E Retribusi

Pj. Bupati Rote Ndao Launching Penerapan E-Retribusi Pasar

Pemerintah Kabupaten Rote Ndao mulai menerapkan pembayaran Retribusi Pasar secara online. Sebuah terobosan dalam digitalisasi pasar untuk mempemudah layanan termasuk pembayaran retribusi pasar. Kebijakan ini sebagai langkah konkrit Digitalisasi Pasar merujuk ketentuan Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2023 tentang  Percepatan Transformasi Digital Dan Keterpaduan Layanan Digital Nasional.

Penjabat Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, SH,MA,MH secara resmi melaunching Penerapan Digitalisasi E-Retribusi Pasar di Kabupaten Rote Ndao, rabu (22/05/2024) bertempat di Pasar Busalangga Kecamatan Rote Barat Laut. Hadir bersama, Forkompimda Kabupaten Rote Ndao, Sekretaris Daerah Kabupaten Rote Ndao Drs. Jonas M. Selly, MM, Kepala Badan Pendapatan Diksel Haning, SE dan Pimpinan Bank NTT Cabang Rote Ndao.

Pj. Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, SH,MA,MH saat melaunching Penarapan Penerapan Digitalisasi E-Retribusi Pasar Kabupaten Rote Ndao, rabu (22/05/2024).
Pemkab Rote Ndao memulai penerapan E-Retribusi Pasar yang dilaunching oleh Pj. Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, SH,MA,MH, rabu (22/05/2024).

Pasca dilaunching hari ini, E-Retribusi Pasar akan berlaku di 22 Pasar yang berada di Kabupaten Rote Ndao. Dengan penerapan E-retribusi Pasar, kualitas pengelolaan retribusi dapat ditingkatkan karena lebih akuntabel, transparan dan efisen.

Penerapan E-Retribusi Pasar menurut Pj. Bupati Oder Maks Sombu, merupakan wujud percepatan Perluasan Digitalisasi di Kabupaten Rote Ndao. E-Retribusi Pasar bermanfaat dalam mempercepat dan mempermudah pengguna jasa ketika melakukan pembayaran retribusi.

Melalui penerapan E-Retribusi Pasar, jelas Pj. Bupati Oder Maks Sombu, setiap transaksi yang dilakukan akan tercatat secara digital serta dapat meminimalisir terjadinya penyalahgunaan uang hasil retribusi.

Pj. Bupati Oder Maks Sombu mengunjungi lapak pedagang dan menyaksikan proses pembayaran melalui mesin EDC.
Pj. Bupati Oder Maks Sombu mengunjungi lapak pedagang dan menyaksikan proses pembayaran retribusi melalui mesin EDC.

Saat melaunching E-Retribusi Pasar, Pj. Bupati Oder Maks Sombu bersama Sekda Jonas M. Selly dan Forkompimda juga menyerahkan mesin gesek atau Electronic Data Capture (EDC) kepada 5 UPTB Pasar, masing-masing UPTB Wilayah l yang mencakup Kecamatan Rote Timur dan Landuleko; UPTB Wilayah lI untuk Kecamatan Pantai Baru, UPTB Wilayah lII meliputi Kecamatan Lobalain dan Rote Selatan; UPTB Wilayah lV meliputi Kecamatan Rote Barat Laut dan Loaholu serta UPTB Wilayah V meliputi Kecamatan Rote Barat Daya dan Rote Barat.

Diketahui, penerapan E-Retribusi Pasar mulai dilakukan setelah dilaunching oleh Pj. Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu. E-Retribusi Pasar merupakan kerja sama Pemkab Rote Ndao dengan Bank NTT Cabang Rote Ndao. Usai melaunching, Pj. Bupati Oder Maks Sombu bersama Sekda Jonas M. Selly dan Forkompimda mengunjungi lapak pedagang dan menyaksikan proses pembayaran melalui mesin EDC.*(Bidkom_DKISP Rote Ndao/Prokopim)

Alsintan

Pj. Bupati Rote Ndao Simbolis Menyerahkan Bantuan Alat dan Mesin Pertanian

Penjabat Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, SH,MA,MH secara simbolis menyerahkan bantuan Alat dan Mesin Pertanian (Alsintan) kepada kelompok masyarakat penerima, selasa (21/05/2024) bertempat di halaman Kantor Bupati Rote Ndao. Penyerahan bantuan dimaksud dalam rangka mendukung penguatan produktifitas masyarakat dalam sektor pertanian.

Penyerahan bantuan Alsintan disaksikan Forkompimda Kabupaten Rote Ndao dan Sekretaris Daerah Kabupaten Rote Ndao Drs. Jonas M. Selly, MM. Masyarakat penerima Alsintan nampak bersyukur dan mengapresiasi kegiatan tersebut.

Alsintan yang secara simbolis diserahkan oleh Pj. Bupati Oder Maks Sombu dikesempatan ini meliputi 3 unit Hand Traktor, 12 unit Pompa Air beserta Bibit Tanaman. Sementara keseluruhan Alsintan yang akan diserahkan kepada masyarakat penerima meliputi 216 unit Hand Prayer, 100 unit Pompa, 20 unit Hand Traktor, 3 unit Caltivator dan 514 Rol Kawat Duri.

Pj. Bupati Oder Mask Sombu, SH,MA,MH saat menyerahkan secara simbolis bantuan Alat dan Mesin Pertanian kepada perwakilan penerima.
Pj. Bupati Oder Mask Sombu, SH,MA,MH saat menyerahkan secara simbolis bantuan Alat dan Mesin Pertanian (Alsintan) kepada perwakilan penerima.

Pj. Bupati Oder Maks Sombu mengungkapkan pentingnya modernisasi pertanian untuk meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan petani. Dengan penyerahan bantuan Alsintan ini, Ia berharap masyarakat dapat lebih mudah dan efisien dalam mengolah lahan pertanian mereka.

Menurutnya, kebijakan ini adalah salah satu langkah konkret dari pemerintah daerah untuk mendukung ketahanan pangan dan meningkatkan kesejahteraan petani. Pj. Bupati Oder Maks Sombu juga berharap Alsintan yang diterima dapat digunakan secara baik dan efektif untuk mendukung ketahanan pangan di daerah.

Bantuan Alsintan juga merupakan bagian dari kebijakan Pemerintah Daerah untuk terus memberikan dukungan pada sektor pertanian yang menjadi salah satu tulang punggung perekonomian di daerah.

Foto bersama usai penyerahan bantuan Alsintan oleh Pj. Bupati Oder Maks Sombu.
Foto bersama usai penyerahan bantuan Alsintan oleh Pj. Bupati Oder Maks Sombu.

Masyarakat penerima bantuan nampak mengungkapkan rasa terima kasihnya atas perhatian dan dukungan dari pemerintah daerah. Dengan berbagai peralatan yang diterima akan sangat membantu dalam mengelolah lahan pertanian, menghemat waktu dan tenaga, serta meningkatkan hasil panen.*(Bidkom_DKISP Rote Ndao/Prokopim)

Jemaah Haji

Penyerahan Syal, Topi dan Rompi Tandai Pelepasan Keberangkatan Jemaah Haji oleh Pj. Bupati Rote Ndao

Penjabat Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu secara resmi melepas Jemaah Haji asal Kabupaten Rote Ndao yang akan menjalankan ibadah haji. Ceremonial pelepasan keberangkatan digelar di Aula Lantai I Kantor Bupati Rote Ndao, selasa (21/05/2024). Pj. Bupati Oder Maks Sombu mengajak calon Jemaah haji untuk bersama manaikan Syukur atas kesempatan yang diberikan Tuhan untuk menunaikan ibadah haji tahun ini.

Hadir bersama, Forkompimda Kabupaten Rote Ndao dan Sekretaris Daerah Kabupaten Rote Ndao Drs. Jonas M. Selly, MM. Acara pelepasan juga ditandai dengan penyerahan Syal kepada Calon Jamaah Haji serta Topi dan Rompi kepada Tenaga Kesehatan Haji Indonesia asal Kabupaten Rote Ndao yang akan bertugas dalam prosesi Jemaah haji.

Pj. Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, SH,MA,MH menyerahkan Syal, Topi dan Rompi saat melepas keberangkatan Jemaash Haji asal Kabupaten Rote Ndao.
Pj. Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, SH,MA,MH menyerahkan Syal, Topi dan Rompi saat melepas keberangkatan Jemaash Haji asal Kabupaten Rote Ndao.

Dalam acara yang berlangsung hikmat ini, Pj. Bupati Oder Maks Sombu menyampaikan empat pesan penting bagi Jemaah Haji dan sekaligus terkait kebijakan pelayanan kerohanian oleh Pemerintah Kabupaten Rote Ndao.

Pertama, Pj. Bupati Oder Maks Sombu mengajak Jemaah Haji bersama keluarga untuk selalu menaikan syukur atas Rahmat, berkat dan perlindungan Tuhan, sehingga segala urusan yang berkaitan dengan pelaksanaan ibadah haji yang diikuti Jemaah asal Kabupaten Rote Ndao dapat terlasana dengan baik.

Kedua, Pj. Bupati Oder Maks Sombu berharap Kerjasama dan koordinasi yang baik dari berbagai pihak sebagai penyelenggara ibadah haji di Kabupaten Rote Ndao terutama antara Kementerian Agama dan Pemerintah Kabupaten Rote Ndao agar terus dijaga dengan baik.

Hal ini perlu dilakukan agar seluruh persiapan pemberangkatan Calon Jamaah Haji dapat dilakukan dengan baik termasuk yang terkait dengan sarana dan prasarana yang dibutuhkan. Jika hal-hal tersebut dilakukan dengan baik, tegas Pj. Bupati Oder Maks Sombu, Jamaah Haji asal Kabupaten Rote Ndao dapat melaksanakan ibadahnya dengan nyaman, baik dari saat pemberangkatan sampai dengan kembali ke Rote Ndao.

Acara pelepasan Calon Jemaah Haji asal Kabupaten Rote Ndao oleh Pj. Bupati Oder Maks Sombu.
Acara pelepasan Calon Jemaah Haji asal Kabupaten Rote Ndao oleh Pj. Bupati Oder Maks Sombu.

Ketiga, Pj. Bupati Oder Maks Sombu juga menyampaikan terkait adanya satu orang tenaga kesehatan asal Kabupaten Rote Ndao yang berhasil lolos sebagai tenaga kesehatan haji pada kloter yang akan bertugas. Mereka akan melakukan pembinaan kesehatan melalui penyuluhan dan pelayanan kesehatan pada calon jamaah haji mulai dari sebelum keberangkatan daerah asal, di embarkasi, di dalam pesawat, di pemondokan/hotel dan selama prosesi ibadah haji

Keempat, Pj. Bupati Oder Maks Sombu mengakui, perihal pembinaan mental dan spiritual masyarakat merupakan salah satu tugas pemerintah. Untuk itu Pemerintah Daerah berharap agar para Calon Jamaah Haji dapat menunaikan ibadahnya dengan sebaiknya-baiknya, dan kepada pihak keluarga agar selalu mendukung peribadatan sehingga calon jamaah haji asal kabupaten rote ndao.

Diketahui Time Scedjul keberangkatan Jemaah Haji  Rabu, pada tanggal 29 Mei 2024 keberangkatan Jemaah Haji asal Kabupaten Rote Ndao menuju ke Asrama Haji Transit Kupang. Selanjutnya Calon Jemaah Haji akan melanjutkan perjalanan ke Surabaya. Jemaah Haji asal Kabupaten Rote Ndao sebanyak satu orang atas nama Halimah Laode Kasim. Sementara Tenaga Kesehatan yang bertugas mendampingi para Jemaah Haji, Tri Umaryanto, A. Md. Kep.*(Bidkom_DKISP Rote Ndao/Prokopim)

Pj Bupati RN

Pj. Bupati Rote Ndao Apresiasi dan Sambut Peserta Rakor Pengelolaan Keuangan Daerah Tingkat Provinsi Tahun 2024

Pemerintah Kabupaten Rote Ndao menjadi tuan rumah penyelenggaraan Rapat Koordinasi Pengelolaan Keuangan daerah Tingkat Provinsi NTT tahun 2024 yang diikuti Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota se-Provinsi NTT. Rakor yang dibuka oleh Asisten Administrasi Umum Sekda Provinsi NTT Semuel Halundaka, S.IP,M.Si ini membahas hal-hal strategis terkait pengelolaan keuanagn daerah.

Penjabat Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, SH,MA,MH menyampaikan apresiasi sekaligus terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada Kabupaten Rote Ndao sebagai tuan rumah penyelenggaraan Rapat Koordinasi Pengelolaan Keuangan Daerah Tingkat Provinsi NTT Tahun 2024. Hal ini disampaikannya saat memberikan Sekapur Sirih pada acara Welcome Dinner dan Pembukaan Rakor Pengelolaan Keuangan daerah di Kawasan nemberala Kecamatan Rote Barat, senin (21/05/2024).

Pj. Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, SH,MA,MH meberikan Sekapur Sirih pada acara Welcome Dinner dan Pembukaan Rakor Pengelolaan Keuangan Daerah Tingkat Provinsi NTT Tahun 2024.
Pj. Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, SH,MA,MH meberikan Sekapur Sirih pada acara Welcome Dinner dan Pembukaan Rakor Pengelolaan Keuangan Daerah Tingkat Provinsi NTT Tahun 2024.

 “ Atas nama pemerintah dan masyarakat Kabupaten Rote Ndao, kami merasa bangga dan berterima kasih kepada Pemerintah Provinsi NTT yang telah mempercayakan Kabupaten Rote Ndao sebagai tuan rumah dalam pelaksanaan Rapat Koordinasi Pengelolaan Keuangan daerah tahun 2024,” ungkap Pj. Bupati Oder Maks Sombu.

Ia secara khusus mengapresiasi Rapat Koordinasi yang dilaksanakan dengan output demi Optimlisasi Sistem Informasi Pemerintahan Daerah dalam bidang penatausahaan dan pelaporan. Selanjutnya terkait juga dengan penggunaan Kartu Kredit Pemerintah Daerah dalam transaksi keuangan pemerintah daerah.

Karena itu Pj. Bupati Oder Maks Sombu menyambut baik kehadiran peserta Rapat Koordinasi yang datang dari 22 Kabupaten/kota se-NTT bersama Pemerintah Provinsi NTT dan dengan didukung Kementerian Dalam Negeri untuk membahas terkait hal-hal strategis yang berkaitan dengan pengelolaan keuangan di daerah.

Pj. Bupati Oder Maks Sombu memakaikan Topi Anyaman dan Selempang kepada Asisten Administrasi Umum Sekda Provinsi NTT pada acara Welcome Dinner dan Pembukaan Rakor Pengelolaan Keuangan Daerah Tingkat Provinsi NTT Tahun 2024.  Disaksikan Sekretaris Daerah Drs. Jonas M. Selly dan Forkompimda Kabupaten Rote Ndao.
Pj. Bupati Oder Maks Sombu memakaikan Topi Anyaman dan Selempang kepada Asisten Administrasi Umum Sekda Provinsi NTT pada acara Welcome Dinner dan Pembukaan Rakor Pengelolaan Keuangan Daerah Tingkat Provinsi NTT Tahun 2024. Disaksikan Sekretaris Daerah Drs. Jonas M. Selly dan Forkompimda Kabupaten Rote Ndao.

Pj. Bupati Oder Maks Sombu tak lupa menyampaikan terkait spot-spot wisata yang indah di Kabupaten Rote Ndao. Peserta Rapat Korodinasi dipersilahkan menikmati suguhan keindahan alam dan budaya ini selama berada di Rote Ndao.

“ Kami memiliki banyak destinasi wisata yng indah dan menarik untuk dinikmati keindahannya seperti obyek wisata Mulut Seribu, Laut Mati, Pantai Nemebrala, Titik Nol Selatan Indoensia, Batu Termanu dan lainnya. Bapa Ibu bisa meluangkan waktu untuk menikmati obyek wisata tersebut,” pinta Pj. Bupati Oder Maks Sombu.

Disela acara pembukaan, Pemkab Rote Ndao memberkan cinderamata berupa topi anyaman daun lontar dan selempang kepada Asisten Administrasi Umum Sekda Provinsi NTT Semuel Halundaka dan seluruh peserta. Secara bergantian pemakaian topi anyaman dan selempang dilakukan Pj. Bupati Oder Maks Sombu, Sekretaris Daerah Jonas M. Selly dan Forkompimda secara bergantian memberikan cinderamata dimaksud.*(Bidkom_DKISP Rote Ndao/Prokopim)

Rakor Keuangan Daerah

Buka Rakor Pengelolaan Keuangan Daerah Tahun 2024, Asisten III Provinsi NTT Sampaikan 5 Hal Strategis Yang Jadi Fokus

Pemerintah Provinsi NTT dan Pemkab Rote Ndao bersama menggelar Rapat Koordinasi Pengelolaan Keuangan Daerah Tingkat Provinsi NTT Tahun 2024. Kegiatan ini melibatkan 22 Kabupaten/Kota se-Provinsi NTT dan dijadwalkan berlangsung sampai tanggal 22 Mei 2024. Acara pembukaan di gelar di Kawasan Nemberala Kecamatan Rote Barat, senin (20/05/2024) malam.

Asisten Administrasi Umum Sekda Provinsi NTT Semuel Halundaka, S.IP,M.Si hadir dan membuka kegiatan Rakor tersebut. Hadir bersama, Penjabat Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, SH,MA,MH, Plt. Kepala Badan Keuangan Daerah Provinsi NTT Drs. Bernhard Menoh, MT, Forkompimda Kabupaten Rote Ndao, Sekretaris Daerah Kabupaten Rote Ndao Drs. Jonas M. Selly, MM dan Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Rote Ndao Daniel W. Nalle, S.Pt.

Kegiatan diikuti para Sekretaris Daerah dan Kepala BKAD Kabupaten/Kota se-NTT. Para peserta yang hadir dalam acara Welcome Dinner dan Pembukaan Rakor Pengelolaan Keuangan Daerah nampak menikmati jalannya kegiatan. Rakor ini diselenggarakan guna membahas hal-hal strategis terkait dengan pengelolaan keuangan daerah tahun 2024.

Foto bersama Asisten Administrasi Umum Sekda provinsi NTT Semuel Halundaka, S.IP,M.Si, Pj. Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, SH,MA,MH, Forkompimda Kabupaten Rote Ndao, Sekretaris Daerah Drs. Jonas M. Selly, MM dan Sekretaris Daerah Kabupaten/Kota pada acara pembukaan Rapat Koordinasi Pengelolaan Keuangan Daerah Tingkat provinsi NTT tahun 2024.
Foto bersama Asisten Administrasi Umum Sekda Provinsi NTT Semuel Halundaka, S.IP,M.Si, Pj. Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, SH,MA,MH, Forkompimda Kabupaten Rote Ndao, Sekretaris Daerah Drs. Jonas M. Selly, MM dan Sekretaris Daerah Kabupaten/Kota pada acara pembukaan Rapat Koordinasi Pengelolaan Keuangan Daerah Tingkat Provinsi NTT tahun 2024.

Disela acara pembukaan, Pemkab Rote Ndao memberkan cinderamata berupa topi anyaman daun lontar dan selempang kepada seluruh peserta. Satu per satu peserta dipakaian topi dan selempang Rote Ndao. Pj. Bupati Oder Maks Sombu, Sekretaris Daerah Jonas M. Selly dan Forkompimda secara bergantian memberikan cinderamata dimaksud.

Asisten Administrasi Umum Sekda provinsi NTT Semuel Halundaka mengatakan Rakor ini dapata dimanfaat untuk membicarakan sejumlah hal strtegis terkait pengelolaan keuanagn daerah. Pertama, optimalisasi peran SIPD dalam bidang penetausahaan. Melalui arahan dan bimbingan secara teknis oleh Kemendagri sekiranya dapat membantu Pemerintah Provinsi dan Kabupten/Kota untuk dapat mengoptimalisasi system ini,” ungkap Asisten Administrasi Umum Provinsi NTT Semuel Halundaka.

Kedua, katanya, terkait Tata Cara Penggunaan Kartu Kredit Pemerintah Daerah (KKPD). KKPD, jelasnya, merupakan salah satu bentuk reformasi birokrasi yang sedang digalakkan oleh pemerintah. KKPD juga Upaya dalam menciptakan tata Kelola keuangan yang baik dan transparan disektor pemerintahan.

Acara Welcome Dinner dan Pembukaan Rakor Pengelolaan Keuangan Daerah Tingkat Provinsi NTT Tahun 2024 di Kawasan Nemebral Kabupaten Rote Ndao.
Acara Welcome Dinner dan Pembukaan Rakor Pengelolaan Keuangan Daerah Tingkat Provinsi NTT Tahun 2024 di Kawasan Nemberala Kabupaten Rote Ndao.

Ketiga, upaya peningkatan pengelolaan keuangan daerah dari aspek penganggaran, pelaksanaan, penatausahaan dan pertanggungjawaban dalam rangka meningkatkan pengelolaan keuangan daerah maka dibutuhkan strategis fiskal. Ini didukung oleh beberapa komponen utama yakni perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan, pertanggungjawaban dan pengawasan.

Keempat, lanjut Asisten Administrasi Umum Provinsi NTT, sosialisasi dan evaluasi iruan wajib pegawai. Sosialisasi diberikan dengan tujuan agar sebagai pengelola keuangan dipandang perlu memahami akan pentingnya iursan wajib pegawai dan ASN untuk memberikan jaminan keuangan bagi ASN saat pension atau kepada ahli waris.

Dan kelima, sambungnya, peran dan manfaat BPJS Ketenagakerjaan dalam mendukung perencanan Pembangunan daerah yang memiliki perlindungan jaminan sosial tenaga kerja. Optimlisasi penerapan jaminan perlindungan ketenaga kerjaan diperlukan untuk sinergi dan kolaborasi antara Pemda dan BPJS Ketenagakerjaan.*(Bidkom_DKISP Rote Ndao/Prokopim)

Pers Cup

Turnamen Futsal Pers Cup III 2024 Digelar, Dibuka Pj. Bupati Rote Ndao

Dewan Pimpinan Daerah Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Kabupaten Rote Ndao kembali menyelenggarakan Turnamen Futsal yang ketiga kalinya. Kegiatan beratjuk Turnamen Futsal Pers Rote Ndao Cup III Tahun 2024 ini dilakukan dalam rangka memperingati HUT DPD SMSI Kabupaten Rote Ndao sekaligus memeriahkan hari Kebangkitan Nasional Tahun 2024.

Penjabat Bupati Oder Maks Sombu, SH,MA,MH hadir dan membuka secara resmi tuarnemn ini, senin (20/05/2024) di lapangan Syahbandar Ba’a. Hadir bersama, Forkompimda Kabupaten Rote Ndao dan Sekretaris Daerah Kabupaten Rote Ndao Drs. Jonas M. Selly, MM, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Armis Saek,ST, sejumlah pimpinan Perangkat Daerah Pemkab Rote Ndao serta jajaran pengurus DPD SMSI Kabupaten Rote Ndao.

Pj. Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, SH,MA,MH dan Forkompimda Kabupaten Rote Ndao serta Sekretaris Daerah Drs. Jonas M. Selly, MM foto bersama Tim Turnamen Futsal Pers Rote Ndao Cup III Tahun 2024.
Pj. Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, SH,MA,MH dan Forkompimda Kabupaten Rote Ndao serta Sekretaris Daerah Drs. Jonas M. Selly, MM foto bersama Tim Turnamen Futsal Pers Rote Ndao Cup III Tahun 2024.

Ceremonial pembukaan Turnamen Futsal Pers Rote Ndao Cup III Tahun 2024 diawali dengan pembacaan Laporan Panitia Penyelenggara. Selanjutnya dilakukan penyerahan Kembali piala bergilir kepada Panitia Penyelenggara untuk diperebutkan dalam dalam ajang kali ini.

Pj. Bupati Oder Maks Sombu mengapresiasi DPD SMSI Kabupaten Rote Ndao yang berinisiatif menyelenggarakan turnamen ini. Pemerintah Daerah, katanya, mendukung kegiatan keolahragaan yang berlangsung di daerah ini.

Ia mengatakan pembangunan bidang kepemudaan dan olahraga turut menjadi perhatian pemerintah daerah. Karena itu langkah DPD SMSI Kabupaten Rote Ndao sebagai bentuk keterlibatan berbagai stakeholder dalam mendukung peningkatan kualitas olahraga di daerah.

Ceremonial pembukan Turnamen Futsal Pers Rote Ndao Cup III Tahun 2024 di lapangan Syahbandar Ba’a.
Ceremonial pembukan Turnamen Futsal Pers Rote Ndao Cup III Tahun 2024 di lapangan Syahbandar Ba’a.

Selain itu, penyelenggaraan turnamen Futasal ini juga sebagai salah satu cara yang efektif untuk mempererat tali persaudaraan dan membangun semangat kebersamaan. Melalui turnamen futsal ini, diharapkan tidak hanya meningkatkan kesehatan dan keahlian, tetapi juga memperkuat ikatan sosial di antara kita semua

Pembukaan Turnamen Futsal Pers Rote Ndao Cup III Tahun 2024 ini ditandai dengan tendangan bola pertama oleh Pj. Bupati Odr Maks Sombu yang disaksikan Forkompimda dan peserta acara pembukaan yang dilanjutkam pertindingan perdana.*(Bidkom_DKISP Rote Ndao/Prokopim)

Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-116 Tahun 2024 Tingkat Kabupaten Rote Ndao di pimpin Sekretaris Daerah selaku Inspektur Upacara.

Harkitnas 2024, Momen Refleksi Embrio Bangsa dan Asa Menuju Indonesia Emas 2045

Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) diperingati yang ke-116 Tahun ini. Pemda Rote Ndao menggelar Upacara Peringatan Harkitnas Tingkat Kabupaten Rote Ndao bertempat di lapangan upacara Kantor Bupati Rote Ndao, senin (20/05/2024). Mengangkat tema ‘ Kebangkita Kedua Menuju Indonesia Maju ‘ dengan Sub Tema ‘ Dengan Semangat Harkitnas Kita Bangkit Bersama Membangun Rote Ndao’.

Upacara dipimpin Sekretaris Daerah Drs. Jonas M. Selly, MM selaku Inspektur Upacara dan bertindak selaku Komandan Upacara, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Pauwil J. J. Nggili, S.Sos,M.Si. Hadir dalam upacara, Forkompimda Kabupaten Rote Ndao, pimpinan Instansi Vertikal, pimpinan Organisasi Profesi, pimpinan BUMN/BUMD, Tokoh Masyarakat, perwakilan Sekolah dan ASN lingkup Pemkab Rote Ndao.

Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-116 Tahun 2024 Tingkat Kabupaten Rote Ndao di pimpin Sekretaris Daerah selaku Inspektur Upacara.

Sekda Jonas M. Selly menyampaikan sambutan Menteri Keomunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi, S.Sos,M.Si mengatakan, embrio Indonesia lahir dari kemajuan modern dan pencerahan, dari kaum muda berpendidikan yang tidak kehilangan identitas ke-Indonesiaannya. Embrio Indonesia lahir dari keragaman pikiran para “kaum muda” sebagai “embrio bangsa”. Di tangan kaum muda terdidik inilah cita-cita kemerdekaan dan kebebasan dirumuskan dan diperjuangkan.

Karena itu apa yang digagas Boedi Oetomo, Kartini dan para embrio bangsa kemudian dirumuskan Bung Karno sebagai “ Jembatan Emas”. Kemerdekaan dibayangkan oleh Bung Karno sebagai sebuah “ Jembatan Emas ” yang akan membawa bangsa Indonesia menikmati kehidupan sejahtera lahir dan batin di atas tanah sendiri.

Sejalan dengan Peringatan Harkitnas, menurut Menteri Arie Setiadi sebagaimana disampaikan Sekda Jonas M. Selly, saat ini pula kita berada pada fase kebangkitan kedua, melanjutkan semangat kebangkitan pertama yang telah dipancangkan para pendiri bangsa. Berbeda dengan perjuangan yang telah dirintis lebih dari seabad yang lalu, kini kita menghadapi beragam tantangan dan peluang baru. Kemajuan teknologi menjadi penanda zaman baru.

Peserta upacara Peringatan Harkitnas ke-116 Tingkat Kabupaten Rote Ndao di lapangan Kantor Bupati Rote Ndao.
Peserta upacara Peringatan Harkitnas ke-116 Tingkat Kabupaten Rote Ndao di lapangan Kantor Bupati Rote Ndao.

Selain itu, bonus demografi yang dimiliki Indonesia haruslah dikelola dengan kebijaksanaan. Salah satu yang berpeluang menjadi penopangnya adalah adopsi teknologi digital. Saat ini tingkat penetrasi internet di Indonesia telah mencapai 79.5% dari total populasi. Hal ini tentu Ini diperkuat dengan potensi ekonomi digital ASEAN yang diperkirakan meroket hingga 1 triliun USD pada Tahun 2030.

Kebangkitan kedua merupakan momen terpenting untuk menatap masa depan dengan penuh optimisme, kepercayaan diri, dan keyakinan. Kemajuan telah terpampang di depan mata. Momen ini mesti ditangkap agar kita langgeng menuju mimpi sebagai bangsa. Di titik inilah, seluruh potensi sumber daya alam, bonus demografi, potensi transformasi digital yang dimiliki bangsa ini, menjadi modal dasar menuju “Indonesia Emas 2045.*(Bidkom_DKISP Rote Ndao/Prokopim)

TMMD Desa Lentera

Pj. Bupati Rote Ndao Tinjau Lokasi TMMD dan Berikan PMT

Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-120 Tahun 2024 mulai digelar. Penjabat Bupati Oder Maks Sombu, SH,MA,MH, sabtu (18/05/2024) meninjau lokasi TMMD di Desa Lentera Kecamatan Rote Barat Daya pada ruas jalan Lidamanu-Lidor jenis Lapen  dengan volume pengerjaan mencapai 1 KM dan lebar 5 Meter.

Pj. Bupati Oder Maks Sombu saat melakukan peninjauan ke lokasi bersama Dandim 1627/Rote Ndao Letkol (Inf) Alber Inkiriwang, S.I.P dan didampingi Camat Rote Barat Daya Adrianus Bessie. Peninjauan ini bertujuan untuk memastikan progress dan kelancaran kegiatan yang menyerap anggaran Rp. 1,1 Milyar tersebut dalam mendukung pembangunan desa.

Pj. Bupati Rote Ndao Ode Maks Sombu, SH,MA,MH saat meninjau lokasi TMMD di Desa Lentera Kecamatan Rote Barat Daya bersama Dandim 1627/Rote Ndao Letkol (Inf) Alber Inkiriwang, S.I.P.
Pj. Bupati Rote Ndao Ode Maks Sombu, SH,MA,MH saat meninjau lokasi TMMD di Desa Lentera Kecamatan Rote Barat Daya bersama Dandim 1627/Rote Ndao Letkol (Inf) Alber Inkiriwang, S.I.P.

Pj. Bupati Oder Maks Sombu menyusuri ruas jalan Lidamanu-Lidor dan melihat dari dekat aktivitas Pembangunan yang berlangsung. Ia juga mengunjungi Posko TMMD sembari berdialog dengan petugas dan melihat desa kegiatan yang terpasang di Posko.

Pekerjaan Pembangunan ruas jalan ini dilakukan dengan durasi waktu pengerjaan 120 Hari Kalender sejak tanggal 19 April 2024 sampai 16 Agustus 2024. Lewat kunjungan ini, diharapkan program TMM Desa dapat terus berjalan dengan baik dan memberikan dampak yang positif bagi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat desa.

Sebelumnya dalam rangka persiapan pelaksanaan TMMD ke-120 Tahun 2024, telah digelar Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) pada selasa 30 April 2024 secara Virtual, yang juga diikuti Pj. Bupati Oder Maks Sombu.

Kunjungi dan Beri PMT untuk Anak Stunting

Pj. Bupati Oder Maks Sombu juga memanfaatkan waktu dengan mengunjungi 33 Anak Stunting di desa tersebut. Kunjungan ini sebagai bagian dari upaya pemerintah daerah untuk memberikan dukungan dan perhatian kepada keluarga yang memiliki anak beresiko stunting.

Moment ini juga Pj. Bupati Oder Maks Sombu bertatap muka dengan para orang tua yang difasilitasi pemerintah desa.  Dalam tatap muka tersebut juga dilakukan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) kepada 33 anak stunting.

Pj. Bupati Rote Ndao Ode Maks Sombu memberikan PMT kepada kepada salah satu anak.
Pj. Bupati Rote Ndao Ode Maks Sombu memberikan PMT kepada kepada salah satu anak.

Pj. Bupati Oder Maks Sombu menyampaikan pesan penting tentang pentingnya perhatian khusus terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak-anak, terutama bagi mereka yang menghadapi tantangan kesehatan seperti stunting.

Ia memberikan motivasi dan dukungan kepada orang tua, keluarga dan pemerintah desa untuk terus memberikan perhatian, menjaga kesehatan dan memberikan perawatan yang terbaik bagi anak-anak tersebut.

Pj. Bupati Oder Maks Sombu juga memastikan bahwa program-program kesehatan yang berkaitan dengan pemenuhan nutrisi anak yang dilakukan pemerintah daerah akan terus diperkuat untuk menangani masalah stunting ini secara holistik.*(Bidkom_DKISP Rote Ndao/Prokopim)

Rapat Asistensi Evkin

Pj. Bupati Rote Ndao Ikuti Asistensi Evkin Triwulan I 2024 oleh Itjen Kemendagri

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Inspektorat Jenderalnya menggelar Asistensi Evaluasi Kinerja (Evkin) Pelaksanaan Tugas Penjabat Bupati Rote Ndao Triwulan I Tahun 2024, jumat (17/05/2024) petang. Kegiatan ini dilaksanakn bertujuan untuk memastikan pelaksanaan tugas oleh Pj. Bupati di daerah dapat terlaksana dengan baik serta selaras dengan kebijakan nasional.

Dalam acara yang berlangsung secara Virtual melalui Zoom Meeting tersebut, pihak Itjen Kemendagri mereview pelaksanaan tugas Pj. Bupati Rote Ndao bersama jajaran Pemkab Rote Ndao di Triwulan I Tahun 2024.

Pj. Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, SH,MA,MH mengikuti Asisten Evaluasi Kinerja (Evkin) Pelaksanaan Tugas Penjabat Bupati Rote Ndao Triwulan I Tahun 2024. Ia didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Rote Ndao Drs. Jonas M. Selly, MM, para sisten Sekda dan pimpinan Perangkat Daerah Pemkab Rote Ndao.
Pj. Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, SH,MA,MH mengikuti Asisten Evaluasi Kinerja Pelaksanaan Tugas Penjabat Bupati Rote Ndao Triwulan I Tahun 2024 secara Virtual. Ia didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Rote Ndao Drs. Jonas M. Selly, MM, para sisten Sekda dan pimpinan Perangkat Daerah Pemkab Rote Ndao.

Pj. Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, SH,MA,MH mengikuti kegiatan asistensi evalusasi secara Virtual ini dari ruang TBUPP Kantor Bupati Rote Ndao. Ia didampingi, Sekretaris Daerah Kabupaten Rote Ndao Drs. Jonas M. Selly, MM, Asisten Pemerintahan dan Kesra Ir. Untung Harjito, Asisten Administrasi Umum Jermi Haning, Ph.D bersama pimpinan Perangkat Daerah Pemkab Rote Ndao.

Dalam kegiatan ini Pj. Bupati Oder Maks Sombu menyampaikan keseluruhan capaian kinerja pada Triwulan Pertama menjlankan tugas sebagai Penjabat Bupati Rote Ndao kepada Tim Evaluasi dari Itjen Kemendagri. Penyampaian laporan Capaian Kinerja tersebut keudian mendapat respon apresiasi, masukan dan koreksi Tim Asistensi Evaluasi Itjen Kemendagri.

Asisten Evaluasi Kinerja Pelaksanaan Tugas Penjabat Bupati Rote Ndao Triwulan I Tahun 2024 dilakukan oleh Inspektorat Jendral Kementerian Dalam Negeri.
Asisten Evaluasi Kinerja Pelaksanaan Tugas Penjabat Bupati Rote Ndao Triwulan I Tahun 2024 dilakukan oleh Inspektorat Jendral Kementerian Dalam Negeri.

Kegiatan asistensi dan evaluasi ini diharapkan dapat menjadi momentum bagi para PJ. Bupati untuk terus meningkatkan kinerja dan pelayanan kepada masyarakat. Pasca asistensi, Pj. Bupati Oder Maks Sombu dijadwalkan akan menyampaikan Laporan Capaian Kinerja Triwulan I di Kantor Kemendagri di Jakarta.

Rakor Netralitas ASN dalam Pemilukada 2024

Pj. Bupati Oder Maks Sombu dihari yang sama juga mengikuti Rapat Koordinasi terkait Netralitas ASN dalam Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2024. Rakor bersama Kementerian terkait ini juga digelar secara Virtual. Pj. Bupati Oder Maks sombu mengikuti dari ruang TBUPP Kantor Bupati Rote Ndao.

Dihari yang sama, Pj. Bupati Oder Maks Sombu Sekda Jonas M. Selly mengikuti Rakor terkait Netralitas ASN dalam Pemilukada Tahun 2024.
Dihari yang sama, Pj. Bupati Oder Maks Sombu Sekda Jonas M. Selly mengikuti Rakor terkait Netralitas ASN dalam Pemilukada Tahun 2024.

Rakor antara lain membahas terkait isu-isu strategis netralitas ASN dalam pelaksanaan Pemilukada Tahun 2024. Dalam rapat tersebut, ditekankan terkait komitmen bersama untuk memastikan bahwa ASN tetap menjaga netralitas selama masa Pemilukada. Selain itu, dalam rapat tersebut juga dibahas langkah-langkah konkret yang ditempuh dalam mengawasi dan memastikan ASN tidak melanggar aturan netralitas.

Bersama Pj. Bupati Oder Maks Sombu dalam Rakor, Sekretaris Daerah Jonas M. Selly, Kepala BKPSDMD Meilon B. Sulla dan sejumlah pimpinan Perangkat Daerah Pemkab Rote Ndao.*(Bidkom_DKISP Rote Ndao/Prokopim)

Kunker Danlantamal

Lawatan Kunker, Danlantamal VII Kupang Disambut Pj. Bupati Rote Ndao

Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) VII Kupang Laksma TNI I Putu Darjatna M.Tr.Opsla melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) di Kabupten Rote Ndao, jumat (17/05/2024). Ia disambut Penjabat Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, SH,MA,MH bersama Sekretaris Daerah Drs. Jonas M. Selly, MM.

Dandim 1627/Rote Ndao Letkol (Inf) Alber Inkiriwang, S.I.P dan Danlanal Pulau Rote Letkol Laut (P) Andrik Irwanto turut menyambut Danlantamal VII Kupang Laksma TNI I Putu Darjatna. Kedatangan Laksma TNI I Putu Darjatna ke Kabupaten Rote Ndao dalam rangka agenda kerja Komandan Lantamal VII sekaligus untuk memperkuat sinergi dengan pemerintah daerah dalam upaya menjaga keamanan wilayah laut dan mendukung pembangunan daerah.

Pj. Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu memakaikan Topi Ti’i Langga kepada Danlantamal VII Kupang Laksma TNI I Putu Darjatna M.Tr.Opsla.
Pj. Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu memakaikan Topi Ti’i Langga kepada Danlantamal VII Kupang Laksma TNI I Putu Darjatna M.Tr.Opsla.

Saat tiba di Pelabuhan Pantai Baru menggunakan Kapal Bahari Express, Laksma TNI I Putu Darjatna disambut dengan pengalungan kain adat rote dan pemakaian Topi Ti’ilangga yang dilakukan oleh Pj. Bupati Rote Ndao.  Nampak pimpinan perangkat daerah lingkup Pemkab Rote Ndao turut dalam ceremonial penjemputan.

Pj. Bupati Oder Maks Sombu menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas kunjungan Komandan Lantamal VII di Kabupaten Rote Ndao. IA berharap kerjasama yang bersama pemerintah daerah semakin kuat, terutama dalam menjaga keamanan wilayah perairan serta mendukung program-program pembangunan daerah.

Sementara Laksma TNI I Putu Darjatna terlihat antusias atas sambutan hangat dari Pemerintah Daerah. Ia terlihat bersemangat saat menginjakan kaki dan diterima secara nuansa local Rote Ndao oleh Pj. Bupati Oder Maks Sombu, Sekretaris Daerah Jonas M. Selly dan pimpinan Perangkat Daerah Pemkab Rote Ndao.

Danlantamal VII Kupang Laksma TNI I Putu Darjatna M.Tr.Opsla saat dikalungkan Selimut Rote Pj. Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu.
Danlantamal VII Kupang Laksma TNI I Putu Darjatna M.Tr.Opsla saat dikalungkan Selimut Rote Pj. Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu.

Usai penyambutan oleh Pemda Rote Ndao, rombongan Laksma TNI I Putu Darjatna dan Pj. Bupati Oder Maks Sombu bertolak menuju Pos Angkatan Laut (Posal) di Desa Papela, Kecamatan Rote Timur. Selanjutnya Laksma TNI I Putu Darjatna memulai rangkaian kegiatannya di Kabupaten Rote Ndao.*(Bidkom_DKISP Rote Ndao/Prokopim).