil kunjungan diketahui ketersediaan pangan cukup untuk dua bulan ke depan.

Pagi tepat pukul 07.00, Penjabat Bupati Rote Ndao Odermaks Sombu didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan Armis Saek,ST dan Asisten Administrasi Umum Jermi Haning,Ph.D serta sejumlah pimpinan perangkat daerah bertolak dari Ba’a menuju Pasar Busalangga di Kecamatan Rote Barat Laut. Pasar Busalangga adalah salah satu pasar rakyat terbesar yang ada di Kabupaten Rote Ndao.

Sesaat tiba, Penjabat Bupati Odermaks Sombu langsung menyambangi para pedagang yang sehari-hari menjajakan barang jualan di pasar Busalangga. Tak lupa Penjabat Odermaks Sombu menyalami para penjual dan masyarakat saat berkeliling di area pasar.

Ia secara face to face berdialog dengan para penjual dan masyarakat, menanyakan seputar harga barang jualan khususnya sembako untuk mengetahui dan memastikan jenis dan harga sembako. Para pedagang menyampaikan informasi seputar harga sembako, sementara Penjabat Bupati Odermaks Sombu sambil berdiskusi terkait harga sembako dan mendiskusikan Langkah-langkah kebijakan untuk menjaga stabilitas harga.

Penjabat Bupati Rote Ndao Odermaks Sombu,SH,M.A,MH saat meninjau Pasar Busalangga, rabu (21/02/2024). Peninjauan dilakukan untuk bisa melihat harga kebutuhan bahan pokok masyarakat.
Penjabat Bupati Rote Ndao Odermaks Sombu,SH,M.A,MH bersalaman dengan warga saat meninjau Pasar Busalangga, rabu (21/02/2024). Peninjauan dilakukan untuk melihat harga kebutuhan bahan pokok masyarakat.

Penjabat Bupati Odrmks Sombu menjelaskan tujuan dilakukannya peninjauan langsung ke area pasar adalah untuk melihat harga kebutuhan bahan pokok masyarakat. Hasil peninjauan ini, ditemukan beberapa bahan kebutuhan pokok Masyarakat memang mengalami kenaikan.

“ Untuk bisa melihat harga kebutuhan bahan pokok masyarakat. Kita lihat bahwa ada beberapa yang mengalami kenaikan tapia da juga yang masih stabil. Diantaranya terigu, gula dan minyak tanah stabil. Cabai naik sedikit. sementara kacang-kacangan msih dalam keadaan yang relative tidak begitu naik. Kemudian beras mengalami sedikit kenaikan,” jelas Penjabat Bupati Odermaks Sombu.

Situasi ini dipengaruhi pula oleh oleh kondisi cuaca, keadaan gagal tanam dan kekeringan yang terjadi. Sehingga  para penjual turut di edukasi untuk ikut mengontrol harga kebutuhan pokok agar tidak terlalu dinaikan yang bisa menyebabkan daya beli masyarakat juga ikut berkurang. Dan hasil peninjauan ditemukan beberapa komoditi tidak begitu signifikan dlaam hal kenaikan.

Penjabat Bupati Koordinasi dengan Perum Bulog NTT Gelar Operasi Pasar

Dari Pasar Busalangga, Penjabat Bupati Odermaks Sombu dan rombongan bertolak ke Gudang Bulog Rote Ndao di Sanggaeoen Kecamatan Lobalain. Penjabat Bupati diterima kepala Bulog Rote Ndao dan langsung meninjau stok beras yang tersedia di Gedung Bulog. Hasil peninjauan diketahui sementara stok beras yang tersedia di Gudang Bulog Rote Ndao masih tercukupi untuk dua bulan kedepan.

“ Persediaan stok beras masih mencukupi untuk dua bulan ke depan. Dan bulan depan ini akan dikirim lagi untuk stok dua bulan yang akan datang lagi,” kata Penjabat Bupati Odermaks Sombu.

Penjabat Bupati Rote Ndao Odermaks Sombu,SH,M.A,MH meninjau Gudang Bulog Rote Ndao. Penjabat Bupati Odermaks Sombu juga berkoordinasi dengan Perum Bulot Wilayah NTT untuk menggelar operasi pasar di Rote Ndao.
Penjabat Bupati Rote Ndao Odermaks Sombu,SH,M.A,MH (kiri) meninjau Gudang Bulog Rote Ndao. Penjabat Bupati Odermaks Sombu juga berkoordinasi dengan Perum Bulog Wilayah NTT untuk menggelar operasi pasar di Rote Ndao.

Penjabat Bupati Odermaks Sombu langsung berkoordinasi dengan Perum Bulog Wilayah NTT lewat sambungan telepon untuk menggelar operasi pasar dan pasar murah di Rote Ndao. Permintaan Penjabat Bupati Odermkas Sombu disambut baik Perum Bulog NTT yang meminta koordinasi tetap dilakukan untuk kebutuhan penyiapan lokasi.

Menganggapi permintaan Perum Bulog NTT, Penjabat Bupati Odermaks Sombu menyatakan kesiapan pemerintah daerah memfasilitasi pelaksanaan operasi pasar murah di Rote Ndao termasuk penyiapan titik lokasi. Penjabat Bupati Odermaks Sombu menyampaikan apresiasi dan terima kasihnya atas dukungan Perum Bulog NTT.

“ Saya juga minta untuk dilakukan operasi pasar. Jadi dalam waktu dekat ini akan dilakukan operasi pasar. Kita melihat harga-harga yang mengalami kenaikan untuk bisa kita tekan. Saya sudah minta ke Kanwil Perum Bulog dan sudah disetujui. Kita hanya menentukan titik-titik lokasi. Jadi kita Doakan agar dalam waktu dekat ini bisa segera dilakukan,” ungkap Penjabat Bupati Odermaks Sombu.*(DKISP Rote Ndao)