Peluncuran

Pj. Bupati Hadiri Peluncuran Tahapan dan Jadwal Pemilihan Bupati dan Wabup Rote Ndao Tahun 2024

Tahapan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Rote Ndao yang puncaknya pada bulan November 2024 resmi dilaunching oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rote Ndao. Hal ini setelah KPU Kabupaten Rote Ndao menggelar ceremonial Peluncuran Tahapan dan Jadwal Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Rote Ndao Tahun 2024, kamis (18/04/2024) bertempat di Aula Meeting Graha Narwastu, Ba’a.

Hadir dalam ceremonial peluncuran, Penjabat Bupati Rote Ndao Oder Mask Sombu, SH,MA,MH, Kapolres Rote Ndao AKBP Mardiono, S.ST., M.K.P, Dandim 1627/Rote Ndao Letkol Inf. Albert Inkiriwang, S.I.P, Danlanal Pulau Rote Letkol Laut (P) Andik Irwanto, Pejabat Kejaksaan Negeri Rote Ndao Edi Mantolas, SH, Ketua KPU Kab. Rote Ndao Agabus Lau, SE, Komisioner Bawaslau Kab. Rote Ndao Patje J.B. Tari serta undangan lainnya.

Ceremonial peluncuran juga ditandai dengan penyerahan secara simbolis Tahapan dan Jadwal pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Rote Ndao Tahun 2024 dari KPU Kabupaten Rote Ndao kepada Pemda Rote Ndao, Forkompimda dan Bawaslu Kabupaten Rote Ndao.

Penyerahan simbolis Tahapan dan Jadwal Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Rote Ndao Tahun 2024 dari KPU Kabupaten Rote Ndao kepada Pemda Rote Ndao yang diterima Pj. Bupati Oder Maks Sombu, SH,MA,MH. Penyerahan dilakukan kepada Forkompimda dan Bawaslu Kabupaten Rote Ndao.
Penyerahan simbolis Tahapan dan Jadwal Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Rote Ndao Tahun 2024 dari KPU Kabupaten Rote Ndao kepada Pemda Rote Ndao yang diterima Pj. Bupati Oder Maks Sombu, SH,MA,MH. Penyerahan juga dilakukan kepada Forkompimda dan Bawaslu Kabupaten Rote Ndao.

Pj. Bupati Oder Maks Sombu saat menyampaikan sambutan mengatakan, pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Rote Ndao adalah momen penting yang akan menentukan arah dan langkah pembangunan Kabupaten Rote Ndao ke depan. Ia meminta seluruh komponen di daerah tetap bersatu, mendukung semua tahapan pelaksanaan pemilihan agar berlangsung secara adil, jujur dan berkualitas

“ Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati merupakan momen penting dalam menentukan arah pembangunan daerah kita kedepan. Karena itu, seluruh komponen di daerah mesti bersatu dalam mendukung seluruh tahapan pelaksanaan pemilihan secara adil, jujur dan berkualitas,” pintanya.

Hajatan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Rote Ndao juga dinilainya sebagai momentum untuk memperkuat komitmen terhadap prinsip-prinsip demokrasi dan partisipasi aktif dalam proses pembangunan daerah. Dalam proses yang demokratis tentu dapat menciptakan pemerintahan yang lebih baik, berpihak kepada masyarakat serta mampu menghadapi tantangan yang akan dihadapi.

Penyelenggaraan tahapan ini, lanjut Pj. Bupati Oder Maks Sombu, bukan semata hanya menjadi tanggungjawab KPU, melainkan tanggung jawab bersama. Untuk itu semua elemen masyarakat Rote Ndao harus turut mengawal setiap jalannya tahapan.

Ia juga meminta dalam melewati semua tahapan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Rote Ndao, semua pihak harus menjunjung persatuan dan kesatuan, sehingga setiap langkah yang diambil selalu berorientasi pada kemajuan Kabupaten Rote Ndao.

“ Mari kita selalu menjaga semangat persatuan dan kesatuan dalam setiap langkah yang diambil demi kemajuan Kabupaten Rote Ndao kedepannya. Kerja keras dan kerja sama akan menjadi kunci keberhasilan dalam proses yang demokratis dan berdaulat,” pinta Pj. Bupati Oder Maks Sombu.

Pj. Bupati Oder Maks Sombu bersama Forkompimda Kab. Rote Ndao serta KPU dan Bawaslu Kab. Rote Ndao menekan tombol tanda peluncuran Tahapan dan Jadwal Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Rote Ndao Tahun 2024.
Pj. Bupati Oder Maks Sombu bersama Forkompimda Kab. Rote Ndao serta KPU dan Bawaslu Kab. Rote Ndao menekan tombol tanda peluncuran Tahapan dan Jadwal Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Rote Ndao Tahun 2024.

Sementara Ketua KPU Kabupaten Rote Ndao Agabus Lau ditempat yang sama mengatakan, sebagai penyelenggara, KPU Kabupaten Rote Ndao harus selalu memastikan setiap tahapan yang berlangsung harus berjalan dengan aman dan lancar.

Ia juga berharap semua komponen di daerah Bersatu menyukseskan tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Rote Ndao tahun 2024 ini. Dengan dukungan dari semua pihak, tentu seluruh tahapan dimaksud dapat berjalan dengan aman dan lancar.

“ Berharap semua Komponen dapat bersatu mengsukseskan tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Rote Ndao. Mengharapkan dukungan dari semua pihak terkait agar seluruh tahapan ini dapat berjalan dengan lancar di Kabupaten Rote Ndao,” jelasnya.*(Bidkom_DKISP Rote Ndao/Prokopim)

Panen Padi

Giat Pj. Bupati Panen Raya Padi di Oebau dan Penanaman Simbolis Bibit Hortikultura di Tunganamo

Penjabat Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, SH,MA,MH bersama masyarakat Desa Oebau Kecamatan Pantai Baru melakukan Panen Raya Padi di Kompleks Pertanian Kosi, Kamis (18/04/2024). Suasana bahagia nampak dari raut para petani dalam momen panen raya ini mensyukuri hasil panen yang didapat masyarakat di wilayah tersebut.

Hadir bersama Pj. Bupati Oder Maks Sombu, Kapolres Rote Ndao AKBP Mardiono S.ST. M.K.P, Dandim 1627/Rote Ndao Letkol Inf. Alber Ingkiriwang S.I.P dan Paur Intel Lana Pulau Rote Letda Laut (P) Lamhot Marsidi. Turut mendampingi Pj. Bupati Oder Maks Sombu Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Rote Ndao Salmun Haning,SE dan Camat Pantai Baru Micha Manubulu S.Pi.

Pj. Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, SH,MA,MH dan Forkompimda melakukan Panen Raya Padi bersama Masyarakat di Desa Oebau.
Pj. Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, SH,MA,MH dan Forkompimda melakukan Panen Raya Padi bersama masyarakat di Desa Oebau.

Di sela-sela proses panen raya, Pj. Bupati Oder Maks Sombu menyampaikan rasa syukur atas kerja keras para petani yang telah mencapai hasil panen yang baik ini. Panen raya padi ini tidak hanya menjadi kebanggaan bagi petani kita, tetapi juga mencerminkan potensi sektor pertanian di Kabupaten Rote Ndao yang terus berkembang.

Hasil panen yang baik ini diharapkan akan meningkatkan kesejahteraan petani dan masyarakat sekitar. Selain itu juga, dengan produksi yang baik, tentu dapat menjaga stabilitas ketersediaan pangan, tetap terjangkau dan memberikan manfaat secara ekonomi bagi petani.

Usia panen raya, Pj. Bupati Oder Maks Sombu bersama Forkompimd juga bertatap muka dengan masyarakat setempat yang tergabung dalam Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Lopule yang diketahui turut mengelola persawahan di Kompleks Pertanian Kosi Desa Oebau.

Pj. Bupati Oder Maks Sombu tatap muka bersama masyarakat saat Panen Raya Padi dan Penanaman Bibit Bawang Merah dan Cabai.
Pj. Bupati Oder Maks Sombu tatap muka bersama masyarakat saat Panen Raya Padi dan Penanaman Bibit Bawang Merah dan Cabai.

Momen ini dimanfaatkan Pj. Bupati Oder Maks Sombu untuk menerima masukan, mendengar pendapat serta aspirasi masyarakat. Ia menegaskan komitmen pemerintah daerah yang terus mendukung pengembangan sektor pertanian melalui program-program yang berkelanjutan. Pemerintah daerah, jelasnya, akan terus memberikan dukungan kepada para petani dan terus mendorong inovasi serta teknologi dalam pertanian guna meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan petani kita.

Penanaman Simbolis Bawang Merah dan Cabai di Tungganamo

Dari Desa Oebao, Pj. Bupati Oder Maks Sombu dan rombongan bertolak ke Desa Tunganamo. Disana, Pj. Bupati bersama Forkompimda juga bersama masyarakat setempat melakukan penanaman secara simbolis bibit Hortikultura berupa Bawan Merah dan Cabai.

Pj. Bupati Oder Maks Sombu bersama Forkompimda juga bertatap muka dengan Masyarakat usai prosesi penanaman bibit Bawang Merah dan Cabai. Kegiatan seperti ini, sebagai wujud kolaborasi antara pemerintah daerah dan masyarakat dalam mendukung ketahanan pangan di Kabupaten Rote Ndao.

Pj. Bupati Oder Maks Sombu bersama Forkompimda melakukan penanaman simbolis Bibit Bawang Merah dan Cabai di Desa Tunganamo.
Pj. Bupati Oder Maks Sombu bersama Forkompimda melakukan penanaman simbolis Bibit Bawang Merah dan Cabai di Desa Tunganamo.

Pemerintah daerah, jelasnya, terus mendukung pengembangan pertanian berkelanjutan serta mengedepankan semangat gotong royong dan kebersamaan dalam membangun ketahanan pangan local sebagaiman tampak dalam kegiatan tersebut.*(Bidkom_DKIP Rote Ndao/Prokopim)

Penrimaan Aduan

Hari Pertama Digelar, Penerimaan Pengaduan Masyarakat “Merekap” Sejumlah Aduan

Pasca dikeluarkan Pengumuman Penjabat Bupati Rote Ndao perihal Penerimaan Pengaduan Masyarakat, hari ini Kamis (18/04/2024) sejumlah perwakilan dan tokoh masyarakat menghadiri kegiatan yang diagendakan setiap hari kamis tersebut. Perwakilan masyarakat ini hadir dan menyampaikan berbagai informasi berkaitan dengan proses pembangunan yang terjadi di sekitarnya.

Informasi yang disampaikan, didengar secara langsung dan mendapat respon balik oleh Pj. Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, SH,MA,MH, Sekretaris Daerah Drs. Jonas M. Selly, Asisten Administrasi Umum Jermi Haning,Ph.D serta pimpinan perangkat daerah Pemkab Rote Ndao.

Pj. Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, SH,MA,MH merespon penyampaian perwakilan Masyarakat saat kegaiatan Penerimaan Pengaduan Masyarakat di ruang Loby Lanati I Kantor Bupati Rote Ndao.
Pj. Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, SH,MA,MH merespon penyampaian perwakilan masyarakat saat kegaiatan Penerimaan Pengaduan Masyarakat di ruang Loby Lanati I Kantor Bupati Rote Ndao.

Diketahui, dalam Pengumuman Pj. Bupati Rote Ndao Nomor 800/314/DKISP/2024 tanggal 5 April 2024, Pj. Bupati Rote Ndao menerima pengaduan secara langsung dari masyarakat terkait permasalahan, kendala dan hambatan dalam urusan Penyelenggaraan Pemerintahan, Pembangunan dan Pelayanan Kemasyarakatan.

Penerimaan pengaduan dimaksud akan dilaksanakan pada setiap hari Kamis pukul 08.00 s/d 09.30 Wita, terhitung sejak tanggal 18 April 2024, bertempat di Lobi Lantai 1 Kantor Bupati Rote Ndao

Secara umum, perwakilan masyarakat yang hadir kali ini di ruang Loby Lantai I Kantor Bupati Rote Ndao menyampaikan informasi terkait pembanguan Gedung PAUD, Polindes, penyaluran pupuk kepada petani, pengisian kekosongan guru di sekolah swasta, permintaan bantuan Hand Traktor, perbaikan rumah rusak akibat bencana Seroja, perluasan jaringan listrik, pemanfaatan air Pamsimas serta penyaluran ganti rugi bagi masyarakat terdampak tumpahan minyak Montara.

Foto bersama Pj. Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, SH,MA,MH, Sekretaris Daerah Kabupaten Rote Ndao Drs. Jonas M. Selly, MM, Asisten Administrasi Umum Jermi Haning,Ph.D, pimpinan Perangkat Daerah dengan perwakilan masyarakat.
Foto bersama Pj. Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, SH,MA,MH, Sekretaris Daerah Kabupaten Rote Ndao Drs. Jonas M. Selly, MM, Asisten Administrasi Umum Jermi Haning,Ph.D, pimpinan Perangkat Daerah dengan perwakilan masyarakat.

Penyampaian informasi dan pengaduan pun langsung dijawab oleh Pj. Bupati Oder Maks Sombu dan Sekretaris Daerah Jonas M. Selly. Selanjutnya semua perangkat daerah yang hadir menindaklanjuti sesuai bidang tugas masing-masing.

Pj. Bupati Oder Maks Sombu mengapresiasi kehadiran perwakilan masyarakat dalam kegiatan Penerimaan Pengaduan Masyarakat ini. Ia menegaskan bahwasanya pemerintah daerah mengambil langkah-langkah konkret dalam menanggapi setiap pengaduan yang masuk.

Sebab, ruang pegaduan yang disediakan ini diharapkan akan menjadi sarana yang transparan, terbuka, dan responsif bagi masyarakat dalam menyampaikan beragam informasi maupun kendala yang dihadapi terkait Penyelenggaraan Pemerintahan, Pembangunan dan Pelayanan Kemasyarakatan di daerah.

Salah satu perwakilan masyarakat saat menyampaikan informasi dalam kegiatan Penerimaan Pengaduan Masyarakat yang digelar, Kamis (18/04/2024).
Salah satu perwakilan masyarakat saat menyampaikan informasi dalam kegiatan Penerimaan Pengaduan Masyarakat yang digelar, Kamis (18/04/2024).

*(Bidkom_DKISP Rote Ndao)