monitoring

Monitoring SPBU, Pj. Bupati Rote Ndao Cek Pasokan BBM Jelang Hari Raya Paskah dan Idul Fitri 1445 H

Guna memastikan ketersediaan pasokan Bahan Bakar Minyak (BBM) bagi masyarakat, Penjabat Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, SH,MA,MH bersama Kapolres Rote Ndao AKBP Mardiono,S.ST,M.K.P melakukan monitoring langsung ke Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU), sabtu (30/03/2024).

Monitoring ini terutama untuk memastikan ketersediaan pasokan BBM untuk masyarakat menjelang Hari Raya Paskah Tahun 2024 dan Idul Fitri 1445 H/ Tahun 2024. Monitoring dilakukan pada SPBU di Kota Ba’a yakni SPBU Metina Kelurahan Metina Kecamatan Lobalain.

Monitoring pada SPBU Metina ini, Pj. Bupati Oder Maks Sombu bersama Kapolres Rote Ndao AKBP Mardiono tiba pukul 11.00 Wita. Kedatangan Pj. Bupati dan rombongan diterima oleh penanggungjawab SPBU Metina, Alvian Manopo. Dialog berlangsung antara Pj. Bupati Oder Maks Sombu dengan pengelola SPBU Metina. Ia meminta pihak SPBU memperhatikan stok BBM agar tetap tersedia dan tidak terjadi kelangkaan.

Penjabat Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, SH,MA,MH melakukan monitoring dua SPBU di Kota Ba’a, sabtu (30/03/2024).
Penjabat Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu,SH,MA,MH melakukan monitoring dua SPBU di Kota Ba’a, sabtu (30/03/2024).

Selain itu, kepada penanggujawab SPBU, Ia juga meminta jam operasional SPBU ditambah dari pukul 07.00 Wita – 18.00 Wita. Dengan demikian waktu pelayanan kepada masyarakat menjadi lebih optimal. Diharapkan, langkah-langkah ini dapat memberikan manfaat layanan yang optimal bagi seluruh masyarakat.

Dalam monitoring ini, Pj. Bupati Oder Maks Sombu juga menyampaikan apresiasi atas kerja keras pihak-pihak terkait, termasuk pengelola SPBU dan distributor BBM, dalam menjaga ketersediaan dan kualitas BBM bagi masyarakat. Ia tak lupa mengingatkan pentingnya pelayanan yang prima kepada Masyarakat sebagai pengguna jasa SPBU.

Penjabat Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, SH,MA,MH dan Kapolres Rote Ndao AKBP Mardiono,S.ST,M.K.P mendengarkan penjelasan pengelola SPBU sambil memantau aktivitas pengisian BBM.
Penjabat Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu,SH,MA,MH dan Kapolres Rote Ndao AKBP Mardiono,S.ST,M.K.P mendengarkan penjelasan pengelola SPBU sambil memantau aktivitas pengisian BBM.

Dialog juga berlangsung antara Pj. Bupati Oder Maks Sombu dengan masyarakat yang sedang melakukan pengisian BBM. Ia mendengarkan langsung masukan dan aspirasi dari pihak-pihak terkait di lapangan termasuk masyarakat pengguna jasa, sehingga langkah-langkah strategis dapat diambil guna meningkatkan efisiensi dan efektivitas pelayanan BBM.*(Bidkom_DKISP Rote Ndao)

GPM

Jaga Stabilitas Harga, Pemkab Rote Ndao dan Perum Bulog NTT Selenggarakan Pasar Murah

Salah satu langkah konkrit yang ditempuh dalam menjaga stabilitas harga dan sebagai upaya memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap ketersediaan bahan kebutuhan pokok, Pemkab Rote Ndao bersama Perum Bulog Wilayah NTT menggelar Pasar Murah bertajuk Gerakan Pangan Murah, sabtu (30/03/2024) bertempat di halaman Gereja GMIT Bethania Ba’a.

Pasar Murah Gerakan Pangan Murah ini kata Penjabat Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, SH,MA,MH, bertujuan untuk memberikan akses lebih muda kepada masyarakat guna memperoleh barang kebutuhan pokok dengan harga yang lebih terjangkau.

Penjabat Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu bersama Forkompimda Kabupaten Rote Ndao dan Sekretaris Daerah Kabupaten Rote Ndao Drs. Jonas M. Selly, MM tiba di tempat kegiatan dan segera melaunching Pasar Murah Gerakan Pangan Murah Kabupaten Rote Ndao.

Penjabat Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, SH,MA,MH menyampaikan sambutan membuka Kegiatan Pasar Murah Gerakan Pangan Murah, sabtu (30/03/2024).
Penjabat Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, SH,MA,MH menyampaikan sambutan membuka Kegiatan Pasar Murah Gerakan Pangan Murah, sabtu (30/03/2024).

Pemkab Rote Ndao bekerja sama dengan Perum Bulog Wilayah NTT dan didukung Forkompimda Kabupaten Rote Ndao melaksanakan Pasar Murah Gerakan Pangan Murah ini sebagai wujud upaya bersama dalam menyediakan berbagai komoditas pangan dan barang kebutuhan pokok lainnya bagi masyarakat dengan harga yang relatif lebih murah.

“ Kami berharap melalui program ini masyarakat dapat merasakan manfaatnya secara langsung dalam menjawab kebutuhan pokoknya sehari-hari,” ungkap Pj. Bupati Oder Maks Sombu.

Diketahui, Komoditi yang disediakan dalam Pasar Murah kali ini yakni,

  1. Beras kemasan 5 Kg dengan harga Rp.57.500 dengan ketersediaan stok sebanyak 20 Ton Beras;
  2. Gula Pasir Kemasan 1 Kg dengan harga Rp.17.000 dengan ketersediaan stok sebanyak 3 Ton Gula Pasir;
  3. Tepung Terigu Kemasaa Per Kg dengan harga Rp.12.000 dengan ketersediaan stok sebanyak 100 Kg;
  4. Minyak Goreng Rizky Kemasan 900 ml dengan harga Rp.14.000, dengan ketersediaan stok sebanyak 720 Liter;
  5. Minyak Goreng Kita Kemasa Per Liter dengan harga Rp.16.000, dengan ketersediaan stok sebanyak 600 Liter;
  6. Minyak Goreng Damai 2 Liter dengan harga Rp.32.500, dengan ketersediaan stok sebanyak 300 Kemasan;
  7. Bawang Putih dengan harga Rp.40.000 per Kg, dengan ketersediaan stok sebanyak 100 Kg; dan
  8. Telur Ayam Ras Per Rak dengan harga Rp.60.000, dengan ketersediaan stok sebanyak138 Rak.
Penjabat Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, SH,MA,MH bersama Kapolres Rote Ndao AKBP Mardiono,S.ST, M.K.P, Dandim 1627/Rote Ndao Letkol (Inf) Alber Inkiriwang, Kajari Rote Ndao Budi Narsanto,SH, Sekretaris Daerah Kabupaten Rote Ndao Drs. Jonas M. Selly, MM, Ketua Majelis Jemaat GMIT Betania Ba'a, Pdt. Jermianto N Balukh, S.Th dan Perwakilan Perum Bulog Kantor Wilayah NTT dalam sesi foto bersama dalam Kegiatan Pasar Murah Gerakan Pangan Murah.
Penjabat Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, SH,MA,MH bersama Kapolres Rote Ndao AKBP Mardiono,S.ST, M.K.P, Dandim 1627/Rote Ndao Letkol (Inf) Alber Inkiriwang, Kajari Rote Ndao Budi Narsanto,SH, Sekretaris Daerah Kabupaten Rote Ndao Drs. Jonas M. Selly, MM, Ketua Majelis Jemaat GMIT Betania Ba’a, Pdt. Jermianto N Balukh, S.Th dan Perwakilan Perum Bulog Kantor Wilayah NTT dalam sesi foto bersama pada Kegiatan Pasar Murah Gerakan Pangan Murah.

Terpantau masyarakat cukup antusias terhadap pelaksanaan Pasar Murah Gerakan Pangan Murah ini. Sekitar 1.000 KK lebih telah mendaftar mengikuti Pasar Murah. Pj. Bupati Oder Maks Sombu menyatakan Pasar Murah akan terus digelar. Setelah hari ini terselenggara untuk wilayah Kecamatan Lobalain dan sekitarnya. Selanjutnya Pasar Murah akan lanjut digelar ke wilayah lain di Kabupaten Rote Ndao.

“ Ini bukti bahwa masyarakat menyambut baik. Apa yang menjadi kenginginan dan kerinduan masyarakat bisa terjawab. Dapat kami sampaikan juga bahwa kita akan menyelenggarakan ini terus menerus selama satu minggu ke depan,” jelas Pj. Bupati Oder Maks Sombu.

Sesuai jadwal, Pasar Murah akan gembali digelar pada Selasa 2 April 2024 di Kecamatan Pantai Baru dan Rabu 3 April 2024 di Pasar Busalangga Kecamatan Rote Barat Laut. Masayarakat dihimbau untuk ambil bagian dalam kegiatan Pasar Murah ini.

Pemantauan stand Pasar Murah Gerakan Pangan Murah oleh Penjabat Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, SH,MA,MH bersama Forkompimda Kabupaten Rote Ndao.
Pemantauan stand Pasar Murah Gerakan Pangan Murah oleh Penjabat Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, SH,MA,MH bersama Forkompimda Kabupaten Rote Ndao.

*(Bidkom_DKISP Rote Ndao)

Bantuan Kasih Pj. Bupati Rote Ndao untuk Anak Stunting di Tunganamo

Penjabat Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, SH,MA,MH menyerahkan bantuan kasih kepada anak-anak stunting di Desa Tunganamo Kecamatan Pantai Baru sebagai wujud kepedulian kepada anak-anak yang mengalami stunting.

Melalui bantuan ini diharapkan dapat membantu meningkatkan kesehatan dan gizi anak-anak agar dapat tumbuh dan berkembang secara optimal. Pj. Bupati Oder Maks Sombu juga menyampaikan pentingnya peran bersama dalam mengatasi masalah stunting di masyarakat.

Saat penyerahan bantuan kasih ini, jumat (29/03/2024), Pj. Bupati Oder Maks Sombu didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Rote Ndao Drs. Jonas M. Selly, MM dan sejumlah pimpinan perangkat daerah Pemkab Rote Ndao. Hadir pula Wakil Ketua DPRD Kabupaten Rote Ndao Paulus Henuk, SH. Sementara anak-anak yang mengalami stunting didampingi orang tua masing-masing.

Penjabat Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, SH,MA,MH menyerahkan bantuan kasih di Desa Tunganamo.
Penjabat Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, SH,MA,MH menyerahkan bantuan kasih di Desa Tunganamo.

Bantuan yang diberikan berupa Biskuit, Susu, Multvitamin  anak dan Telur. Usai memberikan bantuan, Pj. Bupati Oder Maks Sombu  juga mengajak semua pihak untuk ikut berperan aktif dalam mendukung kegiatan peningkatan kesehatan dan gizi anak seperti ini agar agar tujuan pengentasan stunting dapat tercapai dengan baik.

” Dengan adanya bantuan ini, kami berharap dapat memberikan dukungan nyata kepada anak-anak yang membutuhkan untuk meningkatkan kesehatan dan pertumbuhan mereka. Kesehatan anak-anak adalah investasi bagi masa depan mereka,” ujar Pj. Bupati Oder Maks Sombu.

Turut hadir dalam kegiatan ini Kepala BKAD Daniel W. Nalle,S.Pt, Kepala Dinas Kesehatan dr. Nelly Riwu, Kepala Dinas P3AP2KB Regina Kedoh,S.STP,M.Si, Camat Pantai Baru Micha Manubulu,S.Pi, Danramil 1627-02 Pantai Baru Kaptein Kav. Agustinus Dida Nada, Kepala UPTD Puskesmas Korbafo dr. Devrima Haning, Kepala Desa Tunganamo Yance Polin dan perangkat desa serta tokoh masyarakat setempat.

Semua yang hadir dalam kegiatan ini menyatakan berkomitmen untuk terus mendukung program-program kesehatan dan gizi yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup anak-anak di daerah ini.

Penjabat Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, SH,MA,MH bersama Sekretaris Daerah Kabupaten Rote Ndao Drs. Jonas M. Selly, MM, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Rote Ndao Paulus Henuk, SH, pimpinan Perangkat Daerah Pemkab Rote Ndao usai penyerahan bantuan kasih.
Penjabat Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, SH,MA,MH bersama Sekretaris Daerah Kabupaten Rote Ndao Drs. Jonas M. Selly, MM, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Rote Ndao Paulus Henuk, SH, pimpinan Perangkat Daerah Pemkab Rote Ndao usai penyerahan bantuan kasih.

*(Bidkom_DKISP Rote Ndao)

Paket PMT

Pemkab Rote Ndao dan Alfamart Salurkan 1.500 Paket PMT

Pencegahan dan Penanganan Stunting di lakukan secara kolaboratif dan lintas sektor. Pemkab Rote Ndao membangun komunikasi dan terbuka terhadap semua pihak yang ingin berkontribusi dalam pengentasan stunting. Sebagaimana tampak yang dilakukan PT. Sumber Alfaria Trijaya,Tbk (AlfaMart) Cabang Kupang melalui dukungan 1.500 paket Pemberian Makanan Tambahan (PMT) yang diberikan guna mendukung pengentasan stunting.

Dukungan PMT kali ini disalurkan kepada penerima di Kelurahan Mokdale, Desa Oelunggu dan Desa Sanggaoen Kecamatan Lobalain. Penyerahan secara simbolis dari pihak AlfaMart kepada pemerintah daerah. Selanjutnya penyerahan secara simbolis dari pemerintah daerah kepada perwakilan penerima.

Penyerahan secara simbolis PMT dilakukan oleh Penjabat Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, SH,MA,MH bersama Forkompimda Kabupaten Rote Ndao dan Sekretaris Daerah Drs. Jonas M. Selly, MM, jumat (29/03/2024). PMT yang disalurkan berupa Telur, Susu, Biskuit. Hadir dalam kegiatan penyerahan ini para pimpinan perangkat daerah.

Penyerahan secara simbolis dukungan 1.500 Paket PMT dari PT. Sumber Alfaria Trijaya,Tbk (Alfamart) kepada Pemkab Rote Ndao yang diteima Penjabat Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, SH,MA,MH.
Penyerahan secara simbolis dukungan 1.500 Paket PMT dari PT. Sumber Alfaria Trijaya,Tbk (Alfamart) kepada Pemkab Rote Ndao yang diteima Penjabat Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, SH,MA,MH.

Pihak Alfamart menyampaikan apresiasi kepada pemerintah daerah yang terbuka terhadap pihak-pihak yang ingin terlibat dalam mendukung pengentasan stunting termasuk PT. Sumber Alfaria Trijaya,Tbk (Alfamart) Cabang Kupang.

Program penyaluran bantuan untuk penanggulangan stunting oleh Alfamart ini mendapat apresiasi. Penjabat Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu menyampaikan terima kasih atas koontribusi pihak Alfamart dalam mendukung pengentasan stunting di Kabupaten Rote Ndao.

Hal ini menunjukkan niatan bersama untuk bersama-sama mengatasi tantangan permaslahan stunting yang dihadapi. “ Terima kasih kami sampaikan untuk Direktur PT. Sumber Alfaria Trijaya,Tbk (Alfamart) dan jajaran,” ungkap Pj. Bupati Oder Maks Sombu.

Ia meminta penyaluran paket PMT ini dilakukan secara baik dan sampai pada sasaran sehingga bermanfaat dalam mendukung upaya bersama untuk mengatasi masalah stunting. Dengan penyaluran bantuan yang tepat dan berkualitas, diharapkan dapat membantu menekan angka stunting dan meningkatkan kesehatan serta kualitas kesehatan anak-anak yang mengalami stunting.

Foto bersama Penjabat Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, SH,MA,MH dengan Forkompimda Kabupaten Rote Ndao, Sekretaris Daerah Kabupaten Rote Ndao Drs. Jonas M. Selly, MM, pimpinan Perangkat Daerah Pemkab Rote Ndao, Jajaran Alfamart Cabang Kupang serta penerima paket PMT.
Foto bersama Penjabat Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, SH,MA,MH dengan Forkompimda Kabupaten Rote Ndao, Sekretaris Daerah Kabupaten Rote Ndao Drs. Jonas M. Selly, MM, pimpinan Perangkat Daerah Pemkab Rote Ndao, Jajaran Alfamart Cabang Kupang serta penerima paket PMT.

Dikatakan Pj. Bupati Oder Maks Sombu, dengan melihat permasalahan terkait stunting yang dihadapi, pemerintah terus berupaya dengan berbagai cara, program dan kegiatan untuk menyelesaikan permasalahan ini. Pemerintah juga membangun komunikasi dengan berbagai pihak yang punya keinginan untuk bersama-sama berkontribusi dalam pengentasan masalah stunting di daerah.

Corporate Communication Alfamart, Ame Dwi Pramesti mengatakan, bantuan PMT ini adalah bagian dari CSR atau tanggungjawab sosial perusahaan. Paket PMT ini akan didistribusikan ke sejumlah puskesmas yang di Kabupaten Rote Ndao guna mendukung program pemerintah dalam pengentasan stunting.

” Bantuan ini kami berikan karena sejalan dengan program perusahaan yang sedang berlangsung yakni concern pada pengentasan stunting. Kalau di Jawa, kita juga ada pemberian PMT rutin setiap bulan melalui posyandu. Bantuan PMT kali ini berisi biskuit Marie Regal, susu cokelat kemasan UHT Frisian Flag, biskuit Roma Kelapa, serta tablet vitamin C Fitkom,” jelasnya. *(Bidkom_DKISP Rote Ndao)